Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Panel Surya: Ketahui Serba-serbi dan Kelebihannya Sebelum Pasang
08 January 2021
Share icon
Share
panel surya
Sumber Gambar: Rocket Mortgage

Panel surya penting sebagai sumber energi masa depan bagi rumah modern. Ketahui pengertian, cara kerja hingga manfaatnya.


Bertahun-tahun manusia bergantung terhadap bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil atau bahan bakar mineral ini merupakan sumber daya alam yang banyak mengandung senyawa hidrokarbon seperti batu bara, gas alam hingga minyak bumi.

Namun, sayangnya penggunaan bahan bakar fosil tidak dapat didaur ulang. Artinya, jika digunakan terus menerus, sumber ini akan habis.

Lho, kalau tidak ada sumber energi artinya listrik mati total, bensin dan minyak juga akan langka? Wah, bagaimana caranya kita bisa bertahan hidup?

Nah sobat Toppers, untuk mencegah dan mengatasi kelangkaan sumber daya alam tersebut, para peneliti sudah menemukan berbagai alternatif sumber energi pengganti. Salah satunya adalah teknologi panel surya.

Untuk mengetahui apa itu panel surya, bagaimana cara kerja hingga manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari. Simak ulasan lengkap mengenai solar panel berikut ini!

Baca Juga: Syarat & Biaya Pemasangan Listrik PLN untuk Pelanggan Baru

Asal-usul Panel Surya

panel surya adalah
Sumber Gambar: Manualios

Sebelum membahas mengenai cara kerja dan manfaat dari panel surya bagi kehidupan, Toppers harus memahai terlebih dulu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan panel surya. Dan, seperti apa sejarah singkatnya?

  • Pengertian Panel Surya

Panel surya adalah alat atau sistem yang terdiri dari sel surya yang dirancang untuk memungkinkan mengubah cahaya Matahari menjadi energi listrik.

  • Cikal Bakal Teknologi Panel Surya

Teknologi panel surya pertama kali ditemukan oleh seorang ahli fisikawan, Alexandre Edmund Becquerel pada 1839.

Seperti namanya, panel surya merupakan alat yang menyerap energi matahari kemudian merubahnya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Namun, listrik yang dihasilkan oleh alat temuan Becquerel tersebut tidak cukup kuat atau hanya menghasilkan sedikit muatan listrik.

  • Alat Panel Surya Dipatenkan

Kemudian pada 1904, setelah Grylls Adam dan muridnya Richards Evans membuktikan kebenaran bahwa energi listrik dapat dihasilkan dari energi cahaya.

Tokoh ilmuwan bersejarah Albert Einstein juga ikut meneliti tentang tenaga solar cell tersebut, yang kemudian menginspirasi Russell Ohl untuk membuat alat yang mampu menangkap energi matahari dan merubahnya menjadi tenaga listrik modern.

Teknologi tersebut kemudian dipatenkan Russell dengan sebutan Solar Cell atau panel surya seperti yang kita ketahui hingga saat ini.

  • Panel Surya sebagai Sumber Energi Masa Depan

Kemajuan teknologi solar panel menjadi titik terang untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar fosil yang diprediksi akan mengalami krisis pada 2060.

Keunggulan lainnya, panel surya dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar manapun karena menghasilkan zat pembuangan lebih sedikit. Negara Jepang bahkan sudah menggunakan teknologi panel surya sejak tahun 1980-an.

Beberapa gedung perkantoran, perusahaan pembangkit tenaga listrik, sampai rumah-rumah pribadi sudah banyak yang memasang teknologi panel surya sebagai sumber penghasil energi sehari-hari guna menghidupkan peralatan elektronik.

bayar tagihan listrik pln
Bayar tagihan listrik kini lebih praktis dan banyak untungnya!

Baca Juga: Syarat dan Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terbaru

Cara Kerja Panel Surya

cara kerja panel surya
Sumber Gambar: Solect Energy

Singkatnya panel surya bekerja dengan cara menyerap energi matahari kemudian menampung energi yang sudah ditransformasikan ke dalam sebuah baterai. Seperti apa prosesnya?

  • Pemanfaatan Energi Matahari ke Listrik

Energi yang ditransformasikan dalam baterai memungkinkan panel surya tetap bisa digunakan meskipun tidak ada cahaya matahari seperti saat mendung, hujan, sore atau malam hari.

Baterai ini kemudian disambungkan dengan instalasi kabel yang terhubung langsung dengan sumber-sumber listrik di rumah.

Proses Kerja Panel Surya secara Teknis

Sedangkan proses lebih jelasnya, panel surya yang terdiri dari dua lapisan silikon yang memiliki untuk menangkap muatan negatif (N) dan positif (P). Hasil pertemuan dua muatan inilah yang menghasilkan medan listrik.

Panel surya juga dilengkapi dengan lapisan anti reflektif yang mencegah matahari agar tidak memantul kembali atau biasa disebut dengan sistem photovoltaic. Ada juga terpasang baterai yang berfungsi untuk menjadi tempat cadangan listrik akibat kelebihan muatan yang dihasilkan.

  • Tempat yang Efektif Memasang Panel Surya

Lalu, di mana sih tempat paling efektif untuk memasang panel surya untuk rumah?

Umumnya panel surya dipasang pada area terbuka yang memungkinkan panel terpapar sinar matahari langsung seperti di atap rumah. Sebaiknya panel surya diletakan pada genting dengan kemiringan 30-40 derajat.

Hal ini bertujuan agar sinar matahari yang ditangkap bisa maksimal. Pastikan juga tidak ada penghalang seperti pohon, dahan besar, atau gedung yang dapat menghalangi di sekitar panel surya.

beli token listrik
Bayar tagihan listrik dan token PLN di Tokopedia dan dapatkan berbagai promo menarik.

Baca Juga: Jenis Stop Kontak Listrik di Dunia yang Ternyata Berbeda-beda

Kelebihan/Manfaat Panel Surya

panel surya untuk rumah, manfaat panel surya
Sumber Gambar: SolarReviews

Menarik ya, Toppers sejarah awal mula ditemukan teknologi panel surya dan bagaimana cara kerjanya. Sekarang kita bahas apa saja sih kelebihan atau manfaat memasang panel surya:

  • Sumber Energi

Manfaat paling utama panel surya adalah menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga skala negara.

Selama alat dalam kondisi baik dan mampu menangkap sinar matahari dengan optimal, energi yang dihasilkan oleh panel surya dapat digunakan kapan saja tanpa ada batasan penggunaan. Hebat, bukan?

  • Menghemat Pengeluaran Biaya Listrik Bulanan

Selain menyediakan energi secara tidak terbatas, menggunakan panel surya terhitung lebih murah. Kamu dapat menghemat pengeluaran hingga 50%.

Hal ini disebabkan panel surya merupakan sumber energi mandiri sehingga tidak akan mengalami kenaikan tarif listrik setiap tahunya.

  • Ramah Lingkungan

Alternatif energi terbarukan ini digadang-gadang menjadi teknologi ramah lingkungan yang bisa menjaga kelestarian alam. Penelitian menunjukan panel surya tidak mengeluarkan emisi pembuangan yang menyebabkan global warming.

Selain tidak menyebabkan polusi udara, panel surya juga tidak menimbulkan polusi suara dan tanah akibat eksploitasi lahan berlebihan.

  • Mudah Beradaptasi Terhadap Berbagai Kondisi Iklim

Menggunakan teknologi solar cell di Indonesia memiliki banyak sekali keuntungan. Salah satunya keuntungan garis khatulistiwa dimana negara ini memiliki iklim tropis sehingga berlimpah cahaya matahari.

Panel surya juga memiliki performa yang tangguh karena dapat bertahan di segala kondisi seperti hujan atau bersalju sekalipun.

Baca Juga: Cara Menghemat Listrik yang Terbukti Menurunkan Tagihan Bulanan

Sebelum memutuskan untuk memasang panel surya di rumah sebaiknya pelajari lebih jauh terkait cara perawatan dan biaya yang dibutuhkan.

Mungkin Toppers akan kaget dengan harga pemasanganya. Namun, penting untuk diingat kalau teknologi ini jauh lebih efisien untuk jangka panjang dan ramah lingkungan dibandingkan dengan minyak bumi ataupun batu bara.

Panel surya atau solar cell berbagai ukuran dengan kualitas terbaik bisa kamu dapat dengan mudah di Tokopedia. Yuk, cek sekarang!


jual penghemat listrik murah
Khawatir tagihan selalu membengkak? Gunakan alat ini!

Penulis: Andina Naza Apriliani

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia