• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Apa itu Menstrual Cup? Ini Dia Penjelasannya!

Share

Apa itu Menstrual Cup? Ini Dia Penjelasannya!

Kini hadir menstrual cup yang dapat menjagamu disaat sedang datang bulan. Namun, banyak yang belum mengetahui manfaat sebenarnya dan cara kerjanya. Simak penjelasannya berikut!


Menstrual Cup – Selain menggunakan pembalut dan tampon, kini terdapat produk lain sebagai wadah atau penampung menstruasi. Menstrual cup adalah produk lain yang dijadikan sebagai cangkir menstruasi dengan banyak kelebihan, namun ada juga kekurangannya.

Mungkin, sebagai masyarakat Indonesia masih belum familiar atau terbiasa dengan istilah menstrual cup ini. Untuk ketahui lebih lanjut, berikut kita simak penjelasannya

Sumber: MedVisit

Apa Itu Menstrual Cup?

Menstrual cup adalah produk sebagai pengganti pembalut yang memiliki bentuk corong dan terbuat dari silikon atau karet. Berbeda dengan pembalut atau tampon, menstrual cup hanya berfungsi menampung darah menstruasi, bukan berfungsi untuk menyerapnya.

Kelebihan Menstrual Cup

Sumber: Pixabay

1. Tahan Lama

Produk ramah lingkungan yang dapat dipakai kembali setelah dicuci. Daya tahannya pada menstrual cup pun cukup lama, 6 bulan hingga 10 tahun, tergantung jenisnya dan perawatannya.

2. Kapasitas Besar

Menstrual cup memiliki kemampuan menampung darah hingga -+ 40 ml. Kapasitas ini lebih ebsar dibandingkan metode lain seperti pembalut atau tampon. Oleh karena itu, menstrual cup bisa tahan lebih lama, sekitar 6-12 jam..

3. Tidak Menimbulkan Bau

Menstrual cup membuat darah haid kamu tidak terpapar oleh udara, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan bau darah haid.

BACA JUGA: Perbedaan Pembalut dan Panty Liner yang Perlu Diketahui

4. Menjaga pH dan Bakteri Baik di Vagina

Karena cara kerja dari menstrual cup ini hanya sebagai penampung darah, maka tidak mengganggu keseimbangan pH dan bakteri pada vagina. Berbeda halnya dengan penggunaan tampon yang akan menyerap darah menstruasi dan cairan pada vagina. Sehingga dapat mengganggu pH dan bakteri di vagina.

5. Lebih Aman

Menggunakan menstrual cup akan mengurangi adanya resiko infeksi bakteri. Selain itu, juga lebih aman karena tidak menyebabkan ruam atau lecet yang biasa timbul saat menggunakan pembalut.

kupon thr tokopedia
Bagikan kupon THR dan dapatkan cashback hingga Rp 1 juta!

Kekurangan Menstrual Cup

Sumber: Flowcup

1. Sulit untuk Digunakan

Dalam proses memasukkan dan mengeluarkan menstrual cup bisa menyulitkan untukmu. Untuk kamu yang belum terbiasa juga bisa tidak nyaman. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali mencoba atau yang belum pernah berhubungan intim.

2. Perlu Menemukan Ukuran yang Cocok

Pembalut juga memiliki beberapa ukuran, tetap berbeda dengan ini. Menstrual cup juga tersedia dalam berbagai ukuran, namun benar-benar perlu lebih teliti agar saat pemakaian lebih nyaman. Mungkin kamu juga perlu mencoba beberapa ukuran menstrual cup terlebih dahulu.

3. Cenderung Lebih Berantakan

Saat dalam proses mencabut menstrual cup bisa membuat darah menstruasi terciprat dan tercecer, bila tidak dilakukan secara hati-hati.

4. Kemungkinan Menimbulkan Alergi

Kamu perlu memperhatikan bahannya, ada beberapa yang terbuat dari bahan lateks. Sehingga beberapa orang yang alergi terhadap bahan tersebut harus lebih berhati-hati. Untuk itu, kamu bisa memilih bahan menstrual cup dari silikon.

BACA JUGA: Cara Mengetahui dan Memperlancar Siklus Menstruasi

5. Butuh Perawatan Ekstra

Agar kuman dan bakteri jahat tidak mengendap, kamu perlu mencuci secara bersih total sehabis digunakan. Cara membersihkan menstrual cup ini juga perlu disterilisasi, seperti direbus dengan air mendidih setiap bulannya. Jika kamu tidak merawatnya secara benar dan rutin, bisa menyebabkan risiko berbahaya, seperti iritasi dan infeksi pada area kewanitaan.

promo bebas ongkir tokopedia
Nikmati promo Bebas Ongkir Tokopedia, biar belanja makin hemat!

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan menstrual cup serta pengertiannya, kamu pasti sudah lebih memahaminya. Memilih menstrual cup memang perlu berhati-hati dan teliti, sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Menstrual cup adalah cara baru untuk kamu mengatasi dan menampung menstruasi. Tidak perlu keluar rumah, kamu sudah bisa dapatkannya di Tokopedia! Belanja online lebih mudah, hemat, dan cepat di Tokopedia!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia