5 Cara dan Langkah Mudah Menggunakan Headset Bluetooth di Smartphone

698
Cara Menggunakan Headset Bluetooth

Cara Menggunakan Headset Bluetooth – Halo, Toppers! Apakah kamu punya hobi mendengarkan musik melalui handphone-mu? Musik memang paling cocok dijadikan teman kegiatan kita sehari-hari atau sekadar jadi pelarian ketika sedang suntuk. Nah, tentu rasanya tidak lengkap apabila mendengarkan musik sambil beraktivitas tanpa menggunakan headset.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang ada banyak jenis headset Bluetooth yang dapat digunakan tanpa kabel. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu dalam beraktivitas, karena kamu tidak perlu khawatir akan kabel headset yang kusut atau putus. Jangkauan konektivitasnya pun tidak perlu diragukan lagi, karena headset bluetooth dapat disambungkan dengan gadget sejauh 10 meter.

Kali ini, Tokopedia akan berbagi cara dan langkah mudah menggunakan headset bluetooth di smartphone kamu. Kalau kamu penasaran, ikuti terus artikel ini, ya!

Baca Juga: Olahraga Seru dengan 6 Earphone Sporty Terbaik

Cara Menggunakan Headset Bluetooth untuk Mendengarkan Musik

1. Aktifkan Headset Bluetooth

cara menggunakan headset bluetooth
Sumber Gambar: MakeUseOf

Sebelum mulai menggunakan headset Bluetooth di smartphone, langkah paling awal yang harus kamu lakukan adalah menyalakan earphone wireless milikmu. Kamu dapat mengaktifkannya dengan menekan tombol “On” atau “Power”. Apabila ada lampu LED berkedip di headset Bluetooth kamu, itu artinya headset sudah aktif.

2. Atur Headset Bluetooth dalam Mode Pairing

cara menggunakan headset bluetooth
Sumber Gambar: PhoneBuff

Untuk mengaktifkan mode pairing di headset Bluetooth, tekan tombol “On” atau “Power” selama beberapa detik hingga lampu LED headset menampilkan warna biru berkedip. Pada beberapa jenis headset bluetooth, biasanya warna yang muncul dari lampu LED saat mode pairing adalah merah atau merah-biru, tergantung dari merk headset Bluetooth yang kamu gunakan.

3. Aktifkan Bluetooth pada Smartphone

cara menggunakan headset bluetooth
Sumber Gambar: Android Authority

Setelah mode pairing pada headset Bluetooth kamu telah diaktifkan, sekarang saatnya menyalakan bluetooth pada smartphone milikmu. Kamu dapat mengaktifkannya melalui menu “Setting” yang terdapat di ponsel pintar kamu.

4. Pindai Perangkat Bluetooth

cara menggunakan headset bluetooth untuk mendengarkan musik
Sumber Gambar: Android Authority

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan setelah mengaktifkan bluetooth di smartphone-mu adalah memindai perangkat bluetooth yang ada di sekitar smartphone. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi headset bluetooth yang telah diaktifkan dan menyambungkannya dengan smartphone kamu. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa detik.

5. Koneksikan Headset dengan Smartphone

cara menggunakan headset bluetooth untuk mendengarkan musik
Sumber Gambar: Android Central

Setelah smartphone berhasil mendeteksi headset bluetooth, segera koneksikan kedua perangkat tersebut dengan mengklik “Connect”. Apabila ditanya mengenai PIN, isilah dengan 0000. Kini, headset Bluetooth siap digunakan untuk mendengarkan musik melalui smartphone kamu!

Baca Juga: 7 Merk Earphone Favorit Kualitas Terbaik

Nah, caranya cukup mudah, kan? Apabila di lain waktu kamu ingin menggunakan lagi headset Bluetooth di smartphone yang sama, kamu tidak perlu lagi mengikuti langkah-langkah di atas. Cukup aktifkan Bluetooth di headset dan di smartphone, kemudian kedua perangkat tersebut akan melakukan mode pairing secara otomatis. Praktis, kan?

Apabila belum punya headset wireless, tidak perlu bersedih. Sekarang, kamu dapat menemukan headset Bluetooth berkualitas dari berbagai macam merk dengan harga yang super terjangkau, lho. Yuk, langsung aja cek dan beli di Tokopedia!

Olahraga makin asyik sambil mendengarkan musik dengan Bluetooth Sport Earphone terbaik di Tokopedia!

Bagikan Artikel