• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Burpees: Olahraga Cardio Simple yang Mudah Dilakukan di Rumah

Share

Burpees: Olahraga Cardio Simple yang Mudah Dilakukan di Rumah

Ingin coba gerakan cardio yang simple dan berikan banyak manfaat? Coba olahraga burpees dan rasakan manfaatnya pada tubuh!


Burpees – Terlihat simple, gerakan-gerakan yang dilakukan saat olahraga burpees dapat memberikan efek baik pada seluruh tubuh. Mulai dari perut, paha, betis, hingga lengan.

Meskipun gerakannya terlihat mudah dilakukan, dijamin bagi pemula akan terasa “ngos-ngosan” meskipun baru dilakukan dalam 1 set. Gerakan burpees, mengkombinasikan berbagai gerakan. Mulai dari squat, plank, push-up, tendangan kaki, dan lompatan.

Burpees adalah olahraga cardio yang tidak melibatkan alat olahraga. Namun, agar lebih nyaman, kamu bisa tetap menggunakan sepatu olahraga dan matras.

baca juga: 9 Matras Yoga Terbaik: Aman dan Nyaman

Gerakan Burpees yang Tepat

Gerakan Burpees
Sumber Gambar: Doctor Insta

Bagi para pemula, gerakan burpees memang dinilai sulit. Namun, kamu tak perlu khawatir, kamu bisa lakukan dengan gerakan-gerakan alternatif yang juga memberikan efek baik pada tubuh.

Agar tak salah gerakan, berikut adalah beberapa gerakan dasar dari burpees yang bisa kamu tiru!

1. Berdiri Tegak

Standing
Sumber Gambar: Skimble

Langkah atau gerakan utama dari olahraga ini, kamu cukup berdiri dengan merenggangkan kedua telapak kaki selebar bahu. Letakkan tangan dan biarkan menggantung di sisi tubuhmu dan luruskan kedua lutut.

Sebelum melakukan gerakan selanjutnya, berdirilah tegak dengan posisi punggung yang lurus dan aktifkan otot perut dan kontraksikan otot bokong. Agar membantu dan mempermudahmu mengoreksi gerakan ini, kamu bisa berdiri di hadapan cermin.

2. Squat

Squat
Sumber Gambar: Freepik

Gerakan ini sangat bermanfaat bagi otot pada seluruh tubuh. Terutama otot paha, bokong, dan area perut. Untuk melakukan gerakan squat yang tepat, kamu harus menekuk kedua lutut dan turunkan tubuh. Condongkan tubuh ke arah depan dan tekuk sedikit kedua lutut untuk menurunkan tubuh. Agar mempermudah, kamu bisa membayangkan seperti akan duduk di kursi.

Pastikan keadaan punggung tetap lurus dan dekatkan kedua lengan ke sisi tubuh. Jika posisi punggung tidak lurus, bisa menyebabkan nyeri pada otot.

Setelah melakukan gerakan squat, kamu bisa mempersiapkan diri untuk lanjut ke gerakan plank.

3. Plank

Plank
Sumber Gambar: Cosmopolitan

Dari gerakan squat untuk menuju plank, kamu bisa lakukannya secara perlahan. Setelah squat, kamu bisa jongkok dan perlahan letakkan tangan pada matras atau lantai. Setelah itu, lompatlah ke belakang dengan kedua kaki, bersamaan dan regangkan telapak kaki selebar bahu.

Untuk mempermudah, sehabis melompat kamu bisa melihat posisi tubuhmu pada cermin. Usahakan tubuh bentuk tubuh seperti garis lurus, mulai dari kepala hingga tumit.

4. Push Up

Push up
Sumber Gambar: Sweat App

Setelah berhasil melakukan plank, lakukan lah push up. Dengan posisi yang sama seperti plank, kamu hanya perlu turunkan tubuh hingga hampir menyentuh lantai atau matras. Lakukan satu kali push up, lalu kamu bisa langsung ambil atau loncatkan kaki ke posisi jongkok.

5. Jump

Jump
Sumber Gambar: Flatstreet

Gerakan melompat adalah gerakan akhir dari burpees. Setelah melakukan push up dan beralih ke posisi jongkok, kamu bisa langsung melompat setinggi mungkin. Setelah gerakan ini, kamu bisa mengulangnya dari gerakan awal beridiri tegak.

Gerakan burpees ini tidak ada jeda, jadi mulai dari gerakan awal ke gerakan akhir hingga mengulang lagi ke garakan awal, usahakan tidak terputus.

baca juga: 11 Manfaat Sit Up: Efektif untuk Mengecilkan Perut?


Manfaat Burpees untuk Tubuh

Burpees
Sumber Gambar: Fitpass

Sudah mengetahui bagaimana gerakan dan cara melakukan burpees, kini kamu perlu tahu manfaat apa yang diberikan dari gerakan satu ini.

1. Melatih Otot

Dengan melakukan burpees workout secara rutin, kamu bisa melatih dan mengencangkan otot. Mulai dari otot bahu, lengan, bokong, perut, inti, dan paha belakang.

2. Meningkatkan Denyut Jantung

Burpees merupakan latihan yang menggabungkan kardio dan kekuatan tubuh. Dengan melakukannya rutin, akan membantu untuk memaksimalkan dan memompa jantung, membuat paru-paru bekerja, dan mengalirkan keringat atau membakar lemak jahat.

3. Membakar Kalori

Karena termasuk dengan olahraga kardio, burpees efektif untuk membakar kalori dan menghilangkan lemak di tubuh. Jika kamu ingin mengurangi kadar lemak di tubuh dan ingin membentuk badan, olahraga burpees adalah pilihan yang tepat.

4. Menyehatkan Tulang Belakang

Kesehatan tulang belakang penting untuk dijaga demi menjaga postur tubuh. Dengan melakukan gerakan burpees, melatih otot dan tulang pada area tubuh bagian belakang agar tetap berada di posisi awal atau memperbaiki postur.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dikarenakan gerakan burpees dilakukan secara intens dan bertahap, membuat tubuh menjadi lebih sehat dan meningkatkan stamina tubuh. Oleh karena itu, olahraga ini cocok dilakukan secara rutin dan jadi menu olahraga setiap hari.

baca juga: 10 Alat Olahraga Wajib di Rumah, ‘Teman’ Ngabuburit


Itu dia Toppers berbagai penjelasan tentang burpees yang kini bisa kamu coba di rumah. Burpees exercise bisa jadi pilihan utama bagi kamu yang mencari gerakan olahraga kardio demi membakar lemak di tubuh.

Yuk, lakukan olahraga secara rutin dan lengkapi juga berbagai peralatan olahragamu. Mulai dari aksesoris olahraga, pakaian olahraga, sepatu olahraga, dan lain sebagainya!

jual produk olahraga terlengkap
Yuk, terapkan gaya hidup sehat sekarang juga dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia