Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mengenal Mie Soba, Makanan Khas Jepang yang Populer!

27 January 2022
Share
Mengenal Mie Soba, Makanan Khas Jepang yang Populer!

Makanan khas Jepang, mie soba adalah salah satu makanan yang sudah mendunia! Ini dia berbagai fakta dan juga jenis-jenis mie soba yang perlu diketahui!

Membahas kuliner Jepang, maka tidak akan komplit jika tidak membahas mie. Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang terkenal dengan jenis mie yang diproduksinya. Beberapa di antaranya ada Mie Ramen dan Mie Soba yang populer di berbagai mancanegara.

Tak kalah lezat dari Mie Ramen, Mie Soba juga memiliki rasa yang tidak kalah lezatnya. Selain itu, Mie Soba juga terkenal lebih sehat dari jenis mie-mie lainnya karena mengandung tinggi protein, serat, beberapa vitamin dan mineral, serta rendah lemak.

Jika dilihat sekilas memang Mie Ramen dan Mie Soba sangat mirip karena sama-sama disajikan secara berkuah. Tapi ternyata kedua mie tersebut sebenarnya banyak bedanya, lho! Sebelum mengenal Mie Soba lebih jauh, yuk simak perbedaan dua mie khas Jepang berikut.

BACA JUGA: 5 RESEP MIE TEK-TEK, HIDANGAN SEDERHANA YANG SELALU MENGGIURKAN

Perbedaan Mie Ramen dan Mie Soba

article

Sumber Gambar: Pixabay

1. Bahan Baku

Mie Soba dibuat tepung buckwheat atau sereal gandum hitam, sehingga memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan Mie Ramen. Kandungan gluten pada kedua mie tersebut pun berbeda. Mie Soba bisa dibilang pure bebas gluten karena bahan baku tepung buckwheat tadi. Sementara Mie Ramen yang terbuat dari tepung terigu memiliki kandungan gluten lebih banyak.

2. Kuah yang Berbeda

Keduanya memang berkuah, tapi cara penyajiannya cukup berbeda. Kuah soba tidak langsung dicampur dengan Mie Soba. Sehingga ketika akan memakannya, Toppers perlu mencelupkan Mie Soba terlebih dahulu ke dalam kuahnya. Berbeda dengan Mie Ramen yang kuahnya langsung disajikan pada mienya.

3. Cara Penyajian

Mie soba selain disajikan dalam keadaan panas atau hangat, bisa juga dimakan dengan kuah dingin. Biasanya Mie Soba dengan kuah dingin sering disajikan dan dimakan saat musim panas. Hal tersebut tidak berlaku pada Mie Ramen yang biasa disajikan hanya dengan kuah panas.

BACA JUGA: RESEP MIE AYAM ENAK YANG WAJIB DICOBA!

Jenis-jenis Mie Soba

article

Sumber Gambar: Freepik

1. Kakiage Soba

Kakiage Soba adalah Mie Soba dengan topping omelet sayuran di atas mie. Kakiage terdiri dari potongan sayuran, bawang bombay dan udang yang dicampurkan tepung lalu digoreng. Kakiage ini mirip bakwan, gorengan khas Indonesia.

2. Zaru Soba

Zaru Soba adalah jenis soba dingin yang biasa dimakan saat cuaca atau musim panas.

Untuk penyajiannya sendiri, Zaru Soba diletakkan di atas wadah bambu dengan ditaburi rumput laut kering. Di wadah lain ada soba tsuyu alias kuahnya yang disajikan dingin sebagai pelengkap Zaru Soba.

3. Okame Soba

Okame Soba biasa disajikan bersama daun bayam Jepang yang disebut horenso serta beberapa tambahan topping lainnya. Kadang juga ada topping unik untuk jenis Mie Soba ini seperti fish cake atau kue ikan.

4. Sobagaki

Sobagaki merupakan adonan soba yang belum menjadi mie. Sobagaki dibuat berbentuk bulat dan disajikan bersama kuah hangat. Kuah untuk sobagaki sama seperti jenis mie soba lainnya yakni menggunakan soba tsuyu. Orang Jepang biasanya hanya menggunakan garam wasabi sebagai bumbu pelengkap jenis mie soba ini.

5. Kake Soba

Kake Soba biasa disajikan bersama kuah soba tsuyu yang hangat. Cocok disantap saat cuaca dingin untuk menghangatkan badan. Kake Soba disajikan bersama taburan daun bawang di atasnya untuk menambah aroma dari Mie Soba.

BACA JUGA: DAFTAR MAKANAN JEPANG YANG MENDUNIA

Kandungan dan Manfaat Mie Soba

Secara umum, detail kandungan Mie Soba terdiri dari:

  • Kalori: 192
  • Protein: 8 gram
  • Karbohidrat: 42 gram
  • Serat: 3 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Tiamin atau vitamin B1: 18% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian
  • Niasin (vitamin B3): 9% dari AKG harian
  • Besi 9% 11% dari AKG harian
  • Magnesium: 14% AKG harian
  • Natrium 0% dari AKG harian
  • Tembaga 7% dari AKG harian
  • Mangan 37% dari AKG harian

Adapun manfaat Mie Soba adalah sebagai berikut:

  • Menurunkan kolesterol dan trigliserida
  • Mengandung protein yang lebih mudah dicerna
  • Membantu mengontrol gula darah karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan makanan tinggi karbohidrat lain.
  • Membantu penderita celiac atau siapa saja yang memiliki intoleransi terhadap gluten karena Mie Soba bebas gluten
  • Menjaga kesehatan jantung berkat kandungan flavonoid di dalamnya
  • Membantu program diet karena kandungan rendah lemaknya

BACA JUGA: RESTORAN JEPANG DI JAKARTA DENGAN RATING TERTINGGI

Itu dia serba-serbi Mie Soba, makanan khas Jepang yang populer! Bagi kamu pecinta mie, Mie Soba dapat menjadi pilihan mie sehat yang bisa Toppers konsumsi karena nutrisinya. Namun, beberapa produk Mie Soba masih banyak yang dicampurkan dengan tepung terigu, sehingga untuk tipsnya, Toppers bisa memilih produk yang kandungan tepung terigunya tidak terlalu banyak.

Kamu bisa membeli berbagai macam produk Mie Soba di Tokopedia sekarang. Pilih dan dapatkan produk Mie Soba tersehat versimu!

Temukan berbagai macam produk mie dan pasta terlengkap dengan harga termurah di sini!

article

Penulis: Rizfa

Share
Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

Review Bosch Dishwasher: Cuci Piring Praktis, Pasti Higienis!
Home and Living
Review Bosch Dishwasher: Cuci Piring Praktis, Pasti Higienis!
© 2009-2023, PT Tokopedia