12 Fungsi Hati Lengkap Beserta Penjelasan dan Gambarnya

0
551
fungsi hati
Sumber gambar: Harvard Health

Hati merupakan organ terbesar dan memiliki banyak fungsi penting. Yuk ketahui lebih lengkap tentang fungsi organ hati di sini!


Hati merupakan salah satu organ yang mempunyai peran penting dalam tubuh manusia. Organ ini merupakan organ terbesar di dalam tubuh.

Hati terletak di bagian kanan atas rongga perut, di bawah diafragma, dan di atas perut, ginjal kanan, dan usus.

Berbentuk seperti kerucut, hati merupakan organ berwarna coklat kemerahan gelap yang beratnya sekitar 3 kilogram.

Hati menampung sekitar satu liter (13%) suplai darah tubuh pada saat tertentu. Hati terdiri dari 2 lobus utama, keduanya terdiri dari 8 segmen yang terdiri dari 1.000 lobulus (lobus kecil).

Lobulus ini terhubung ke saluran kecil yang terhubung dengan saluran yang lebih besar untuk membentuk saluran hati umum.

Saluran hati umum mengangkut empedu yang dibuat oleh sel-sel hati ke kantong empedu dan duodenum (bagian pertama dari usus kecil) melalui saluran empedu umum.

promo voucher game
Beli voucher game permainan favoritmu dan naikkan levelmu ke tingkat yang lebih tinggi.

Fungsi Hati Manusia

fungsi hati
Sumber gambar: Nafiun

Hati digolongkan sebagai kelenjar dengan banyak fungsi. Sulit untuk memberikan angka yang tepat, karena organ ini masih dieksplorasi, tetapi diperkirakan bahwa hati menjalankan 500 peran berbeda. Berikut ini beberapa fungsi utama organ hati:

1. Memproduksi Empedu

Empedu membantu usus kecil memecah dan menyerap lemak, kolesterol, dan beberapa vitamin. Empedu terdiri dari garam empedu, kolesterol, bilirubin, elektrolit, dan air.

BACA JUGA: Siklus Hidup Capung Lengkap Beserta Gambar dan Penjelasan

2. Menyerap dan Memetabolisme Bilirubin

Bilirubin dibentuk oleh pemecahan hemoglobin. Zat besi yang dilepaskan dari hemoglobin disimpan di hati atau sumsum tulang dan digunakan untuk membuat sel darah generasi berikutnya.

3. Mendukung Pembekuan Darah

Vitamin K diperlukan untuk pembuatan koagulan tertentu yang membantu pembekuan darah. Empedu sangat penting untuk penyerapan vitamin K dan dibuat di hati. Jika hati tidak menghasilkan cukup empedu, faktor pembekuan tidak dapat diproduksi.

4. Metabolisme Karbohidrat 

Karbohidrat disimpan di hati, di mana mereka dipecah menjadi glukosa dan disedot ke aliran darah untuk menjaga kadar glukosa normal. 

Karbohidrat disimpan sebagai glikogen dan dilepaskan setiap kali diperlukan ledakan energi yang cepat.

BACA JUGA: Daur Hidup Katak dan Penjelasannya

5. Tempat Penyimpanan Vitamin dan Mineral

Hati menyimpan vitamin A, D, E, K, dan B12. Dalam beberapa kasus, vitamin selama beberapa tahun disimpan dalam hati sebagai cadangan. 

Hati juga menyimpan zat besi dari hemoglobin dalam bentuk ferritin yang siap membuat sel darah merah baru. 

Selain untuk menyimpan vitamin dan zat besi, hati juga berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melepaskan tembaga.

jual perlengkapan gaming
Temukan berbagai perlengkapan gaming terbaikmu dengan harga terbaik di sini!

6. Memproduksi Protein

Organ yang satu ini bertanggung jawab untuk memproduksi protein, seperti albumin yang berfungsi menjaga cairan dalam sistem sirkulasi tubuh.

Protein yang berperan sebagai faktor pembekuan darah dan sistem kekebalan tubuh juga dihasilkan oleh hati.

7. Membantu Memetabolisme Protein

Hati berperan dalam membantu metabolisme protein dengan mengubah amonia menjadi urea yang dikeluarkan bersama urine oleh ginjal.

8. Menyaring Darah

Hati menyaring dan menghilangkan senyawa dari tubuh, termasuk hormon, seperti estrogen dan aldosteron, dan senyawa dari luar tubuh, termasuk alkohol dan obat lain.

9. Fungsi Imunologi 

Hati adalah bagian dari sistem fagosit mononuklear. Ini mengandung sel Kupffer dalam jumlah tinggi yang terlibat dalam menjaga kekebalan tubuh.

Sel-sel ini akan menghancurkan agen penyebab penyakit yang mungkin masuk ke hati melalui usus.

10. Trigliserida dan Hormon

Organ hati bertanggung jawab atas produksi kolesterol dan trigliserida, serta protein pembawanya agar dapat dialirkan dalam darah. Tak hanya itu, hati juga berfungsi untuk memproduksi hormon pertumbuhan anak-anak.

11. Memproduksi Albumin

Albumin adalah protein paling umum dalam serum darah. Ini mengangkut asam lemak dan hormon steroid untuk membantu menjaga tekanan yang baik dan mencegah kebocoran pembuluh darah.

12. Sintesis Angiotensinogen

Hormon ini meningkatkan tekanan darah dengan mempersempit pembuluh darah ketika disiagakan oleh produksi enzim yang disebut renin di ginjal.

BACA JUGA: Mengenal Sistem Pernapasan pada Hewan Darat, Air dan Udara

Itu dia Toppers, 12 fungsi utama pada hati beserta penjelasannya. Jika kamu ingin mendapatkan ilmu pengetahuan tambahan, kamu bisa askes portal eLearning maupun lembaga kursus di Tokopedia.

Bagi kamu yang membutuhkan pelajaran tambahan, kamu bisa menambah ilmu di bidang apapun dengan harga yang terjangkau. Agar semakin hemat, jangan lupa cek voucher belajar eLearning/kursus nya, ya!

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Naura Az-Zahra