10 Tips dan Cara Jitu Memilih Microwave Terbaik

89
tips memilih microwave

Ingin membeli microwave? Jangan terburu-buru Toppers, terlebih dulu simak tips dan cara memilih microwave yang bagus dan berkualitas terbaik berikut ini!


Tips Memilih Microwave – Microwave merupakan salah satu peralatan dapur modern yang wajib dimiliki di setiap rumah. Microwave berfungsi untuk menghangatkan dan memasak makanan lebih praktis dibandingkan memasak dengan kompor gas atau kompor listrik.

Banyak jenis dan merk microwave yang tersedia di pasaran dengan beragam ukuran serta daya listrik yang cukup membingungkan dalam pemilihannya.

Oleh karena itu, Tokopedia akan memberikan beberapa tips dan cara memilih microwave terbaik untukmu!

Baca Juga: Ingin Belajar Masak? Inilah 5 Alat Dapur yang Harus Kamu Kenal!

Tips Memilih Microwave yang Bagus

1. Tentukan Jenis Microwave

tips memilih microwave
Sumber Gambar: Zelect

Ada banyak jenis microwave yang bisa kamu temukan di pasaran, diantaranya yang paling populer dan umum digunakan ada tiga jenis, yaitu basic microwave, grill microwave dan convection microwave.

Penjelasannya, sebagai berikut:

  • Basic Microwave

Basic microwave berfungsi untuk memanaskan makanan. Alat jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencairkan makanan beku agar siap diolah atau dimasak.

  • Grill Microwave

Grill microwave punya fungsi untuk memasak, menghangatkan dan mencairkan makanan. Sedikit lebih lengkap dari jenis basic.

  • Convection Microwave

Sedangkan, microwave jenis convection punya beberapa fitur khusus yang berguna untuk memberikan tiupan udara agar panas yang dihasilkan bisa lebih merata.

Selain ketiga jenis tersebut, terdapat juga beberapa jenis lain. Namun, daftar di atas lebih umum digunakan untuk saat ini.

2. Perhatikan Ukuran Microwave

tips memilih microwave
Sumber Gambar: Carter’s Kitchen

Sudah menentukan jenis microwave yang cocok? Selanjutnya kamu bisa menentukan ukuran penghangat makanan sesuai kebutuhanmu. Agar dapat menentukannya, kamu harus tahu terlebih dahulu di mana kamu akan meletakan alat tersebut.

Jangan paksakan memilih microwave berukuran besar jika kamu mempunyai ruang yang sempit.

3. Pilih Kapasitas Sesuai Kebutuhan

tips memilih microwave
Sumber Gambar: The Complete Kitchen Smart Kitchen

Dalam memilih microwave terbaik, kamu juga harus menentukan kapasitas dari pemanas makanan yang kamu butuhkan. Pastikan sesuai dengan hidangan yang kamu ingin buat.

Jika kamu sering memasak dalam jumlah banyak, akan lebih baik jika kamu membeli penghangat makanan berkapasitas lebih besar. Agar makanan yang kamu buat bisa lebih awet.

4. Memilih Daya yang Tepat

tips memilih microwave
Sumber Gambar: Wirecutter

Pemilihan daya dari microwave menentukan seberapa cepat matang hidangan yang sedang kamu masak. Pemanas makanan dengan daya yang lebih besar biasanya memasak makanan lebih cepat dan merata dibanding microwave berdaya rendah.

Microwave berukuran besar juga biasanya menawarkan daya yang lebih besar dibandingkan microwave berukruan lebih kecil.

5. Cari Microwave dengan Fitur Wajib yang Lengkap

cara memilih microwave
Sumber Gambar: Arts Republik

Berikutnya, cari microwave dengan fitur wajib yang lengkap mulai dari fitur defrost hingga tombol khusus untuk memasak aneka jenis makanan seperti popcorn, soup, pizza reheating dan lain-lain.

Hal ini dapat memudahkan dalam proses memasak makanan menggunakan microwave.

produk dapur wajib
Temukan berbagai kebutuhan produk dapur masa kini dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: Panggang Makanan Sempurna dengan 10 Oven Listrik Terbaik

6. Pilih Microwave dengan Turntable

cara memilih microwave
Sumber Gambar: Homedit

Microwave dengan turntable memiliki sebuah keuntungan untuk memudahkan proses memasak, yaitu tidak perlu repot untuk memutar piring saat memasak.

Karena microwave dengan turtable akan melakukannya secara otomatis, sehingga masakanmu lebih matang secara merata.

7. Pertimbangkan Microwave dengan Metal Rack

cara memilih microwave
Sumber Gambar: Appliances Online

Microwave yang tidak memiliki metal rack biasanya hanya memanaskan bagian atas dari makanan, jadi kamu akan mendapatkan makananmu setengah panas, setengah dingin.

Berbeda dengan microwave dengan metal rack, yang mampu menghasilkan panas yang merata pada makananmu. Namun, pilihan ini bergantung pada makanan yang ingin kamu hidangkan.

8. Tentukan Budget

Tips dan Cara Memilih Microwave Terbaik - Tentukan Budget
Sumber Gambar : Pixabay

Setelah menentukan beberapa hal penting di atas, berikutnya kamu kembali harus menentukan budget. Harga microwave sendiri berbeda-beda sesuai dengan tipe, ukuran dan merk microwave itu sendiri.

Jadi, kamu harus cermat dalam menentukan budget untuk memudahkanmu dalam proses pemilihan penghangat makanan berikutnya.

9. Mencari dan Melakukan Riset Produk

tips memilih microwave oven
Sumber Gambar: ABC

Budget sudah di tentukan. Sekarang saatnya kamu melakukan pencarian dan riset produk microwave yang sesuai dengan budget yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Salah satu cara mudah untuk mencari produk adalah mencarinya secara online.

Kamu bisa mencarinya di Tokopedia, dan sesuaikan budget dengan fitur filter agar pencarian lebih mudah. Pertimbangkan juga microwave kondisi bekas, karena memiliki harga yang lebih terjangkau. Tapi, pastikan kondisinya masih baik.

10. Pastikan Produk Microwave Bergaransi

tips memilih microwave oven
Sumber Gambar: Dissolve

Hal yang terpenting ketika membeli sebuah alat elektronik adalah garansi. Tidak ada yang menjamin produk yang kamu dapatkan sempurna dan bekerja dengan baik selamanya.

Jadi, pilihlah produk microwave bergaransi sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila terjadi kerusakan pada microwave tersebut.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Merk Microwave Low Watt Terbaik

Bagaimana? Tidak sulit bukan memilih microwave yang cocok dengan kebutuhamu? Cukup ikuti beberapa tips di atas dan jangan lupa temukan microwave terlengkap dan terbaik hanya di Tokopedia!

jual oven listrik
Kebutuhan memanggang dan membuat roti semakin praktis dengan oven listrik terbaik!

Bagikan Artikel