• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

6 Langkah Menabung untuk Dana Pensiun

Share

6 Langkah Menabung untuk Dana Pensiun

Toppers pasti sudah tahu tentang pensiun ‘kan? Periode hidup dimana kita sudah tidak bekerja lagi pastinya ditunggu-tunggu banyak orang. Tapi, demi memiliki masa pensiun mudah, kita harus sedia sejumlah uang yang disisihkan di masa muda. Nah, berikut 6 langkah yang bisa kamu coba untuk menabung dana pensiun mulai dari sekarang!

Baca juga: Bermacam Cara Investasi untuk Masa Depan

Langkah Menabung untuk Dana Pensiun

menabung dana pensiun

Mulai sejak dini

Poin terpenting dari menabung dana pensiun adalah dengan memulai sejak dini. Semakin muda menabung dimulai, semakin sedikit jumlah uang yang perlu disisihkan. Contohnya, jika mulai menabung pada umur 23, kita cukup menyisihkan 150.000 per hari untuk mencapai angka tabungan tinggi pada usia pensiun.

Susun bujet dan pertahankan

Menerapkan hidup hemat tanpa perencanaan bujet tentu akan menantang. Cara menyusun bujet sederhana adalah dengan menguraikan penghasilan dan putuskan berapa jumlah uang akan dikeluarkan untuk membayar kebutuhan primer dan sekunder, dan berapa jumlah sisa yang akan digunakan untuk menabung dana pensiun.

Potong pengeluaran

Memotong pengeluaran hukumnya krusial dalam menabung dana pensiun, dan memang lebih mudah dikatakan dibanding dilakukan. Untuk potong pengeluaran secara efektif, mulai dari hal-hal kecil, seperti bawa bekal ke kantor agar tidak mengeluarkan uang makan siang, atau membeli pilihan paket pulsa lebih minim kuota. Psst, ada cara untuk beli pulsa aman dan cepat, lho! Lewat aplikasi Tokopedia saja!

menabung dana pensiun

Cari cara untuk meningkatkan penghasilan

Saat sudah menginjak usia non-produktif, masih ada cara untuk menabung dana pensiun, lho! Tingkatkan penghasilan dengan menghasilkan uang dari cara-cara tertentu, seperti membuka toko online, atau bagimu yang masih bekerja, meminta kenaikan gaji atas performa yang baik juga patut dicoba. Satu lagi, jika kamu dapat uang tidak terduga seperti bonus atau uang ulang tahun, langsung tabung di dana pensiun untuk menghindari godaan belanja.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank

Pilih karir yang menawarkan benefit pensiun

Ingin ganti pekerjaan? Banyak pekerjaan di luar sana menawarkan benefit pensiun untuk karyawannya. Jangan ragu untuk bertanya pada atasan atau personil HRD tentang benefit ini untuk melancarkan proses menabung dana pensiun-mu.

Kurangi pemakaian kartu kredit

Hidup bebas lilitan utang adalah kunci dari menikmati masa pensiun. Maka dari itu, pemakaian kartu kredit harus dikurangi agar tidak menyesal di kemudian hari. Lagipula, riset menunjukkan kita cenderung menghabiskan lebih banyak uang saat belanja dengan kartu kredit dibanding dengan uang kas. Mulai sekarang, perbanyak penggunaan kas dan lihat sendiri berapa banyak uang yang tertabung dibanding saat memakai kartu kredit.

Nah, Toppers, dengan 6 langkah mudah di atas pastinya menabung untuk dana pensiun tidak terdengar begitu berat lagi, kan? Selagi masih dalam masa produktif, yuk mulai mengambil langkah proaktif untuk kelangsungan masa depan. Selain keenam langkah di atas, Toppers juga bisa memanfaatkan Asuransi guna mengatur keuanganmu agar dimasa depan kamu selalu siap akan berbagai kendala yang tak terduga.

Semoga berhasil, Toppers!

Sumber gambar: Freepik

Asuransi

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

8 Cara Menghasilkan Uang dari Telegram, Mudah dan Terbukti Cuan!
Keuangan
8 Cara Menghasilkan Uang dari Telegram, Mudah dan Terbukti Cuan!
© 2009-2024, PT Tokopedia