• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Ketahui 10 Faktor Penyebab Asma, Tangani Secara Tepat!

Share

Ketahui 10 Faktor Penyebab Asma, Tangani Secara Tepat!

Kombinasi genetika dan terpapar faktor penyebab bisa membuat asma kambuh. Ketahui penyebab asma pada setiap penderita dan tangani secara tepat!


Asma menyebabkan penderitanya sulit bernapas saat sedang kambuh. Penyakit yang satu ini belum diketahui apa penyebabnya secara pasti. Tapi banyak faktor yang bisa memicu munculnya gejala penyakit asma.

Seseorang yang menderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif dan mudah mengalami inflamasi ketika teriritasi oleh beberapa pemicu asma.

Saluran pernapasan yang menyempit dan otot-otot di sekitar saluran yang mengencang yang menyebabkan udara lebih sulit mengalir, sehingga penderita menjadi sulit bernapas.

Selain itu, saat gejala asma muncul, peradangan pada lapisan saluran pernapasan meningkat, serta produksi dahak meningkat dan menambah penyempitan saluran pernapasan.

Produk Kesehatan / GoApotik
Temukan segala kebutuhan produk kesehatan secara cepat dan praktis di sini!

Oleh sebab itu, penderita asma akan selalu membawa inhaler untuk pertolongan pertama jika sewaktu-waktu kambuh.

Pemicu asma ada di mana-mana, bagi penderita asma, ada baiknya mengetahui penyebab munculnya asma pada dirinya sendiri. Setelah itu sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut demi mencegah terjadinya serangan asma.

Berikut faktor penyebab penyakit asma yang bisa bantu kamu mendiagnosa pemicu asma kamu kambuh!

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Asma yang Ternyata Berbeda-beda Pemicunya

Penyebab Penyakit Asma

1. Alergi

penyebab asma
Sumber Gambar: The Independent

Alergi merupakan faktor pemicu asma yang paling umum. Saat reaksi alergi terjadi, sistem imun akan melepaskan antibodi bernama antihistamin yang beredar ke seluruh organ tubuh lewat siklus aliran darah.

Lalu muncullah beragam gejala alergi yang salah satunya adalah sesak napas. Ada dua jenis alergi yang dapat menyebabkan reaksi asma, alergi terhirup dan alergi makanan.

Sekira 80 persen penderita asma punya alergi terhadap benda-benda di udara seperti serbuk sari dari pohon, rumput, dan bunga, tungau debu dan kotoran kecoa.

Sementara itu, alergi makanan juga dapat menimbulkan reaksi asma walaupun relatif jarang terjadi. Alergi makanan yang mempengaruhi pernapasan bisa menyebabkan reaksi alergi yang membahayakan.

Contoh makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi antara lain susu sapi, telur, kacang-kacangan, makanan laut, gandum, kedelai dan buah tertentu.

2. Olahraga

penyebab asma
Sumber Gambar: Bridging the Gap

Saluran udara dari 80 persen penderita asma akan otomatis menyempit saat melakukan olahraga yang relatif berat. Olahraga juga merupakan pemicu munculnya gejala asma yang paling umum.

Orang yang akan terserang gejala asma karena dipicu olahraga akan merasa sesak pada dada, batuk-batuk, sesak napas pada 5 sampai 15 menit pertama melakukan olahraga aerobik.

Kebanyakan orang gejala ini akan hilang dengan sendirinya sekitar setengah sampai satu jam setelahnya. Tapi 50 persen dari penderita asma yang dipicu olahraga akan mengalami serangan asma kedua dalam kurun waktu 6 sampai 10 jam kemudian.

Munculnya gejala asma ini dapat dihindari dengan melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum olahraga. 

3. Asam Lambung Tinggi

penyebab asma
Sumber Gambar: Healthline

Orang dengan penyakit asma ternyata sangat rentan terkena gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD adalah penyakit asam lambung yang sudah parah sampai-sampai penderitanya dalam seminggu bisa mengalami kenaikan asam lambung 2 sampai 3 kali.

Refluks asam lambung biasanya terjadi saat malam hari ketika berbaring. Seharusnya ada katup yang berfungsi mencegah asam lambung naik ke esofagus. Tapi untuk penderita GERD, katup ini tidak berfungsi dengan baik sehingga asam lambung bisa naik sampai esofagus.

Jika asam lambung tersebut sampai ke tenggorokan atau saluran pernapasan, iritasi dan peradangan yang disebabkan bisa memicu serangan asma. 

4. Merokok

penyebab asma
Sumber Gambar: Unsplash

Orang yang merokok lebih cenderung terkena asma daripada yang bukan perokok. Pria yang merokok dan mengidap asma hanya akan mempengaruhi paru-parunya sendiri. Sedangkan wanita mengandung yang merokok bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru bayi dalam kandungannya.

Ibu hamil yang merokok dapat menyebabkan penurunan fungsi paru-paru pada bayinya, sehingga fungsi paru-paru bayi nya tidak sebagus bayi yang ibunya tidak merokok saat hamil. Jika kamu penderita asma dan perokok, itu akan menimbulkan gejala batuk-batuk dan bersuara saat bernapas.

Apabila kamu perokok yang menderita asma, sebaiknya tinggalkan rokok demi menjaga kondisi paru-paru.

5. Sinusitis

penyebab asma
Sumber Gambar: Medical News Today

Seperti asma yang menyebabkan inflamasi pada saluran pernapasan, sinusitis menyebabkan inflamasi pada selaput lendir yang melapisi sinus. Inflamasi ini kemudian selaput memproduksi lebih banyak lendir.

Saat sinus kamu mengalami inflasi dan kamu mengidap asma, kemungkinan besar saluran pernapasan juga akan mengalami inflamasi. Saat saluran pernapasan mengalami inflamasi, saat itu jugalah gejala asma dirasakan penderitanya.

Sebaiknya, segera tangani infeksi sinus mu meredakan gejala asma.

madu murni
Jaga kesehatan setiap hari dengan madu murni terbaik di sini!

Baca Juga: 12 Jenis Madu Asli Indonesia serta Khasiatnya untuk Kesehatan dan Kecantikan

6. Infeksi

faktor penyebab asma
Sumber Gambar: Everyday Health

Pilek, flu, bronkitis dan sinus bisa menyebabkan kambuhnya gejala asma. Jika ditelaah lebih lanjut, semua penyakit ini berhubungan dengan infeksi pernapasan yang dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri.

Pada umumnya, anak di bawah 10 tahun rentan terkena asma saat tubuh sedang terinfeksi virus dan bakteri.

7. Obat-obatan

faktor penyebab asma
Sumber Gambar: Newshub

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa memperburuk gejala asma. Jika kamu termasuk dari beberapa pengidap asma yang sensitif terhadap aspirin, kamu juga harus berhati-hati dengan obat-obatan anti inflamasi dan beta blocker.

Obat anti inflamasi yang sering berada di pasaran antara lain ibuprofen dan naproxen. Sedangkan obat beta blocker biasanya untuk mengobati penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan glaukoma.

Jika kamu sensitif terhadap obat-obatan tersebut, pastikan apoteker atau dokter yang kamu kunjungi tahu akan hal itu. Sebab kalau sampai mengonsumsi obat-obat yang kamu sensitif terhadapnya, bisa berakibat fatal.

8. Faktor Cuaca

faktor penyebab asma
Sumber Gambar: Campus France

Cuaca dingin, perubahan suhu udara dan kelembaban udara dapat mengakibatkan gejala asma kambuh. Ada 3 faktor mengapa udara dingin bisa menyebabkan asma kambuh.

Pertama, udara dingin terasa kering. Saat kita menghirup udara kering ini, saluran udara kita pun juga ikut kering. Ini menyebabkan menyebabkan iritasi dan bengkak sehingga memperburuk gejala asma.

Kedua, udara dingin menyebabkan produksi lendir meningkat. Lendir yang diproduksi lebih kental dan lengket dan memudahkan kita terinfeksi berbagai penyakit.

Ketiga, penyakit yang berhubungan dengan infeksi pernapasan lebih mudah tersebar saat udara dingin.

9. Emosi yang Kuat

faktor penyebab asma
Sumber Gambar: Euro Immun Blog

Bayangkan ketika kamu sedang menangis, orang dengan pernapasan normal pun kadang kesulitan bernapas. Kondisi penderita asma bisa lebih parah dari yang biasa orang normal rasakan.

Stres, kecemasan, menangis, berteriak, kemarahan atau bahkan tertawa terbahak-bahak bisa memicu munculnya gejala asma.

Ketika sedang stres, tubuh merespon dengan melepaskan hormon tertentu yang pada akhirnya menyebabkan peradangan di saluran pernapasan dan memicu serangan asma.

Kasus ini dapat ditangani dengan latihan meditasi, terapi dengan psikolog atau obat yang dapat menangani masalah psikologis yang dialami.

10. Senyawa Sulfit

faktor penyebab asma
Sumber Gambar: Unlock Food

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung senyawa sulfit juga bisa menjadi penyebab penyakit asma. Umumnya sulfit terdapat pada beberapa produk makanan olahan dan siap saji, minuman kemasan, serta minuman beralkohol.

Baca Juga: Batuk Berdahak dan Kering Tuntas dengan 10 Obat Batuk Paling Ampuh!

Setelah mengetahui betapa banyaknya pemicu serangan asma, sebaiknya bagi kamu yang belum tahu pemicu yang membuatmu menderita asma, segera cari tahu. Kamu bisa mulai dengan perhatikan apa yang terjadi di sekitar saat serangan asma itu kambuh.

Pun kalau kamu punya orang terdekat dengan penyakit asma. Dengan mengetahui sumber pemicunya, kamu jadi bisa menghindari resiko terkena serangan asma. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan, Toppers?

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Nathania Griselda

© 2009-2024, PT Tokopedia