• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tips Mendapatkan Pinjaman Online yang Aman

Share

Tips Mendapatkan Pinjaman Online yang Aman

Meminjam uang bukan keputusan finansial yang keliru. Asal digunakan untuk keperluan mendesak atau tujuan produktif, meminjam uang justru menjadi keputusan finansial yang tepat.

Bicara soal pinjam-meminjam uang, di era digital sekarang ini, penyedia pinjaman uang tidak lagi dimonopoli bank.

Sebab, kini penyedia pinjaman online berbasis aplikasi handphone sedang sangat marak. Namun, kamu perlu waspada karena tidak semua aplikasi pinjaman online aman.

Ternyata, banyak juga, lho, lintah darat bermodus aplikasi pinjaman online yang mencoba mengambil banyak keuntungan dari kesempatan yang ada.

Biasanya, aplikasi pinjaman online abal-abal ini tidak beroperasi menggunakan sistem dan prosedur yang benar, begitu juga dengan bunga dan biaya yang dipatok setinggi mungkin.

Nah, untuk membantu kamu yang sedang mencari aplikasi pinjaman online yang aman, berikut ini tips yang sebaiknya kamu pelajari.

1. Jangan Pinjam Jika Biaya dan Bunga Tidak Transparan

Kalau kamu meminjam dana dari aplikasi pinjaman online, kamu harus tahu kalau tidak akan ada proses tatap muka untuk membahas peminjaman.

Untuk itu, sebelum kamu memutuskan untuk meminjam dana, maka ada baiknya untuk mencari infomasi sebanyak-banyaknya mengenai biaya, bunga serta ketentuan-ketentuan penting lainnya. 

Jangan sampai kamu terjebak dan terlilit utang berbunga tinggi karena tidak punya cukup informasi saat memutuskan untuk mengajukan pinjaman. 


Baca Juga: Sering Disebut “Pinjaman Rentenir”, Ini 5 Alasan Tingginya Bunga Pinjaman Online


2. Identitas Perusahaan Jelas

Ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar identitas perusahaan. Dari hal yang paling sederhana, seperti alamat kantor, jam operasional, atau jajaran manajemen perusahaan.

Bila hal tersebut sulit diperoleh, kamu wajib waspada, Toppers. Selain itu, perhatikan juga layanan pelanggan, termasuk sosial media atau nomor telepon kantor.

Pinjaman online menjadi tidak aman bahkan bisa dicurigai ilegal bila tak memiliki sejumlah layanan sederhana seperti itu. 

Kamu pasti nggak mau kan, kalau pinjaman online malah berakhir menyulitkan? Agar tak terjebak dengan para pemeras bermodus aplikasi pinjaman online, kamu harus pastikan aplikasi yang akan kamu gunakan jelas keberadaannya.

Cara memastikannya mudah. Periksa saja apakah aplikasi tersebut memiliki kantor fisik atau punya sistem contact center yang jelas. Sebab, biasanya pinjaman online yang tidak aman hanya bergerak secara online, bahkan operasinya dilakukan di luar negeri.

3. Bandingkan Bunga Pinjaman dengan Bunga Bank

Pinjaman online biasanya memang punya suku bunga lebih tinggi dibandingkan rata-rata suku bunga bank. Namun, kalau perbandingannya terlampau jauh, sebaiknya urungkan niatmu, Toppers.

Sekadar informasi saja, rata-rata bunga pinjaman di bank untuk ritel adalah 10%. Jika bunga pinjaman online yang ditawarkan mencapai 15% atau 20%, maka sebaiknya kamu urungkan niat meminjam dana.

Ingat, jangan langsung tergiur dengan kemudahan syarat dan pencairan dana yang cepat karena bisa saja pinjamanmu berakhir menyulitkan. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Jaminan Kredit untuk Pinjaman Besar dan Kecil

4. Cek Review

Hal penting lainnya yang bisa dijadikan acuan apakah aplikasi pinjaman online aman atau tidak adalah review dari pengguna.

Kalau aplikasi tersebut memiliki banyak citra negatif atau mendapatkan review kurang baik, batalkan saja niatmu, Toppers.

Atau, lebih parah lagi karena aplikasi tersebut tidak pernah direview karena tidak dikenal secara luas. Aplikasi pinjaman online seperti ini yang patut dihindari.

5. Periksa Legalitasnya di OJK

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa legalitas status usahanya. Sebab, aplikasi pinjaman online aman wajib mengantongi izin usaha dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Itu dia, Toppers 5 tips mudah yang bisa kamu terapkan sebelum memilih aplikasi pinjaman online. Jangan lupa, Tokopedia bekerjasama dengan sejumlah aplikasi pinjaman uang juga menyediakan pinjaman online bagi pengguna Tokopedia.

Buat kamu yang butuh pinjaman uang cepat, kamu bisa mengajukannya secara langsung di Tokopedia. Ayo, buruan! Sebab, bulan ini terdapat enawaran menarik yang bisa menguntungkan.

tokopedia reksa dana
Investasi mudah dan menguntungkan, mulai dari Rp 10 ribu! Tunggu apa lagi?

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia