• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

16 Khasiat & Manfaat Susu Kambing Etawa, Gurih dan Penuh Nutrisi

26 August 2022

Share

16 Khasiat & Manfaat Susu Kambing Etawa, Gurih dan Penuh Nutrisi

Lancarkan produksi ASI, tingkatkan kecerdasan anak hingga dukung diet. Ini manfaat susu kambing etawa yang penuh nutrisi!


Terdapat beberapa jenis susu, antara lain sapi, kambing, dan susu nabati seperti susu almond dan juga susu kedelai. Semua jenis susu memiliki manfaatnya masing-masing, tetapi belakangan ini yang mulai digemari oleh masyarakat adalah susu kambing.

Hal yang membedakan susu kambing dari jenis susu lainnya adalah rasa dan kandungan yang dipercaya lebih berkhasiat untuk kesehatan dan berbagai macam hal lainnya. Susu kambing memiliki ciri-ciri khas tekstur yang encer dan lemak yang lebih rendah dibandingkan susu mamalia lainnya.

Nah, selain susu kambing biasa, ternyata terdapat juga susu kambing etawa. Susu kambing ini diambil dari jenis kambing etawa yang merupakan hasil persilangan antara kambing lokal Indonesia dan kambing Jamnapari dari India.

Di dunia peternakan kambing, etawa sudah sangat terkenal dengan kualitasnya. Bahkan, jika dirawat dengan benar, kambing ini bisa dijual dengan harga sampai ratusan juta rupiah. Karena, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari susu kambing etawa ini.

Baca Juga: Merk Susu Kambing Etawa Terbaik yang Gurih dan Bernutrisi

Deretan Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Tubuh

Memiliki kandungan fosfor, kalsium, sodium, dan flourin di dalamnya, susu kambing etawa hadir sebagai alternatif susu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bahkan kecantikan. Berikut 13 manfaat susu kambing etawa bagi tubuh:

1. Memperkuat Tulang

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Tubuh

Sumber Gambar: iStock

Layaknya susu sapi, suus kambing etawa memiliki kalsium tinggi yang berperan baik bagi siapa yang mengonsumsinya. Manfaat ini bukan hanya berlaku untuk anak yang ada di masa pertumbuhan tulang dan gigi, Toppers! Faktanya, kalsium dan fosfor pada susu kambing otawa juga efektif mencegah pengeroposan tulang. 

Jadi, para lansia juga direkomendasikan untuk minum susu kambing etawa.

2. Menjadi Solusi Inflamasi

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Tubuh

Sumber Gambar: Healthline

Punya masalah yang berhubungan dengan peradangan atau inflamasi? Susu kambing etawa siap membantumu. DEngan kandungan mikrobiota di dalamnya, susu kaming etawa bermanfaat meningkatkan imun tubuh sehingga dapat meredakan radang dengan efektif.

3. Mengoptimalkan Sistem Pencernaan

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Tubuh

Sumber Gambar: Daily Herald

Tahukah kamu, kalau protein dan kalsium dalam susu kambing etawa lebih tinggi dari susu sapi? Bukan hanya itu, susu sapi etawa juga memiliki kandungan karbohidrat prebiotik oligosaccharides yang ada juga dalam susu manusia.

Kedua kualitas ini membuat susu kambing etawa masuk dalam golongan susu kaya nutrisi yang sangat direkomendasikan. Dalam hal pencernaan, karbohidrat prebiotik dalam susu kambing etawa mampu mendukung perkembangan bakteri baik.

4. Melancarkan Produksi ASI

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Tubuh

Sumber Gambar: UCSF Benioff CHildren Hospital

Kandungan kalsium dalam susu kambing etawa mencapai 6 kali lipat lebih banyak dibanding susu sapi biasa. Nah, kandungan kalsium ini merupakan asupan yang sangat penting bagi ibu hamil dan sedang menyusui.

Dalam masa pembentukkan janin kalsium sangat dibutuhkan, apalagi memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Selain itu, susu kambing etawa juga dipercaya dapat melancarkan produksi air susu ibu (ASI). Untuk ibu hamil atau sedang dalam proses menyusui, susu kambing etawa bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk ibu dan juga janin dalam kandungan. 

5. Meningkatkan Kecerdasan Anak

manfaat susu kambing etawa

Sumber Gambar: Time

Selain baik untuk pembentukan tulang janin, susu kambing ternyata juga bisa membantu perkembangan kecerdasan dan daya ingat anak. Susu kambing etawa mengandung Riboflavin (vitamin B2) dan vitamin B3 yang dipercaya dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak serta saraf.

Tak hanya untuk anak-anak, kandungan dalam susu kambing etawa ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan sel otak pada janin.

6. Mencegah dan Mengatasi Stres

manfaat susu kambing etawa

Sumber Gambar: TallyPress

Jika diminum dalam keadaan hangat, susu kambing etawa dapat menenangkan tubuh dan menghilangkan stres atau penat yang sedang dirasakan. Susu kambing etawa juga mengandung zinc dan magnesium yang dapat memperkuat jaringan saraf.

Sehingga jika meminum susu ini secara rutin, kamu bisa terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan saraf.

Baca Juga: Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Panu
susu kambing

Mau minum susu kambing dengan rasa enak dan pasti kaya vitamin yang baik untuk tubuh kamu? Pesan aja langsung Susu Kambing berkualitas di Tokopedia!

7. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Tubuh

Sumber Gambar: Academie Saint-BErnard

Kalium dalam susu kambing etawa dapat menetralkan tensi darah, sehingga secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung. Jika sirkulasi darah lancar dan kesehatan jantung terjaga, niscaya tubuh dapat terhindar dari potensi terkena penyakit stroke.

Hal ini bisa dicapai jika diseimbangi dengan gaya hidup sehat juga ya, Toppers.

8. Mengobati Penyakit Pernapasan

manfaat susu kambing etawa

Sumber Gambar: Dr. Weil

Dalam dunia pengobatan alternatif, susu kambing etawa dikenal dengan kemampuannya untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan seperti asma, tuberkulosis (TBC), bahkan flek paru-paru.

Hal ini dikarenakan kandungan flourin dan betakasein dalam susu kambing etawa merupakan zat-zat yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.

9. Perawatan Kecantikan

khasiat susu kambing etawa

Sumber Gambar: Dr. Axe

Nah, tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh, susu kambing etawa juga bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit. Susu kambing termasuk ke dalam bahan yang mudah diserap oleh kulit, sehingga banyak produk kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utamanya. Susu kambing etawa sangat kaya akan kandungan yang dapat menyehatkan kulit, seperti asam laktat untuk regenerasi kulit mati, vitamin C, vitamin B, niacin, dan thiamin.

10. Meningkatkan Antibodi

khasiat susu kambing etawa

Sumber Gambar: Technology Networks

Kandungan flourin tidak hanya dapat mengobati penyakit saluran pernafasan, ternyata zat ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Pada susu kambing etawa, kandungan flourinnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi—bisa mencapai 10 kali lipatnya. Untuk kamu yang sedang dalam masa penyembuhan dan ingin mengembalikan kekebalan tubuh seperti sebelum jatuh sakit, susu kambing etawa bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

11. Bisa Digunakan untuk Diet

khasiat susu kambing etawa

Sumber Gambar: Stylecraze

Karena baik untuk pencernaan, susu kambing etawa cocok dimasukkan ke dalam daftar makanan atau minuman yang bisa kamu konsumsi ketika sedang diet. Kandungan lemak dan proteinnya dapat dicerna lambung, serta membakar lemak dengan cepat.

Selain itu, susu kambing etawa juga dapat memuaskan rasa lapar, sehingga dapat digunakan untuk “memenuhi” perut agar tidak sering-sering mengudap. Dianjurkan untuk meminum susu ini setelah selesai makan, agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

12. Menyehatkan Lambung

Manfaat Susu Kambing Etawa bagi Tubuh

Sumber Gambar: Katadata

Susu kambing etawa dapat menetralkan asam lambung dan mencegah datangnya penyakit maag dengan kandungan mineral alkaline di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, susu kambing ini dapat dicerna dengan mudah oleh lambung.

13. Baik untuk Pencegahan dan Pengobatan Diabetes

khasiat susu kambing etawa

Sumber Gambar: NIH MedlinePlus Magazine

Terakhir adalah manfaat susu kambing etawa untuk penderita diabetes atau orang-orang yang berpotensi terkena penyakit ini. Susu ini mengandung A2-Betakasein dan asam amino esensial yang dapat membantu proses pembentukan insulin yang sangat berguna untuk orang yang mengidap diabetes.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, penderita diabetes disarankan untuk meminum susu kambing etawa yang murni dari peternakan—tanpa pemanis buatan dan bahan tambahan lain.

14. Menurunkan Tekanan Darah

seseorang sedang mencoba untuk tensi darah

Sumber Gambar: Omronhealthcare

Tekanan darah kamu tinggi? Toppers dapat menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi susu kambing etawa. Susu ini memiliki kalsium dan vitamin D yang membantu tekanan darah agar tetap stabil.

Bagian ini memang belum bisa dijadikan acuan karena bukti ilmiah masih terbatas. Namun kandungan kalsium memang dapat mempengaruhi pembuluh darah untuk menyempit, sehingga tekanan darah yang tinggi bisa turun.

15. Menambah Kekuatan Otot

seorang pria sedang berolahraga di gym

Sumber Gambar: Unsplash

Susu kambing Etawa memiliki kandungan yang baik untuk menambah kekuatan otot dengan kandungan proteinnya. Dengan mengonsumsi susu etawa secara rutin, kamu akan mendapati otot yang lebih sehat dan kuat.

Untuk meningkatkan massa otot, tak hanya melalui susu, Toppers juga harus melakukan olahraga dan dengan diet yang bijak.

16. Pandangan Mata Jadi Lebih Tajam

mata biru bercahaya

Sumber Gambar: Unsplash

Susu etawa memiliki vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ini karena, ada 25 persen asupan beta-karoten atau cikal bakal vitamin A yang ada dalam susu kambing Etawa.

Selain mampu mempertajam pandangan mata, susu ini dapat mencegah Toppers dari risiko rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea, bahkan kebutaan.

Baca Juga: Susu Peninggi Badan Terbaik Berkalsium Tinggi untuk Anak & Remaja

Itu dia manfaat susu kambing etawa yang bisa kamu dapatkan. Dari beberapa manfaat tersebut, dapat dilihat bahwa susu kambing etawa sangat bermanfaat perihal kesehatan tubuh dan juga kulit.

Minum susu kambing etawa secara rutin agar khasiatnya dapat terasa dan tubuh jadi lebih sehat!

makanan sehat

Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Penulis: Humaira Aliya & Amanda R. Putri

© 2009-2024, PT Tokopedia