Istilah Asuransi yang Harus Kamu Pahami sebelum Memiliki Asuransi

1190
Istilah dalam Asuransi

Istilah dalam AsuransiAsuransi merupakan sebuah perjanjian antara dua belah pihak untuk menanggung sebuah kerugian yang terjadi. Asuransi bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi kematian (asuransi jiwa), asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, hingga asuransi syariah. Toppers berminat untuk membuka asuransi? Sebaiknya, pelajari dulu istilah-istilah penting dalam dunia asuransi berikut ini:

Baca juga: Mengenal Pengertian Asuransi Syariah & Keuntungannya

Istilah dalam Asuransi yang Perlu Anda Pahami

asuransi

Sumber gambar: Flickr

Premi

Premi adalah sejumlah uang yang harus kamu bayarkan setiap bulannya sebagai tanda keikutsertaan dalam suatu program asuransi. Besarnya premi yang dibayarkan ditentukan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan juga kondisi kamu.

Penanggung

Penanggung berarti pihak yang bersedia menanggung kerugian yang terjadi, dalam hal ini berarti perusahaan asuransi tempat kamu mendaftarkan diri. Penting bagi kamu untuk melakukan riset mendalam dan menyeluruh terhadap berbagai jenis perusahaan asuransi sebelum menetapkan mana yang paling pas buatmu.

Tertanggung

Tertanggung berarti orang atau pihak yang menggunakan jasa suatu perusahaan asuransi dan dijamin kerugiannya oleh perusahaan tersebut.

Polis

Polis adalah perjanjian tertulis antara kamu sebagai tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung. Polis, atau kontrak asuransi, bersifat konsensual dan dibuat dalam bentuk tertulis.

Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah permintaan secara resmi dari kamu kepada perusahaan asuransi untuk membayarkan uang atas suatu kerugian/peristiwa yang terjadi sesuai dengan polis yang disepakati. Permintaan ini bisa juga disebut SPPA atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Cocok Untukmu

Uang Pertanggungan (Nilai Tunai/Nilai Tebus)

Setelah kamu membuat permintaan secara resmi kepada perusahaan asuransi, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah uang sesuai dengan perjanjian atau polis yang dibuat kedua belah pihak di awal masa perjanjian. Uang ini tidak termasuk sejumlah pembayaran lain yang tercantum dalam polis.

Anuitas

Proses pembayaran uang oleh perusahaan asuransi kepada kamu selaku individu pemegang asuransi dinamakan anuitas.

Bonus

Bonus adalah uang (di luar uang pertanggungan) yang diterima pemegang asuransi pada saat dilakukan.

asuransi

Agen

Sejumlah orang yang mewakili suatu perusahaan asuransi untuk melakukan pemasaran, perundingan, penyampaian syarat dan ketentuan, maupun pelayanan kepada calon tertanggung/tertanggung.

Aktuaris

Aktuaris adalah orang-orang yang telah menjalani berbagai pelatihan teknis asuransi. Tanggung jawab aktuaris adalah menentukan besaran premi yang harus dibayarkan untuk asuransi jangka panjang. Ia harus memastikan jumlah premi tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang akan datang.

Masa Tunggu

Masa tunggu adalah periode di mana penanggung harus membayar uang kepada pemegang asuransi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Lama masa tunggu bisa bervariasi, mulai dari 6 bulan hingga 2 tahun.

Lapse

Lapse berarti pembatalan atau penangguhan perjanjian antara penanggung dan tertanggung karena tertanggung tidak/belum membayar premi hingga melewati masa tenggang.

Lapse Notification

Lapse notification adalah pemberitahuan dari perusahaan asuransi kepada pemegang asuransi bahwa asuransi telah dibatalkan atas dasar pembayaran premi belum diterima. Oleh karena itu, apabila kamu sudah menjadi pemegang, bayarlah premi sesuai dengan ketentuan ya, Toppers!

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Asuransi dan Manfaatnya

Itu dia istilah-istilah dasar yang harus diketahui apabila kamu ingin mendaftarkan diri menjadi pemegang asuransi. Setelah memahami istilah-istilah ini, kamu bisa melakukan riset terhadap beberapa perusahaan asuransi dan produk-produk asuransi yang mereka tawarkan. Pastikan kamu memilih jenis asuransi terbaik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Kamu juga bisa mengajukan asuransi di Tokopedia lho, Toppers. Di Tokopedia, pengajuan jadi lebih cepat, mudah, dengan premi fleksibel. Cek sekarang!

Asuransi