• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Sit Up: Efektif untuk Mengecilkan Perut?

02 June 2021
Share
11 Manfaat Sit Up: Efektif untuk Mengecilkan Perut?

Berbagai manfaat sit up untuk tubuh. Selain membentuk perut atletis, juga dapat perbaiki postur badan agar lebih ideal.


Sit up adalah latihan yang dilakukan dengan berbaring telentang sambil mengangkat tubuh bagian atas. Ini menggunakan massa tubuh untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut.

Aktivitas ini melibatkan bagian pinggul, dada, dan leher. Tujuannya, yakni membantu proses pembentukan postur tubuh yang lebih baik dengan cara melatih punggung bawah dan otot gluteal.

Latihan sit up perlu dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam program olahraga rutin, sebab gerakan ini cukup mudah dilakukan dan difokuskan pada bagian inti tubuh dan otot perut.

Baca Juga: Manfaat Plank: Rahasia Tubuh Langsing dan Perut Rata

Manfaat/Tujuan Sit Up untuk Tubuh

Selain itu, juga ada berbagai manfaat lainnya dari latihan sit up. Simak daftar keuntungan yang bisa kamu nikmati jika rutin melakukannya:

1. Melatih Bagian Inti Tubuh

Melakukan sit up secara rutin dapat melatih bagian inti tubuh kamu, tujuan sit up adalah memperkuat dan mengencangkan bagian inti tubuh. Sehingga dapat mengurangi risiko sakit punggung dan cedera.

Manfaat lainnya kamu akan merasa tubuh jadi lebih ringan dan cekatan saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun kegiatan atletik lainnya.

2. Meningkatkan Massa Otot

Sit up juga membangun bagian otot perut dan pinggul. Menurut penelitian pada 2016, wanita lansia yang dapat melakukan sit up lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami sarcopenia, yaitu hilangnya otot secara alami karena penuaan.

Wanita yang mampu melakukan sit up lebih dari 10 kali, memiliki tingkat massa dan fungsi otot yang lebih tinggi.

3. Meningkatkan Performa atletik

Bagian inti tubuh akan lebih terbentuk bila melakukan sit up secara rutin. Hasil dari bagian yang terlatih akan memberi kamu postur, stabilitas, dan bentuk yang lebih baik.

Selain itu, melakukan sit up secara rutin memberikan kamu peluang untuk melakukan aktivitas fisik dan atletik tanpa mudah kelelahan.

4. Menjaga Keseimbangan dan Stabilitas

Sit up membantu kamu untuk melatih keseimbangan dan stabilitas tubuh. Sehingga menjaga tubuh kamu tetap stabil saat bergerak dan beraktivitas sepanjang hari.

Ini membantu otot panggul, punggung bawah, dan pinggul bekerja sama dengan otot perut. Keseimbangan yang baik dapat menghindari kamu terjatuh jatuh atau melukai diri sendiri.

5. Meningkatkan Fleksibilitas

Menggerakkan tulang belakang dapat membantu mengendurkan kekakuan pada tulang belakang dan pinggul kamu, dengan kata lain sit up membuat pinggul dan punggung kamu lebih fleksibel.

Rutin melakukan sit up juga dapat meningkatkan mobilitas dan mengurangi ketegangan dan kekakuan.

Peningkatan fleksibilitas sebagai hasil dari sit up juga memberi manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan energi tubuh.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Melakukan sit up secara rutin memudahkan untuk menjaga bagian pinggul, tulang belakang, dan bahu agar sejajar dan menampilkan postur tubuh yang lebih baik, secara tidak langsung sit up mengecilkan perut.

Manfaat dari postur tubuh yang baik juga dapat mengurangi rasa sakit, ketegangan, meningkatkan energi, dan melancarkan pernapasan.

jual peralatan olahraga
Yuk, lebih aktif dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!

Baca Juga: Manfaat Pull Up: Tubuh Lebih Kuat dan Sehat!

7. Mengurangi Risiko Nyeri Punggung

Sit up juga melatih punggung bawah, pinggul, dan panggul, dengan kata lain dapat  mengurangi kemungkinan sakit punggung dan cedera.

Namun, kamu perlu berhati-hati dalam melakukan sit up untuk menghindari cedera ringan. Selama dapat melakukan gerakan dengan tepat, maka sit up akan memberikan manfaat lebih besar hingga mampu meredakan sakit punggung.

8. Memperkuat Diafragma

Aktivitas ini adalah cara yang bagus untuk melatih pernapasan diafragma. Diafragma yang kuat dan sehat dapat memperbaiki pola pernapasan, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan atletik.

Sit up terbukti bermanfaat dalam memperkuat diafragma dan meningkatkan fungsi pernapasan.

9. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan peredaran darah dapat dilakukan dengan melakukan sit up secara rutin. Peredaran darah yang lancar dapat menjaga agar tubuh agar tidak kekurangan oksigen.

Sehingga dapat mencegah serangan jantung maupun gagal ginjal akibat dari peredaran darah yang tidak lancar. Kinerja otot juga dapat meningkat karena sistem peredaran darah yang berjalan lancar.

10. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Melakukan latihan sit up secara rutin dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk membantu proses mengolah nutrisi dan zat yang masuk ke tubuh.

Sehingga dapat membantu proses pengeluaran racun dan lemak dari tubuh menjadi lebih cepat.

11. Bantu Bakar Kalori

Kamu tentu sudah tahu bahwa sit up dapat membakar kalori tubuh secara efektif, dengan kata lain sit up sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

Gerakan sit up juga cukup mudah dilakukan tanpa teknik yang sulit, cocok untuk pemula. Hasil yang diberikan juga sangat efektif untuk membentuk postur tubuh yang lebih ideal

Baca Juga: Jenis Olahraga Kardio untuk Bakar Lemak dan Kecilkan Perut!

Cara Melakukan Sit Up

Kamu bisa mempertimbangkan sit up menjadi salah satu latihan dalam rutinitas olahraga. Karena cukup mudah dilakukan tanpa membutuhkan teknik yang sulit, serta hasilnya pun terbilang efektif.

Berikut langkah-langkah melakukan sit up:

  • Pertama-tama, berbaring telentang dengan lutut ditekuk pada matras.
  • Tempelkan dagu ke dada dan rilekskan bagian belakang leher.
  • Silangkan lengan kamu pada bahu yang berlawanan, atau letakkan telapak tangan di samping tubuh.
  • Buang napas saat kamu mulai mengangkat tubuh bagian atas ke arah paha.
  • Tarik napas dan perlahan turunkan diri kembali ke lantai.
  • Ulangi gerakan tersebut hingga 3 set secara rutin setiap minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga: Alat Olahraga Wajib di Rumah, Enggak Lagi Perlu Keluar

Itu dia berbagai manfaat dan cara melakukan sit up, Toppers. Siap untuk tampil lebih bugar dan atletis? Kamu hanya perlu menjadikan gerakan ini sebagai salah satu latihan rutin kamu saat berolahraga.

Untuk menunjang kegiatan olahraga, kamu juga bisa temukan berbagai perlengkapan olahraga lainnya dengan mudah hanya di Tokopedia!

matras yoga
Olahraga di dalam rumah tak masalah dengan matras yoga terbaik di sini!

Penulis: Claudia Angelista Jeheskiel

© 2009-2023, PT Tokopedia