• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Langkah dan Cara Mudah Menggunakan Microwave

Share

10 Langkah dan Cara Mudah Menggunakan Microwave

Ingin membeli atau baru memiliki microwave di rumah tapi bingung cara pakainya? Jangan khawatir, yuk simak cara menggunakan microwave berikut ini!


Cara Menggunakan Microwave – Sekarang ini siapa yang tidak ingin mengerjakan sesuatu dengan praktis dan mudah? Salah satu alat yang akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih mudah adalah kehadiran microwave.

Salah satu perangkat elektronik canggih masa kini ini hadir untuk memanjakanmu saat memasak. Microwave merupakan alat yang sekiranya wajib kamu miliki saat ini. Selain mudah, waktu memasak akan lebih singkat, karena makanan akan lebih cepat matang.

Sebelum kamu akan membeli atau menggunakan microwave, sebaiknya kamu membekali dirimu dengan pengetahuan mengenai langkah beserta cara menggunakan alat ini.

Berikut adalah 10 langkah dan cara mudah dalam menggunakan microwave!

Baca Juga: Baru Punya Mesin Cuci? Pelajari Cara Menggunakan Mesin Cuci Berdasarkan Jenisnya

1. Baca Instruksi Peringatan Keselamatan

cara menggunakan microwave
Sumber Gambar: TripAdvisor

Sebelum kamu merusak atau bahkan membakar microwave-mu sebaiknya kamu membaca dulu instruksi peringatan keselamatan dalam pemakaian alat ini.

Membaca instruksi keselamatan akan memberikanmu informasi mengenai apa-apa saja yang dapat kamu lakukan dan tidak dapat kamu lakukan selama penggunaan microwave.

2. Pahami Fitur Microwave

cara menggunakan microwave
Sumber Gambar: YouTube/Samsung Care

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui fungsi-fungsi dari fitur yang dimiliki oleh microwave-mu. Apa guna tombol ini dan itu. Kesalahan dalam pemakaian bisa saja membuat microwave rusak atau makananmu yang rusak.

Untuk mengetahui fitur-fitur dalam peralatan dapur modern wajib ini kamu bisa membaca buku instruksi pemakaian.

3. Letakkan di Atas Meja Terbuka

cara menggunakan microwave
Sumber Gambar: KitchenAid

Peletakan microwave di dapur perlu diperhatikan. Letakan sekitar 10 centimeter (cm) dari dinding, kemudian pada sisi depan kamu perlu ruang yang lebih banyak lagi karena kamu pastinya akan membuka dan menutup pintu microwave untuk memasukkan/mengeluarkan makanan.

Lalu usahakan untuk tidak menaruh microwave di bibir meja, karena jika kamu sedang mengambil masakanmu dan tanganmu terpelesat, masakan yang masih panas tersebut bisa terjatuh dan membahayakan kamu.

4. Gunakan Wadah yang Aman

cara menggunakan microwave
Sumber Gambar: Joseph Joseph

Jangan lupa pastikan bahwa wadah yang kamu pakai untuk memasak makananmu merupakan wadah yang memang dibuat khusus untuk microwave atau biasa disebut microwave safe yang tahan dari panasnya alat tersebut.

Jangan menggunakan wajan yang bukan dikhususkan untuk microwave, misalnya yang berbahan logam dan plastik. Logam dapat menimbulkan percikan api dan penggunaan plastik dapat mengakibatkan plastik tersebut meleleh di dalam.

5. Beri Lubang pada Penutup Makanan

cara kerja microwave
Sumber Gambar: Harvard Health

Ketika hendak memasukan makanan ke dalam microwave, pastikan kamu membuat lubang pada penutup makananmu. Kamu bisa menggunakan garpu untuk melibanginya.

Hal ini dilakukan karena jika kamu tidak melubangi penutup makananmu, akan menimbulkan letupan panas dari makanan.

jual oven listrik
Kebutuhan memanggang dan membuat roti semakin praktis dengan oven listrik terbaik!

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Jitu Memilih Microwave Terbaik

6. Atur Waktu yang Dibutuhkan

cara kerja microwave
Sumber Gambar: The Fresh Plan

Untuk memasak dengan microwave tentunya kamu perlu mengatur waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan masakanmu. Kamu harus tepat dalam mengatur waktu ini, agar makanan benar-benar mendapatkan tingkat kematangan yang pas.

7. Jangan Operasikan saat Kosong

cara kerja microwave
Sumber Gambar: Reader’s Digest

Jangan sekali-kali kamu menekan tombol “start” pada microwave dalam keadaan kosong. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan berat, yaitu terbakar karena benturan dari gelombang micro ke dinding microwave.

8. Jangan Ditinggal ketika Memasak

cara mengoperasikan microwave
Sumber Gambar: Starranty

Ada beberapa bahan makanan yang memiliki waktu singkat ketika dimasak menggunakan oven, misalnya ketika kamu memasak popcorn. Untuk memasak popcorn kamu hanya memerlukan waktu yang singkat, jadi jangan coba-coba beranjak dari depan microwave.

9. Teratur Bersihkan Microwave

cara mengoperasikan microwave
Sumber Gambar: Compact Appliance

Ketika masak menggunakan microwave, makanan yang kamu masak mungkin saja akan meninggalkan noda pada dinding-dinding microwave. Jadi, dianjurkan untuk sering membersihkan perangkat ini secara teratur.

10. Jangan Pakai Jika Pintu Rusak

cara mengoperasikan microwave
Sumber Gambar: YouTube/Paul Ricalde

Jika pintu microwave milikmu sudah sulit untuk ditutup dan rusak, dianjurkan kamu tidak lagi memakai microwave tersebut sebelum diperbaiki. Dalam proses memasak dengan microwave, pintu microwave wajib tertutup rapat.

Jika kamu memaksakannya bisa menambah kerusakan pada microwave dan mengakibatkan masakanmu tidak matang.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merk Microwave Low Watt Terbaik

Nah Toppers, itu lah beberapa langkah dan cara untuk mengoperasikan microwave dengan benar. Keuntungan penggunaan microwave bukan hanya praktis saja, tapi nutrisi dan gizi makananmu tetap terjaga.

Buat kamu yang belum punya microwave, nggak perlu sulit untuk mencarinya. Karena di Tokopedia tersedia bermacam merk microwave dengan kualitas terbaik seperti microwave Sharp, Panasonic, Samsung, LG hingga Modena, yang pastinya termurah!

jual microwave
Menghangatkan makanan apa pun lebih mudah dan masak lebih praktis dengan microwave terbaik di sini!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

10 Merk Granit Terbaik 2024, Elegan untuk Rumah Idaman!
Home and Living
10 Merk Granit Terbaik 2024, Elegan untuk Rumah Idaman!
© 2009-2024, PT Tokopedia