Alasan Pengeluaran Membengkak Menjelang Bulan Puasa

584
Investasi Reksa Dana dan Investasi Emas

Belum menjalani puasa, namun uang THR sudah terkuras habis. Berikut ini adalah alasan pengeluaran membengkak saat bulan Puasa dan cara mengatasinya!


Pengeluaran Bulan Puasa – Bulan Ramadan telah tiba. Meskipun hari raya Idul Fitri masih cukup jauh, mayoritas masyarakat di Indonesia sudah bersiap-siap untuk menyambut hari suci nan istimewa ini.

Mulai dari memesan tiket kereta atau tiket pesawat untuk pulang kampung, berbelanja camilan lebaran, membeli pakaian baru, dan sebagainya. Hal tersebut merupakan sebagian alasan pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa.

Berikut ini adalah alasan umum mengapa pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa!

Ramadan Ekstra

Baca juga: 10 Manfaat Puasa yang Harus Kamu Tahu

Pengeluaran Bulan Puasa

1. Berbelanja kebutuhan Lebaran

alasan pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa
Sumber gambar: Pexels

Alasan pertama mengapa pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa adalah belum melalui masa puasa selama 30 hari, kebanyakan orang cenderung sudah berbelanja kebutuhan lebaran terlebih dahulu karena takut uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang diberikan perusahaan habis selama menjalani puasa.

Memang benar berbelanja kebutuhan lebaran dari jauh-jauh hari dapat menghindari fluktuasi harga sehingga mempermurah pengeluaran, akan tetapi hal tersebut tidak membuat kamu menghemat uang.

Lagi pula, ada produk yang tidak mengalami kenaikan harga seperti produk fashion muslim dan produk fashion lainnya.

2. Semuanya Serba Baru

perabot ruang tamu

Menyambut awal baru cenderung dirayakan dengan penuh keceriaan dan kebahagiaan. Awal yang baru acap kali diartikan sebagai semua hal baru seperti furnitur, pakaian, kendaraan, gadget, dan sebagainya.

Inilah alasan pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa. Padahal, cukuplah tindakan dan hati yang diperbaharui agar lebih taat beribadah dan lebih banyak berbuat baik pada sesama.

Furnitur, pakaian, dan kendaraan tidak perlu diperbaharui kalau tidak ingin pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa.

3. Mengikuti Berbagai Acara

Sebelum memasuki bulan puasa, selalu ada acara-acara syukuran dan reuni bersama rekan, kolega semasa mengampu pendidikan tinggi, teman sekolah, sanak saudar, dan sebagainya. Acara tersebut tanpa disadari membuat bengkak pengeluaran menjelang bulan puasa, karena acara yang dihadiri tidak hanya satu.

4. Memesan Makanan Mahal untuk Buka Puasa

Alasan pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa
Sumber Gambar: Pexels

Kebiasaan yang membuat pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa adalah telah terlebih dahulu memilih restoran dan memesan hidangan buka puasa. Memesan restoran akan memakan biaya berupa down payment (DP), hal ini juga membuat boros saat menjalani bulan puasa nanti.

Jika ingin menghemat pengeluaran berbuka, Toppers bisa membeli voucher restoran yang lebih murah ketimbang membayar tunai di tempat.

5. Impulsif Berbelanja

Tercengang dan terdorong hasrat berbelanja saat mendengar kata diskon di pusat perbelanjaan, hal ini juga menjadi alasan pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa. Sebenarnya, kebanyakan diskon di pusat perbelanjaan diberikan setelah harga barang dinaikan.

Lebih baik berbelanja di Tokopedia, karena ada berbagai promo seperti gratis ongkir dan cashback dengan harga jujur.

6. Harga Bahan Pangan dan Kebutuhan Pokok Naik

Alasan pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa
Sumber Gambar: Pexels

Ada beberapa barang kebutuhan pokok yang tidak bisa bertahan lama seperti sayur mayur, telur, dan sebagainya mengalami kenaikan harga menjelang bulan Puasa. Fluktuasi harga bisa mencapai angka sangat tinggi karena permintaan tinggi tanpa diimbangi ketersediaan barang.

Jika takut kehabisan bahan pangan yang tidak bisa bertahan lama seperti buah-buahan di pasar, pesan saja di Tokopedia.

7. Tidak Menyiapkan Dana Cadangan selain THR

Tabungan lain selain THR juga diperlukan guna menyambut hari raya Idul Fitri. Pengeluaran terasa membengkak menjelang bulan puasa dikarenakan Anda hanya memanfaatkan dana THR untuk memenuhi kebutuhan.

Oleh karena itu, selalu sediakan dana cadangan selain THR dari beberapa bulan sebelumnya.

Baca juga: 10 Makanan Yang Bikin Kenyang saat Puasa, Cocok untuk Sahur

Itulah tujuh alasan mengapa pengeluaran membengkak menjelang bulan puasa. Toppers, selalu kontrol pengeluaran dan jangan menjadi impulsif sebelum membeli sesuatu untuk menjelang berpuasa.

Cek Tokopedia untuk memenuhi semua kebutuhanmu selama Ramadan maupun Idul Fitri!

ramadan ekstra 2019

Bagikan Artikel