Ngebolang Yuk! 32 Lokasi Wisata di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

1253
wisata di jakarta

Toppers, siapa bilang berwisata seru harus jauh-jauh ke luar kota atau luar negeri? Kamu tahu gak, di Jakarta aja ada puluhan objek wisata yang asik untuk dibolangi. Kota ini memang kaya lahan petualangan! Di mana aja tempatnya? Yuk, cek di bawah ini!

Baca juga: 21 Museum di Jakarta Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi

32 Lokasi Wisata di Jakarta

  • Taman Mini Indonesia Indah
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Wikimedia

Taman wisata Jakarta ini pas banget untuk jalan bersama keluarga dengan banyaknya ekshibisi yang mendidik. Taman Mini berlokasi di Jakarta Timur, tepatnya di Jl. Cipayung Raya, 13840. Tiket masuk senilai Rp.10.000 untuk pengunjung 3 tahun ke atas. Dengan merogoh kantong seharga Rp.10,000 per orang, di objek wisata Taman Mini ini kamu bisa meneliti berbagai fauna Indonesia dan beberapa ekor komodo hidup!

  • Ancol Dreamland
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar : travel kompas

Taman rekreasi di Ancol, Jakarta Utara adalah salah satu objek wisata Jakarta yang paling populer. Hanya dengan tiket masuk Rp.25.000, kamu bisa menikmati Ancol dan segala keseruannya! Karena cuaca pantai akan terik, persiapkan dirimu sun block untuk melindungi kulitmu saat berwisata di Ancol, ya.

  • Dunia Fantasi
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Specindo

Dunia Fantasi atau Dufan juga gak kalah populer dibanding objek wisata Jakarta lainnya. Untuk masuk Dufan, akan dikenakan biaya tiket Rp.200.000 atau annual pass lebih murah seharga Rp.350.000. Psst, kamu bisa dapatkan annual pass Dufan di Tokopedia, lho.

  • Kota Tua
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: wikipedia

Kota tua adalah salah satu lokasi wisata di Jakarta yang populer. Ada berbagai obyek wisata di daerah ini. Kamu bisa menjelajahi sejarah di Museum Fatahilah dengan biaya masuk yang hanya sebesar Rp.5.000 . Kamu juga bisa mengenal lebih dalam tentang salah satu seni kebanggan Indonesia yakni Wayang. Berlokasi di Tamansari, Jakarta Barat, Museum Wayang membuka pintunya untuk Rp.2.000 per pengunjung dewasa dan Rp.1.000 per pengunjung anak-anak. Objek wisata Jakarta edukatif lainnya yang berada di kota tua merupakan Museum Seni Rupa dan Keramik di Jakarta Barat. Perdalam pengetahuanmu dalam bidang seni dengan mengunjungi museum ini! Biaya tiket seharga Rp.3,000 per pengunjung dewasa.

  • Museum Tekstil
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: jktgo.com

Objek wisata yang terletak di Jakarta Barat ini menyediakan pelatihan membatik juga, lho! Yuk, kunjungi Museum Tekstil cukup dengan Rp.5.000 saja! Disini kamu bisa melihat berbagai kain tradisional Indonesia berikut sejarah dibaliknya.

  • Pulau Seribu
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: travelpulauseribu

Kunjungi Pulau Seribu cukup dengan menyeberang dari daerah Ancol. Nikmati pemandangan indah dari objek wisata Jakarta ini dengan orang-orang kesayanganmu hanya dengan Rp.35.000 (biaya menyeberang).

Baca juga : 7 Cara Backpacking Hemat Naik Kereta Keliling Jawa

  • Taman Suropati
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: tripadvisor

Mulai hidup sehat dengan berekreasi di Taman Suropati. Taman ini terletak di Menteng dan seringkali dijadikan sarana olahraga oleh warga Jakarta. Masuk taman ini bebas biaya, lho!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya
  • SeaWorld
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: infojalanjalan

Jelajahi dunia bawah laut bersama SeaWorld. Ajak orang-orang kesayanganmu untuk berekreasi edukatif hanya dengan biaya Rp.85.000 pada hari biasa dan Rp.100.000 untuk akhir minggu.

  • Ragunan
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Wikimedia

Bermain bersama satwa di Ragunan! Kunjungi objek wisata Jakarta ini dengan membeli tiket masuk seharga Rp.4.000 untuk pengunjung dewasa.

  • Jakarta Aquarium
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Jakarta Aquarium

Objek wisata Jakarta versi modern dari SeaWorld yang terletak di Mall NEO SOHO Jakarta Barat ini walaupun cenderung baru, sudah ramai pengunjung, lho! Yuk, kunjungi Jakarta Aquarium dengan harga Rp.175.000 per orang!

  • Wisata Alam Mangrove PIK
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Phinemo

Toppers, dengan mengunjungi objek wisata Jakarta alamiah satu ini, kamu turut mendukung pelestarian hutan mangrove yang semakin menipis, lho. Yuk, kunjungi Wisata Alam Mangrove PIK cukup dengan Rp.25,000 saja!

  • Pulau Onrust
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: terseram

Nikmati pemandangan alam Pulau Onrust sekaligus uji nyali di salah satu lokasi terangker di lingkup wisata Jakarta ini. Jelajahi 3 pulau (Onrust, Cipir, Kelor) hanya dengan mengeluarkan biaya Rp.89,000 per orang!

  • Cutie Cats Cafe
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: tempo

Bermain bersama kucing-kucing lucu di Cutie Cats Cafe Kemang! Pengunjung akan di-charge per jam di objek wisata Jakarta ini senilai Rp50.000 per jam di hari biasa dan Rp.75.000 di hari libur.

Baca juga: 5 Café dan Restoran Ternyaman di Jakarta Selatan

  • Taman Waduk Pluit
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: kompas

Taman Waduk Pluit pas banget untuk dijadikan lahan piknik untukmu dan keluarga! Selain itu, menggunakan sarana ini juga bebas biaya!

  • Monumen Nasional
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: wikipedia

Monumen paling terkenal di Jakarta ini pasti pernah kamu kunjungi ‘kan? Objek wisata Jakarta ikonik ini seru untuk berfoto dan naik delman. Untuk masuk ke Monumen Nasional, kamu hanya perlu bayar parkir dan masuk secara gratis.

  • Museum Satria Mandala
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: indonesiaexplorer

Terletak di Jalan Gatot Subroto, Museum Satria Mandala mendidik kita untuk mengenal lebih jauh sejarah militer Indonesia. Ayo kunjungi objek wisata Jakarta ini hanya dengan Rp.2.500 per tiket!

  • Planetarium
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: bataranews

Jelajahi antariksa dari Planetarium Jakarta! Berlokasi di Taman Ismail Marzuki, wisata edukatif Planetarium memiliki harga tiket Rp.12.000 per pengunjung dewasa dan Rp.7.000 per pengunjung anak-anak.

  • Museum Sumpah Pemuda
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: beritasatu

Berlokasi di Kwitang, Museum Sumpah Pemuda kaya dengan ilmu sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Harga tiket museum ini bernilai Rp.2.000 per pengunjung.

  • SnowBay Waterpark
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: snowbay

Bermain di waterpark bersama keluarga di SnowBay Ancol! Berbagai wahana air menunggumu di sini! Tiket masuk SnowBay Waterpark bernilai Rp.140.000 pada hari biasa dan Rp.180.000 untuk hari libur.

Baca juga: 7 Tempat Bulan Madu Romantis di Indonesia, Pengantin Baru Wajib ke Sini

  • EcoPark
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: dimedan

Taman EcoPark yang terkenal untuk trek joging dan bersepedanya bisa jadi pilihan rekreasi hari Minggu-mu. EcoPark menyediakan sewa sepeda senilai Rp.30.000 dan serangkaian aktivitas luar ruangan lainnya tersedia dalam harga terjangkau.

  • Taman Ismail Marzuki
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: wikimedia

Gandrungi dunia seni Indonesia di Taman Ismail Marzuki. Banyaknya pentas teater dan tari yang ditampilkan di gedung ini membuat TIM menjadi salah satu sarana pelestarian budaya seni Indonesia.

  • Museum Nasional Indonesia
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: wikipedia

Ayo, perkaya pengetahuan di Museum Nasional Indonesia! Berlokasi di Medan Merdeka Barat, Museum Nasional Indonesia menjual tiketnya dengan harga Rp.5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp.2.000 untuk anak-anak.

  • Museum Taman Prasasti
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Wikimedia

Objek wisata Jakarta yang dulunya pemakaman Belanda ini juga wajib kamu kunjungi! Harga tiket masuk bernilai Rp.5.000 per pengunjung.

  • Medan Merdeka
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Wikimedia

Lokasi di Jakarta yang kaya dengan objek wisata ini terletak bersebelahan dengan Monumen Nasional. Rumah dari bangunan-bangunan penting seperti kantor gubernur, Kedutaan AS, dan masih banyak lagi juga terletak di sini. Setiap hari Minggu, banyak warga Jakarta yang datang ke lokasi ini untuk joging sebelum menghadapi hari Senin.

  • Balai Kota Jakarta
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: kompas.com

Yuk, bertemu dengan gubernur Jakarta di Balai Kota! Objek wisata yang meningkat pengunjungnya dalam 2 tahun terakhir ini tidak dikenai biaya, namun tidak semua orang berkesempatan berjabat tangan dengan gubernur. Selain bertemu figur penting, ada juga tur Balai Kota yang sering digelar untuk menghibur pengunjung.

  • Monumen Pancasila Sakti
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: triptrus

Monumen yang memperingati tragedi lubang buaya ini pasti akan membangkitkan semangat patriotisme-mu. Kunjungi Monumen Pancasila Sakti dengan tiket masuk seharga Rp.2.500 per orang.

  • Museum Kebangkitan Nasional
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: tripadvisor.com

Satu lagi sarana edukatif untuk anak muda Indonesia. Museum Kebangkitan Nasional berlokasi di Jakarta Pusat dan menjual tiket masuk seharga Rp.2.000.

  • Gedung Joang ‘45
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Ini Jakarta

Museum yang dulunya berfungsi sebagai hotel ini merupakan salah satu peninggalan Bung Karno, lho! Ayo kunjungi museum Joang ‘45 hanya dengan harga tiket masuk Rp.2.000

  • Istana Merdeka
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: presiden RI

Tempat kediaman Presiden negeri kita berlokasi di Jalan Istana Merdeka, dan walaupun pengunjung hanya bisa menapakkan kaki di area tertentu, tetap seru dong pastinya mengunjungi bangunan bersejarah ini? Tour keliling Istana Merdeka bisa kamu coba dengan cara gabung program ISTURA.Pasti penasaran ‘kan bagaimana isi “rumah” presiden Indonesia ini?

  • Kalijodo
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: The Jakarta Post

Meskipun dulu tak terawat, kini ruang terbuka Kalijodo menjadi destinasi wisata di Jakarta yang seru buat dikunjungi, lho. Taman Kalijodo ini seru untuk dijadikan tempat tongkrongan anak muda, khususnya kamu yang suka bermain skateboard. Nggak perlu biaya mahal dan pergi jauh-jauh, sudah bisa me-refresh pikiranmu dengan berwisata ke Kalijodo.

  • Masjid Istiqlal
lokasi wisata di jakarta

Sumber gambar: Wikimedia

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Jakarta, bahkan di Indonesia. Masjid Istiqlal yang kaya akan sejarah dan kemegahan arsitekturnya merupakan salah satu lokasi wisata di Jakarta yang bisa jadi alternatif refreshing-mu

Baca juga: 9 Destinasi Wisata di Kota Malang yang Memberi Sensasi Berbeda

Nah, terbukti kan kalau jalan-jalan di Jakarta itu sama serunya dengan berkelana ke luar kota? Selain berjarak dekat, objek wisata Jakarta juga sering kali berbau edukatif dan mengajak pengunjungnya untuk bermain sekaligus belajar. Apa Toppers punya saran tempat wisata Jakarta lainnya? Nah, untuk yang suka traveling, yuk temukan berbagai kebutuhan traveling mulai dari koper, backpack, hingga tiket kereta api di Tokopedia! Karena Traveling seru dimulai dari Tokopedia.

tiket kereta api

Bagikan Artikel