Let’s Take It to The Next Level!

456

16 Agustus 2009, 23:45 WIB

Di rumahnya masing-masing, setiap personil dari team Tokopedia tidak menikmati long weekend liburan mereka. Semuanya berdebar-debar di layar monitor masing-masing, mempersiapkan countdown launching website Tokopedia untuk umum. Yah, bersamaan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-64, Tokopedia juga memerdekakan dirinya ke status Public BETA. Siapa saja sudah bisa mendaftarkan diri sebagai anggota, membuka toko online mereka, berbelanja online, atau sekedar ngumpul-ngumpul sesuai dengan slogan Tokopedia, belanja ga belanja.. yang penting ngumpul ;)

Kami Tidak Takut

Tokopedia mengambil tema launching “Kami Tidak Takut” dengan cara mengajak para seller untuk berjualan kaos “Kami Tidak Takut”. Semangat “One Shirt, One Person, One Message, One Nation” juga diteriakkan oleh Tokopedia ke para pengunjung untuk mendukung gerakan IndonesiaUnite dengan cara berbelanja kaos “Kami Tidak Takut”. Hasilnya diluar dugaan, karena driven by community, kreatifitas pun tidak ada batasannya. Kaos tidak hanya dijual dengan berbagai variasi desain, bahkan ada juga yang menawarkan fitur glow in the dark. Pembeli pun berasal dari seluruh pelosok nusantara.

Selain sebagai wujud dukungan terhadap IndonesiaUnite, gerakan “Kami Tidak Takut” diangkat oleh Tokopedia karena dirasakan selaras dengan semangat agar para pengguna internet tanah air tidak perlu lagi takut untuk berbelanja online. Sebagai perusahaan, PT. Tokopedia pun tidak takut untuk memulai sebuah perusahaan internet yang dikelola serius dengan cita-cita membuka lapangan kerja baru di tanah air, dan meningkatkan perekonomian bangsa dengan membantu para SME / UKM yang tersebar di tanah air untuk dapat memiliki toko online mereka secara gratis dan mudah dikelola.

Sebuah Lompatan Besar

Tahun 2009 ini memang berita baik demi berita baik seakan berdatangan terus untuk Tokopedia. Baru mulai dikembangkan sejak awal tahun 2009; ketika masih dalam bentuk prototype, team Tokopedia memberanikan diri untuk bermimpi besar dengan mendaftarkan Tokopedia ke ajang Indonesia ICT Awards 2009 dan Bubu Awards v06. Tokopedia tidak hanya berhasil menjadi nominator di INAICTA, tapi juga berhasil menjadi pemenang di Bubu Awards v06. Berkat itu semua, sebelum diluncurkan untuk umum, pemberitaan tentang Tokopedia sudah datang dari berbagai media. Selain pengumuman pemenang Bubu Awards yang ditampilkan oleh kompas, detik; Tokopedia juga mendapat interview dari NavinoT.

Yang lebih di luar dugaan adalah, 2 hari setelah launching, Majalah TEMPO mendatangi kantor PT. Tokopedia untuk review, dan tepat 1 minggu dari hari launching, Tokopedia pun sudah diulas dalam versi cetak majalah TEMPO edisi 24-30 Agustus 2009, rubrik Digital, halaman 43 dan 44.

Semua pemberitaan tersebut tentunya membantu Tokopedia melompat jauh walau datang dengan status pendatang baru di bisnis online Indonesia. Lebih baik lagi, pemberitaan-pemberitaan tentang Tokopedia tersebut didapatkan dengan gratis. Semuanya datang hanya lewat keberanian untuk bermimpi, dan kerja keras untuk merealisasikan mimpi.

Tidak sampai tiga minggu dari tanggal launching, ketika tulisan ini dibuat, Tokopedia sudah memiliki lebih dari 5.000 anggota, lebih dari 660 toko aktif, dan lebih dari 6.700 produk

Lantas, berikutnya apa?

Dalam lomba apapun, start bagus belum tentu menjamin hasil finish yang terbaik. Adalah determinasi, konsistensi, dan komitmen sepanjang perlombaan yang menentukan siapa yang berhasil finish dengan hasil terbaik. Oleh karena itu, ujian sesungguhnya untuk tokopedia sebenarnya baru dimulai.

So, let’s take it to the next level!

Arsip Data Statistik Pendukung

Data Alexa hingga tanggal 31 Agustus 2009

Berdasarkan data Alexa hingga 31 Agustus 2009 (tepat 2 minggu setelah Tokopedia diluncurkan untuk umum), Tokopedia telah berhasil menjadi website #602 paling sering dikunjungi di Indonesia. Bahkan lewat traffic kunjungan dalam 2 minggu tersebut, Tokopedia telah berhasil menyalip beberapa situs konten lokal Indonesia yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Data Statistik Kunjungan Tokopedia hingga 04 September 2009

Lompatan besar traffic pengunjung tokopedia.com terjadi mulai dari tanggal launching Tokopedia untuk umum, 17 Agustus 2009.

Bagikan Artikel