• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

13 Jenis Biji Kopi Paling Lezat di Dunia

Share

13 Jenis Biji Kopi Paling Lezat di Dunia

Bukan hanya robusta dan arabika, berikut ini 13 jenis biji kopi yang paling lezat dan terkenal di dunia. Pecinta kopi wajib tahu!


Kopi merupakan minuman nikmat yang berasal dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk.

Di dunia ini, dua varietas pohon kopi yang paling terkenal adalah kopi Robusta dan kopi arabika.

Tapi, sebenarnya, macam-macam kopi di dunia sangat banyak jenisnya. Nah, bagi kamu yang memang penggemar kopi atau pengusaha minuman berbahan kopi, berikut ini 13 jenis kopi di dunia yang paling lezat.

Macam-Macam Kopi di Dunia

1. Kopi Arabika

jenis jenis Kopi Arabika
Sumber gambar: Pixabay

Kopi Arabika adalah salah satu kopi yang populer di dunia. Jenis kopi ini hampir bisa di temui di seluruh dunia, Toppers. 

Tidak heran kalau jenis kopi ini menguasai pasar hingga 80% dari jumlah kopi yang beredar di pasaran. Menurut para pecinta kopi, cita rasa yang dihasilkan Kopi Arabika ini yang paling nikmat.

Baca juga: 6 TEKNIK MERACIK KOPI YANG BISA DIPELAJARI DI SEKOLAH BARISTA

2. Kopi Robusta

jenis jenis kopi di dunia
Sumber gambar: 8villages

Jenis kopi yang satu ini juga populer di dunia. Kopi ini bisa tumbuh tidak hanya di daerah yang sejuk, tetapi juga bisa tumbuh di daerah yang panas.

Cita rasa yang dihasilkan Kopi Robusta adalah pahit dan sedikit asam. Jadi, buat kamu yang suka dengan kopi yang pahit, cocok banget sama jenis kopi yang satu ini!

kopi robusta
Mau kopi yang lebih berasa dan melawan rasa kantuk? Temukan kopi arabika dengan kualitas terjamin di sini!

3. Kopi Catimor

macam-macam kopi: kopi catimor
Sumber gambar: twitter @OilSlickCoffee

Kopi Catimor merupakan persilangan dari Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Uniknya, dari segi bentuk, kopi ini menyerupai dengan Kopi Arabika, dari segi rasa, kopi ini menyerupai Kopi Robusta.

4. Kopi Liberika

jenis kopi terbaik liberika
Sumber gambar: casaliberica

Apa kamu masih asing dengan jenis kopi yang satu ini? Kopi Liberika merupakan perpaduan dari biji Kopi Arabika dan Kopi Robusta. Jenis kopi ini berasal dari Liberia dan Afrika.

Untuk menikmati cita rasanya, Kopi Liberika terasa lebih nikmat saat diolah menjadi espresso atau latte.

5. Kopi Kolombia

macam macam kopi arabica liberica
Sumber gambar: thekraftcoffeeshop

Kopi Kolombia ini masuk ke dalam jenis Kopi Arabika. Tetapi, kopi ini hanya dikembangkan di Kolombia.

Rasanya juga lebih nikmat dari Kopi Arabika biasa, Toppers. Di beberapa negara, harga jenis kopi yang satu ini juga lebih mahal.

6. Kopi Gayo

macam macam kopi enak Kopi Gayo
Sumber gambar: Pixabay

Dari namanya saja, tentu kamu sudah tahu kalau kopi ini berasal dari Tanah Gayo, Aceh. Aromanya yang harum dan rasanya yang gurih, cita rasanya kelas dunia!

Kopi ini berasal dari pohon kopi yang ditanam di dataran tinggi. Kopi asal Indonesia ini populer di beberapa negara, loh, seperti Amerika Serikat dan Eropa.

7. Kopi Jamaika

biji kopi jamaika
Sumber gambar: hormozi

Di Benua Amerika lainnya, negara penghasil kopi sendiri adalah Jamaika. Kopi Jamaika punya kopi populer yang bernama Jamaica Blue Mountain.

Kopi ini terasa ringan, tidak pahit, dan terasa seperti krim. Kopi Jamaika ini punya rasa kelas premium yang membuat harganya juga mahal.

Kopi Aceh Gayo
Temukan salah satu kopi terbaik di dunia produksi lokal dengan harga termurah di sini!

8. Kopi Excelsa

jenis kopi terbaik Excelsa
Sumber gambar: fairtradecommodities

Umumnya, pohon kopi tumbuh di dataran tinggi yang sejuk. Tetapi, jenis kopi yang satu ini bisa tumbuh di beberapa jenis lahan seperti gambut dan dataran rendah, loh!

Cita rasa dan aroma yang dimiliki Kopi Excelsa sangat kuat dan dominan pahit. Pohon kopi yang satu ini juga mudah beradaptasi dengan iklim.

9. Kopi Toraja

macam macam kopi terbaik: kopi toraja
Sumber gambar: faizalnizbah.blogspot

Jenis kopi yang satu ini juga berasal dari Indonesia, tepatnya Tanah Toraja, Sulawesi. Cita rasa yang dimiliki kopi ini adalah beri dan rempah. 

Aromanya didominasi rempah dan kayu manis, Toppers. Setelah menikmati Kopi Toraja ini, aftertaste yang bisa kamu rasakan adalah rasa dark chocolate.

10. Kopi Gesha

jenis kopi dan macam macam kopi di dunia
Sumber gambar: originroasting

Kopi Gesha adalah varian kopi yang sangat unik dan menarik, Toppers. Menurut para pecinta kopi jenis kopi yang satu ini memiliki cita rasa yang super dan luar biasa.

Kopi ini menghasilkan aroma jasmine dengan rasa buah-buahan seperti blueberry. Mangga, pepaya, dan jeruk.

Baca juga: PERBEDAAN KOPI ARABIKA DAN KOPI ROBUSTA

11. Kopi Luwak

macam macam kopi: Kopi Luwak
Sumber gambar: Coffindo

Tidak hanya terkenal di Indonesia, kopi luwak juga terkenal di dunia, Toppers! Jenis kopi yang satu ini punya harga jual yang tinggi karena proses pembuatannya yang tidak mudah.

Kopi Luwak berasal dari biji kopi yang dikonsumsi oleh Luwak. Kotoran luwak yang mengandung biji kopi inilah yang kemudian diolah.

12. Kopi Catuai

jenis kopi di dunia: kpi catuai
Sumber gambar: cropster hub

Kopi ini memiliki unsur dari Kopi Robusta. Tingkat keasaman kopi ini tidak terlalu tinggi, Toppers. Meskipun pahit, kopi ini memiliki cita rasa rempah dan buah yang kental.

Selain di Indonesia, Kopi Catuai ini bisa ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. 

13. Kopi Pacamara

Untuk para penikmat kopi, Kopi Pacamara ini memiliki cita rasa yang luar bisa. Jenis kopi yang satu ini punya karakter rasa yang unik, seperti manis coklat, butterscotch, dan sweet citrus.

Baca juga: 12 COFFEE MAKER TERBAIK UNTUK MEMBUAT KOPI ENAK DI RUMAH

Nah, itu dia 13 jenis kopi di dunia. Keunikannya berasal dari keragaman cita rasa dan wangi yang dihasilkan saat kopi diseduh.

Buat kamu para pecinta kopi, tidak ada salahnya, nih, mencicipi satu per satu jenis kopi yang ada di dunia biar kamu tahu keunikan dari masing-masing kopi.

Kopi Toraja
Salah satu favorit para penggemar kopi di dunia ini bisa kamu temukan dengan lebih praktis di sini!

Penulis: Felly Eliza Putri

© 2009-2024, PT Tokopedia