• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Olahraga Jumping Jack di Rumah, Ini Dia Beragam Manfaatnya!

Share

Olahraga Jumping Jack di Rumah, Ini Dia Beragam Manfaatnya!

Jumping jack merupakan gerakan olahraga yang sangat sederhana yang bisa kamu lakukan, lagi memberi banyak manfaat. Berikut adalah beberapa di antaranya.


Jumping jack adalah gerakan olahraga yang cukup mudah untuk dilakukan. Saking sederhana gerakannya, jumping jack juga merupakan salah satu olahraga yang kerap dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar. Olahraga ini juga tidak memerlukan equipment atau peralatan apapun, tidak memerlukan biaya dan juga bisa dilakukan di mana saja.

Meskipun gerakannya simpel dan mudah, jumping jack itu merupakan full body exercise atau dalam bahasa Indonesianya latihan tubuh secara menyeluruh, lho, Toppers. Artinya, dengan melakukan jumping jack, kamu telah melatih seluruh kelompok otot tubuh kamu. Banyak pula manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan jumping jack, Toppers.

baca juga: Burpees: Olahraga Cardio Simple yang Mudah Dilakukan di Rumah

Manfaat Jumping Jack

Manfaat jumping jack
Sumber Gambar: Decathlon Blog

Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan olahraga jumping jack.

1. Melatih Berbagai Bagian Otot Pada Tubuh

Seperti yang sudah dikatakan, jumping jack adalah latihan tubuh secara menyeluruh. Jumping jack melatih otot kamu, Toppers. Saat melakukan gerakannya, kamu menggerakan setiap bagian dari tubuh kamu, semuanya! Setiap kelompok otot; bicep, tricep, betis, pinggul, bahu dan lainnya terlatih hanya dengan melakukan satu jenis gerakan saja. Dengan melakukan jumping jack secara rutin, otot kamu pun bisa lebih kuat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jumping jack adalah olahraga kardio atau olahraga aerobik. Olahraga aerobik merupakan olahraga yang meningkatkan detak jantung dan memompa darah lebih cepat. Olahraga yang meningkatkan detak jantung baik sekali, lho, untuk jantung. WHO (World Health Organization) menyarankan orang untuk melakukan olahraga aerobik setidaknya 150 menit dalam satu minggu.

3. Meningkatkan Stamina

Meningkatkan Stamina
Sumber Gambar: Pexels

Dengan melakukan jumping jack secara rutin, tentu saja stamina dan juga endurance kamu akan terus meningkat, berkat gerakan melompat terus menerus dengan ritme yang konsisten. Selain itu, melakukan olahraga jumping jack juga dapat melatih dan meningkatkan stabilitas gerak badan kamu.

4. Menjaga Kekuatan dan Kepadatan Tulang

Jumping jack juga memiliki manfaat untuk kesehatan tulang, lho, Toppers. Latihan jumping jack memperkuat tulang terutama bagian kaki dan punggung bawah, dan juga meningkatkan kepadatan tulang. Dengan begini, risiko tulang untuk rapuh dan patah pun berkurang.

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

baca juga: Bukan Cuma Seru, Ini Dia Manfaat Main Sepatu Roda!

5. Melatih Koordinasi

Melatih Koordinasi

Dengan olahraga jumping jack, kamu akan pula melatih koordinasi kamu. Sebab, memerlukan koordinasi dari bagian tubuh yang berbeda-beda untuk dapat melakukan gerakan jumping jack. Karena itu, jika dilakukan secara rutin, jumping jack dapat membuat koordinasi kamu semakin bagus, Toppers!

6. Mengurangi Stres

Manfaat jumping jack selanjutnya adalah mengurangi stres. Melakukan jumping jack akan memicu keluarnya hormon serotonin dan juga adrenalin pada otak kamu. Kombinasi dari dua hormon ini lantas akan membuat kamu merasa senang dan mengurangi stres yang kamu miliki.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, jumping jack bisa menjadi salah satu pilihan olahraga, nih. Salah satu prinsip menurunkan berat badan adalah kalori yang keluar harus lebih banyak dari kalori yang masuk. Nah, jumping jack bisa menjadi salah satu latihan yang membakar kalori yang bisa kamu lakukan.

Pada orang dengan berat 70 kilogram, jumping jack selama 30 menit dipercaya dapat membakar 186 kalori, lho. Banyak juga, ya!

Risiko Jumping Jack

Meskipun secara umum merupakan latihan yang aman, jumping jack tetap memiliki risiko. Terutama pada orang dengan masalah otot, sendi, dan masalah kesehatan lain, jumping jack memiliki risiko cedera pada persendian lutut dan pergelangan kaki. Ibu hamil juga merupakan salah satu kelompok yang memiliki risiko lebih tinggi dari melakukan jumping jack, karena dapat menimbulkan dampak tertentu pada ibu dan janin di dalam perut.

baca juga: 10 Teknik Dasar Badminton yang Fundamental bagi Para Pemula


Wah, banyak juga ya Toppers, manfaat yang bisa didapatkan dari satu exercise ini. Toppers bisa langsung mencoba olahraga ini di rumah, nih. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati, ya, agar tidak terjadi cedera. Semoga Toppers sehat selalu!

jual produk olahraga terlengkap
Yuk, terapkan gaya hidup sehat sekarang juga dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!

Penulis: Talitha Gati

© 2009-2024, PT Tokopedia