9 Oleh-oleh Khas Belitung Yang Bisa Kamu Beli Untuk Orang Rumah!

919
oleh-oleh khas belitung

Oleh-Oleh Khas Belitung – Belitung adalah sebuah destinasi wisata yang sangat kaya. Tidak hanya unggul di pemandangan alamnya yang indah, Belitung pun unggul di kuliner dan kerajinan tangan khasnya. Bahkan ada beberapa oleh-oleh khas Belitung yang tidak bisa dibeli di tempat lain kecuali di Belitung.

Jika Toppers berencana mengunjungi Pulau Belitung yang pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi ini, 9 oleh-oleh khas ini wajib Toppers lihat. Penasaran apa saja? Yuk, lihat langsung di ulasan ini!

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Bangka Belitung Terbaik

Oleh-oleh Khas Belitung

Sambal Lingkung

oleh-oleh khas belitung - sambal lingkungSumber gambar: Wikimedia

Sambal lingkung alias abon ikan terbuat dari ikan tenggiri atau udang, santan, dan rempah-rempah. Bagi Toppers yang masih belum familiar dengan sambal lingkung, makanan ini mempunyai tekstur seperti serbuk halus dengan rasa gurih dan asin. 

Pewter

oleh-oleh khas belitung - pewterSumber gambar: Universitas Muhammadiyah Malang

Bagi Toppers yang lebih memilih untuk membeli oleh-oleh non kuliner, tidak perlu khawatir! Ada oleh-oleh unik yang terbuat dari timah. Oleh-oleh yang dinamai pewter ini bisa berbentuk seperti kapal laut, replika tentara, gelas atau piring, dan banyak lainnya.

Jika Toppers masih bingung memilih model pewter, Toppers dapat mencoba pewter gantungan kunci berbentuk peta pulau Bangka yang menjadi model pewter terlaris.

Kerajinan Kerang

oleh-oleh khas belitung - kerajinan kerangSumber gambar: Pixabay

Karena terkenal akan kekayaan lautnya, Belitung pun terkenal akan kerajinan kerangnya. Cinderamata ini pun di buat dari cangkang kerang yang dibentuk dan dihias untuk menyerupai hewan lainnya. Bentuk hewan yang paling sering ditemukan adalah penyu, kuda, dan juga burung.

Balacan Belitong

Balacan Belitong atau yang umumnya disebut terasi, merupakan kuliner unggulan khas Belitong. Yang membedakan Balacan Belitong dibandingkan dengan sambal terasi lainnya adalah aromanya. Balacan Belitong dibuat dengan menggunakan udang dan ikan yang masih segar.

Satam

oleh-oleh khas belitung - satamSumber gambar: Tokopedia

Satam adalah souvenir khas Belitung yang dibentuk dari batu satam. Bentuk dan warna batu satam ini hitam dan bulat. Konon katanya, batu satam ini adalah hasil tabrakan meteor yang terkubur di muka bumi. Para penduduk Belitung menggunakan batu satam ini untuk membentuk sebuah cincin satam.

Sumpet

oleh-oleh khas belitung - sumpetSumber gambar: Indolah

Mirip dengan Songkok, Sumpet juga merupakan kerajinan tangan unik dengan menggunakan tumbuhan sebagai bahan utamanya. Sumpet merupakan kerajinan tangan dari suku tertua di Bangka Belitung, yakni suku Lom. Sumpet dibuat menggunakan tumbuhan pucot yang dapat ditemukan di rawa-rawa.

Namun, sayangnya, tumbuhan pucot ini semakin sulit ditemukan hingga produksi sumpet pun mulai berkurang.

Sirup Jeruk Kunci

oleh-oleh khas belitung - sirup jeruk kunciSumber gambar: Tokopedia

Ini dia sirup khusus yang hanya dapat ditemukan di pulau Belitung. Sesuai namanya sirup jeruk kunci ini terbuat dari jeruk kunci. Berbeda dari jeruk lainnya, sirup jeruk kunci ini mempunyai rasa yang sangat manis dan menyegarkan.

Batik Belitung Timur

oleh-oleh khas belitung - batik belitungSumber gambar: Detik

Batik memang mudah ditemukan di banyak tempat dan daerah, namun tiap batik mempunyai ciri khasnya masing-masing. Contohnya batik Belitung Timur. Batik Belitung Timur mempunyai ciri khas motif daun simpor, katis rambai, dan ikan cempedik. Harga batik belitung timur pun beragam mulai dari Rp200.000 hingga jutaan rupiah.

Akar bahar

akar bahar

Selain kuliner dan cinderamata, ada juga oleh-oleh khas Bangka Belitung yang mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh-oleh khas ini adalah akar bahar. Akar bahar dapat melancarkan peredaran darah dan mencegah rheumatik.

Akar bahar seringkai ditemukan di dasar laut perairan Bangka Belitung dan dibuat dengan bentuk gelang, kalung, atau tongkat.

Baca juga: Liburan di Indonesia? Ini Dia Deretan Oleh-Oleh yang Harus Kamu Bawa Saat Kembali Ke Luar Negeri!

Nah, inilah oleh-oleh khas Bangka yang dapat Toppers beli untuk teman-teman dan orang rumah. Yuk, kunjungi pulau Belitung untuk mendapatkan oleh-oleh unik ini.  

kalung etnik