• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

11 Manfaat Buah Persik atau Peach, ‘Si Manis-Lembut’ Berkhasiat

01 November 2022

Share

11 Manfaat Buah Persik atau Peach, ‘Si Manis-Lembut’ Berkhasiat

Tak hanya harum, manis dan tekstur lembut, manfaat buah persik atau peach untuk kesehatan juga ‘semanis’ rasanya.

Buah peach atau juga dikenal dengan nama buah persik cukup populer di Indonesia maupun di seluruh dunia. Yang membuatnya terkenal terutama harum, rasa manis dan kelembutan dagingnya.

Tapi, ada hal tersembunyi yang tersimpan di balik semua itu. Ya, buah persik tak hanya manis di lidah. Tapi memberikan manfaat yang ‘manis’ untuk kesehatan tubuh kita berkat kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tak heran, jika begitu banyak produk minuman pelepas dahaga di pasaran yang bisa kamu temukan dengan varian buah dari keluarga mawar-mawaran ini.

Selezat itukah rasa dan khasiatnya bagi tubuh? Apa yang membuatnya ‘sehebat’ itu?

Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan serta Kandungan di Dalamnya

Kandungan Buah Persik

buah persik

Sumber Gambar: Pixabay

Buah yang telah ditemukan di China sejak ribuan tahun lalu ini kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut nutrisi yang terkandung di dalam 150 gram buah peach:

  • Kalori: 58
  • Protein: 1 gram (g)
  • Lemak: kurang dari 1 g
  • Karbohidrat: 14 g
  • Serat: 2 g
  • Vitamin C: 17% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin A: 10% AKG
  • Potasium: 8% AKG
  • Niacin: 6% AKG
  • Vitamin E: 5% AKG
  • Vitamin K: 5% AKG
  • Copper: 5% AKG
  • Mangan: 5% AKG

Manfaat Buah Persik

buah persik

Sumber Gambar: Yangon Life

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, buah yang di Jepang dikenal dengan nama momo ini bisa jadi andalan kamu untuk menerapkan diet dan pola hidup sehat setiap hari.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi buah persik secara rutin secara signifikan mampu mendukung kesehatan jantung dan menghindari risiko penyakit yang sering menyerang organ penting ini.

Persik efektif dalam menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat.

2. Membasmi Kolesterol

Kandungan nutrisi dalam persik mampu membantu mengikat asam empedu, senyawa yang diproduksi hati dari kolesterol.

Dengan begitu, asam empedu terikat bersama dengan kolesterol yang dikandungnya. Lalu dikeluarkan melalui kotoran, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

3. Mendukung Bakteri Baik di Pencernaan

Serat yang dimiliki oleh buah ini berfungsi sebagai makanan menguntungkan bagi bakteri baik yang ada di usus kita.

Makhluk mikroskopik ini kemudian akan menghasilkan asam lemak seperti asetat, propionat, dan butirat yang menutrisi sel-sel usus menjadi lebih sehat.

Asam lemak rantai pendek tersebut juga dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan pencernaan.

4. Mengatasi Sembelit

Persik memang merupakan salah satu buah terbaik untuk mendukung kesehatan saluran cerna.

Selain mendukung bakteri baik, serat yang terkandung pada peach berperan ‘mendorong’ tinja dan membantu memindahkan makanan melalui usus. Sehingga mengurangi kemungkinan sembelit.

Senyawa dalam buah berdaging lembut ini juga diketahui efektif meningkatkan kekuatan dan frekuensi kontraksi usus, yang membantu menjaga ritme yang tepat untuk melancarkan pencernaan makanan.

5. Mencegah Kanker Kulit

Seperti kebanyakan buah-buahan yang kaya nutrisi, buah persik memiliki kandungan bermanfaat yang dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Secara khusus, kulit dan daging buah persik kaya akan karotenoid dan asam caffeic, dua jenis antioksidan yang ditemukan memiliki sifat antikanker.

Senyawa dalam persik dapat membatasi pertumbuhan tumor kulit non-kanker dan mencegahnya berubah menjadi kanker.

alat pemotong buah

Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan, Si ‘Genit’ yang Kaya Gizi

6. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Buah persik kaya akan polifenol, kategori antioksidan yang terbukti mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker.

Polifenol persik diketahui memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker tanpa menyebabkan kerusakan pada sel yang sehat.

Dengan mengonsumsi dua hingga tiga buah persik sehari, studi menunjukkan jumlah kandungan polifenol sangat efektif mencegah kanker payudara tumbuh dan menyebar.

Penelitian juga menyebut bahwa wanita pascamenopause yang mengonsumsi setidaknya dua buah persik setiap hari memiliki risiko 41% lebih rendah terkena kanker payudara.

7. Menangkal Alergi

Zat yang terkandung dalam persik dapat membantu mengurangi gejala alergi.

Ketika tubuh terpapar alergen (pemicu alergi), histamin akan dilepaskan, atau bahan kimia yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu menghilangkan alergen tersebut.

Histamin adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh dan memicu gejala alergi seperti bersin, gatal, atau batuk.

Penelitian menunjukkan bahwa buah persik dapat membantu mengurangi gejala alergi dengan mencegah pelepasan histamin dalam darah dan menghindari peradangan.

8. Baik untuk Kesehatan Mata

Persik kaya akan kandungan beta karoten yang melindungi mata dari bahaya radikal bebas dan menjaga fungsinya untuk tetap normal.

9. Memperkuat Gigi

Kandungan mineral, yakni zat besi dan fluoride yang melimpah pada buah dari famili Rosaceae ini berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang.

10. Mendukung Kinerja Ginjal

Selain bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan pencernaan, persik juga berfungsi dalam menjaga kesehatan sistem ekskresi dengan mengoptimalkan kinerja ginjal.

Dengan dukungan zat yang terkandung dalam persik, ginjal pun menjadi lebih sehat dan mencegah penyakit berbahaya yang sering menyerang organ utama dari sistem ekskresi manusia ini.

11. Meringankan Penyakit Rematik

Rasa sakit yang diakibatkan oleh peradangan dan pembengkakan pada sendi bagi penderita penyakit rematik atau rheumatoid arthritis tentu sangat menyiksa.

Dengan rutin mengonsumsi buah persik, rasa sakit tersebut bisa lebih dikurangi secara signifikan.

Baca Juga: Manfaat Buah Plum, Diet Sehat Alami Paling Aman!

Di balik lembut dagingnya, rasa manisnya serta harum wanginya, ternyata buah persik atau peach menyimpan khasiat mengagumkan untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit berbahaya yang bisa berakibat fatal.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan dan tetap sehat di usia tua, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah persik dan buah-buahan lainnya, serta jangan lupa untuk rajin berolahraga.

buah-buahan

Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

© 2009-2024, PT Tokopedia