Warna Merah Identik dengan Perayaan Tahun Baru Imlek? Ini Penjelasannya!

0
216
Warna Merah

Perayaan tahun baru Imlek, selalu identik dengan warna merah. Mulai dari pakaian hingga dekorasi. Tapi, sebenarnya apa makna warna merah di hari Imlek? Simak penjelasannya!


Arti Warna Merah – Tahun Baru Imlek merupakan perayaan hari raya yang biasa dirakayan oleh orang-orang Tiongkok di negara-negara Asia. Di setiap negara, perayaan ini memiliki nama yang berbeda, Chūnjié di Tiongkok, Tahun Baru Imlek di Indonesia, Tet di Vietnam, Seollal di Korea, dan Losar di Tibet. 

Perayaan ini dirayakan pada bulan pertama kalender lunar. Lalu, kenapa disebut sebagai festival musim semi? Ini karena Tahun Baru Imlek dimulai di awal musim semi. Oleh sebab itu, perayaan ini juga dianggap sebagai perayaan untuk memulai hidup yang baru.

Perayaan Tahun Baru Imlek selalu identik dengan kumpul bersama keluarga. Tidak lupa juga lampion, amplop angpao, hingga pernak-pernik berwarna merah dan emas. Namun, tahukah kamu kenapa perayaan Tahun Baru Imlek identik sekali dengan kedua warna tersebut? 

Warna emas dalam perayaan Tahun Baru Imlek melambangkan kekayaan. Sedangkan warna merah dipercaya oleh orang-orang Tionghoa sebagai warna keberuntungan yang dapat membawa rejeki bagi semua orang.

Oleh karena itu warna merah dan emas sering digunakan dalam setiap aspek perayaan Tahun Baru Imlek. Orang-orang Tionghoa berharap Tahun Baru mereka akan diberkati dengan keberuntungan dan kekayaan.

baca juga: Brand Fashion Imlek Lokal Terbaik yang Sempurnakan Gayamu!

Arti Warna Merah Bagi Kaum Tiongkok

Arti Warna Merah Bagi Kaum Tiongkok-780x480
Sumber: Forbes

Bagi orang-orang non-Tionghoa, merah sering kali dilambangkan sebagai darah dan keberanian. Namun ini berbeda dengan kaum Tiongkok. 

Warna merah bagi orang-orang Tionghoa melambangkan keberuntungan, kegembiraan, dan kebahagiaan. Arti dari warna merah ini diambil berdasarkan legenda Tiongkok yang sudah dipercaya selama berabad-abad lho, Toppers.

1. Legenda Kaisar Merah

Legenda Kaisar Merah-780x480
Sumber: Forbes

Kaisar Yan Di atau biasa disebut Kaisar Merah/Api merupakan satu dari lima dewa mitologi Tiongkok Kuno yang legendaris. Dia juga sering disebut sebagai orang yang sama dengan pahlawan budaya Shen Nong. 

Menurut teori Kosmologis dalam buku Huainanzi, Kaisar Merah adalah dewa yang berasal dari wilayah selatan Tiongkok. Ia disebut sebagai Kaisar Merah karena melambangkan elemen api dan musim panas.

Untuk itu, orang-orang Tionghoa memutuskan untuk menghormati warna merah. Merah juga dilambangkan sebagai otoritas dan hak istimewa.

baca juga: Ide Parcel Imlek yang Berkesan untuk Keluarga & Kerabat

2. Legenda Nian

Legenda Nian
Sumber: Unsplash

Apabila warna emas mudah diartikan sebagai kekayaan karena identik dengan perhiasan dan logam mulia. Namun, bagaimana bisa warna merah diartikan sebagai keberuntungan?

Kepercayaan ini berasal dari legenda Tiongkok yang mengisahkan tentang monster jahat yang disebut Nian. Menurut legenda, monster Nian takut pada warna merah. Oleh sebab itu, warna merah digunakan oleh penduduk Tiongkok untuk mengusir Nian dari desa.

Menurut legenda, Nian adalah banteng berkepala singa yang akan turun dari gunung atau muncul dari laut pada saat Tahun Baru Imlek. Nian akan meneror penduduk desa pada malam Tahun Baru, memakan tanaman, hewan ternak, dan bahkan anak-anak.

Namun penduduk desa mengetahui bahwa Nian takut pada tiga hal, yaitu api, kebisingan dan warna merah. Untuk itu, orang-orang Tiongkok akan meletakkan kertas merah dengan pesan (JianZhi) di sekitar rumah mereka guna mengusir Nian dari desa.

Sejak saat itu, warna merah dianggap sebagai warna keberuntungan karena telah berhasil mengusir monster jahat dari desa. Orang-orang Tionghoa juga percaya bahwa menyalakan kembang api pada malam Tahun Baru akan membantu mereka untuk mengusir roh jahat.

Kemudian pada Hari Tahun Baru orang-orang Tionghoa akan saling menyapa dan mengucapkan “Gong Xi Fa Cai” yang artinya selamat dan sejahtera. Selamat karena telah berhasil mengusir roh jahat dan semoga sejahtera.

baca juga: Lagu Imlek Pilihan untuk Diputar Tahun 2021


Nah, itu dia arti warna merah bagi orang-orang Tionghoa dan alasan mengapa warna merah identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek. Sekarang Toppers sudah tahu kan apa arti warna merah bagi kaum Tiongkok?

Sampai saat ini, orang-orang Tionghoa masih melakukan tradisi yang dipercaya dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan lho, Toppers. Mereka akan memasang pernak-pernik berwarna merah atau mengoleskan cat merah baru pada pintu dan jendela rumah sebelum pergantian Tahun Baru. 

Untuk kamu yang juga merayakan Tahun Baru Imlek, kamu bisa membeli berbagai kebutuhan dan dekorasi Imlek dengan mudah di Tokopedia, lho. Mulai dari lampion, amplop angpao, sampai cheongsam cantik untuk menemani Tahun Baru Imlek kamu!

kisah_kasih_banner
Kisah kasih Februari di Tokopedia! Temukan promo Valentine dan Imlek di bulan kasih sayang. Dapatkan juga Bebas Ongkir-nya!

Penulis: Nyimas Pamela