10 Manfaat Plank: Rahasia Tubuh Langsing dan Perut Rata

0
563
plank
Sumber Gambar: Freepik

Daftar manfaat plank untuk kebugaran tubuh. Bentuk tubuh langsing dan perut rata bukan lagi sekadar impian. Berani coba?


Planking adalah salah satu olahraga yang paling efektif yang bisa kamu lakukan di sela-sela kesibukan. Plank merupakan gerakan fisik yang mengharuskan seseorang menempatkan kedua sisi tangan di permukaan lantai, kemudian meletakkan bagian tubuh lainnya dengan posisi seperti ingin push-up.

Secara kasat mata aktivitas fisik ini mungkin terlihat mudah. Namun, saat kamu mencobanya, perut akan terasa seperti tertekan. Kondisi yang menandakan otot sedang bereaksi terhadap gerakan tersebut.

Latihan gerakan plank ini biasanya banyak digunakan oleh mereka yang sedang menjalani program diet, yang berharap tubuh langsing dan perut rata. Faktanya gerakan olahraga indoor satu ini memang dinilai lebih efektif untuk membuat bentuk tubuh ideal.

Jika kamu rutin melakukan olahraga plank setiap harinya, tentu tidak hanya tubuh langsing dan perut rata saja yang akan kamu dapatkan. Berikut ulasan lengkapnya mengenai apa saja manfaat hingga cara melatihnya.

Baca Juga: Cara Diet Sehat: Tips untuk Turunkan Berat Badan Alami

Cara Berlatih Gerakan Plank

latihan plank lebih efektif bikin perut rata
Sumber Gambar: Freepik

Sebelum mencari tahu apa saja manfaat dari gerakan plank ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara melatih gerakan plank bagi pemula.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

  • Sebelum memulai plank pastikan kamu berada ditempat yang bisa membuat bentang tubuh kamu. Gunakan matras agar latihan atau olahraga kamu lebih nyaman.
  • Mulai plank dengan posisi telungkup. Lengan bawah dan ujung jari kaki di lantai dengan siku tepat di bawah bahu. Lengan bawah menghadap ke depan, kepala rileks dan pandangan ke depan.
  • Angkat tubuh menggunakan otot perut, tarik pusar ke arah tulang belakang. Jaga posisi tubuh dengan posisi dari telinga sampai jari kaki bisa satu garis lurus. Pastikan bahu turun, tidak menempel ke telinga. Pertahankan tumit di atas telapak kaki.
  • Jika kamu pemula, tahan posisi tersebut selama 15-30 detik, baru rebahkan diri ke lantai. Lalu ulangi beberapa kali.
  • Jika sudah terlatih, kamu bisa meningkatkan jumlah waktu untuk menahan posisi plank ini, mulai dari 30-60 detik.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet yang Menyiksa

Manfaat Gerakan Plank

manfaat plank, manfaat gerakan plank
Sumber Gambar: Freepik

Manfaat gerakan memang cukup banyak, tidak hanya menguntungkan bagian perut saja. Namun, juga mencakup keseluruhan bagian tubuh. Ini dia ulasan lengkapnya:

1. Mengurangi Sakit Punggung

Aktivitas yang padat sering membuat tubuh terasa lelah dan nyeri di beberapa bagian, salah satunya punggung.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir lagi, dengan rutin melakukan plank pada pagi hari dan malam hari terbilang manjur dan ampuh meredakan nyeri pada bagian tubuh, terutama punggung.

2. Meningkatkan Kinerja Otot

Melakukan gerakan plank secara rutin dapat memperkuat otot-otot di bahu, dada, kaki, dan punggung. Fungsi gerakan ini adalah olahraga isometrik yang mana membuat otot berkonsentrasi.

Selain itu, juga dapat memperkuat dan membangun otot tanpa lemak untuk meningkatkan kinerja otot secara keseluruhan pada tubuh.

3. Meningkatkan Metabolisme

Kekuatan dan massa otot yang dihasilkan melalui gerakan plank ini memberi manfaat yang luar biasa yakni membuat metabolisme di dalam tubuh lebih cepat, yang berarti menghasilkan pembakaran kalori yang lebih besar.

Olahraga gerakan plank memang pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. 

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Mendapatkan postur tubuh yang baik dan bagus paling mudah dilakukan dengan memastikan tulang belakang, tengah, dan otot tubuh bagian atas kuat dan sehat.

Gerakan plank dapat menjaga tulang dalam posisi benar. Postur baik yang didapatkan ini bisa membuat kamu lebih tinggi dan ramping, sehingga bisa tampil lebih percaya diri.  

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Gerakan plank akan melatih ketahanan tubuh melalui cara berkonsentrasi menahan beban tubuh, yang mampu menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Jika kamu rutin melakukan plank, tubuhmu akan membentuk jaringan tulang baru dan menghasilkan tulang yang lebih sehat dan kuat.

jual peralatan olahraga
Yuk, lebih aktif dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!

Baca Juga: Ini Gerakan Efektif Bakar Lemak Saat Olahraga di Rumah

6. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Plank dapat memperbaiki dan meningkatkan keseimbangan pada tubuh secara menyeluruh. Hal ini disebabkan karena gerakan isometrik yang dilakukan saat plank mendorong tubuh untuk menciptakan stabilitas yang lebih baik.

7. Meratakan Perut

Memiliki bentuk tubuh langsing dan perut yang rata memang selalu menjadi impian banyak orang, utamanya bagi para wanita.

Oleh karena itu, gerak plank ini dipercaya menjadi salah satu latihan paling efektif untuk membuat perut rata. Pastinya diperlukan ketekunan dalam latihan untuk bisa menghasilkan perut rata idaman kamu.

8. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Fleksibel

Plank tidak hanya sebatas membuat tubuh langsing, perut rata, dan menjaga keseimbangan tubuh. Melainkan plank juga mampu membantu tubuhmu melakukan peregangan, sehingga sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat tubuh menjadi lebih fleksibel.

9. Menambah Tinggi Badan

Siapa diantara kamu yang ingin memiliki tubuh tinggi? Jika kamu adalah salah satunya, coba rutin melakukan latihan gerakan plank dengan mengkombinasikannya dengan olahraga yang menstimulus bertambahnya tinggi badan seperti basket ataupun berenang.

10. Menjaga Kesehatan Mental 

Utamanya banyak anak muda yang saat ini mudah terserang stres dan cenderung sulit menemukan kebahagiaannya.

Salah satu cara alternatif yang bisa membuatmu terhindar dari stres dan menjaga kestabilan mental kamu, bisa coba melakukan latihan plank.

Saat melakukan gerakan ini tubuh kamu akan melepaskan zat endorfin di otak yang dikenal sebagai zat alami untuk memberikan rasa bahagia dan meredakan stres.

Baca Juga: Alat Olahraga Wajib di Rumah Paling Optimal

Catatan Penting Sebelum Melakukan Plank

plank
Sumber Gambar: Freepik

Gerakan plank memang bagus untuk kebugaran tubuh, namun kamu tetap perlu berhati-hati dan memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan olahraga satu ini.

Olahraga ini kurang dianjurkan bagi kamu yang baru saja melakukan operasi, kondisi nyeri pinggul, berat badan berlebih.

Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengurangi risiko terjadinya sesuatu yang kurang diinginkan.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Lari Pagi dan Sore, Mana Lebih Sehat?

Itu tadi beragam manfaat dari gerakan plank yang baik untuk membuat tubuh kamu lebih sehat dan bugar Toppers. Bagaimana tertarik untuk mencobanya demi mendapatkan bentuk tubuh langsing dan perut rata?

Agar semakin semangat, yuk lengkapi peralatan olahraga kamu seperti baju, matras yoga, dan lainnya dengan harga yang terjangkau hanya di Tokopedia!

matras yoga
Olahraga di dalam rumah tak masalah dengan matras yoga terbaik di sini!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono