• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Pengertian dan Manfaat TOEFL, Tes Bahasa Penunjang Karier dan Kuliah

Share

Pengertian dan Manfaat TOEFL, Tes Bahasa Penunjang Karier dan Kuliah

TOEFL adalah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Simak penjelasan dan manfaat TOEFL selengkapnya di bawah ini!


Bagi kamu yang ingin berkuliah ataupun bekerja di luar negeri, pastinya kamu sudah pernah mendengar istilah TOEFL atau Test of English as a Foreign Language. Secara definisi, TOEFL adalah tolak ukur untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang. Biasanya, TOEFL dijadikan salah satu syarat saat ingin berkuliah ataupun bekerja di luar negeri, Toppers. Ada empat aspek yang akan diuji pada tes ini, yakni listening (mendengarkan), reading (membaca), speaking (berbicara), dan writing (menulis). Perlu diketahui pula, ada tiga macam tes TOEFL yakni versi paper (PBT - Paper-based Test), komputer (CBT - Computer-based Test), dan online (iBT - Internet-based Test). Untuk penjelasan lebih mengenai skor dan lama waktu tes, simak informasi di bawah ini:

  • TOEFL PBT: Skor 217–677, duras: 2–2,5 jam
  • TOEFL CBT: Skor 0–300, durasi: 2–2,5 jam
  • TOEFL iBT: Skor: 0–120, durasi: 4 jam

TOEFL iBT menjadi salah satu jenis TOEFL yang populer dan lebih banyak diminati oleh orang saat ini, mengingat masa pandemi belum selesai. Lantas, apa sajakah manfaat dari TOEFL? Simak selengkapnya di bawah ini, Toppers!

Baca Juga: Pedoman CV ATS Friendly agar Lolos ke Tahap Rekrutmen Selanjutnya!

Manfaat TOEFL

manfaat toefl

Sumber Gambar: Verywell Mind

Tidak hanya sebagai syarat, TOEFL juga sebenarnya memiliki banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, mendapatkan lebih banyak kesempatan, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa manfaat TOEFL yang bisa kamu dapatkan:

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Saat ingin mengikuti tes TOEFL, tentu perlu persiapan yang matang agar bisa mendapatkan skor yang diinginkan. Secara tidak langsung, kamu pun akan belajar dengan giat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Terlebih lagi, biaya untuk melakukan tes TOEFL ini tergolong mahal. Jadi, pastikan kamu belajar dengan baik agar skor yang diperoleh bisa tinggi dan sesuai dengan target utamamu. Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri sebelum tes TOEFL adalah dengan mengerjakan contoh soal TOEFL yang bisa kamu dapatkan dari buku TOEFL, buku TOEFL atau YouTube.

2. Mendukung Jenjang Karier

Ada beberapa perusahaan atau instansi yang mewajibkan pelamar kerjanya untuk melampirkan hasil dari tes TOEFL, seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Luar Negeri, Kementerian ESDM, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan perusahaan atau instansi tersebut ingin mengetahui seberapa fasih bahasa Inggris kandidatnya. Dengan melampirkan hasil TOEFL di CV ataupun resume, terlebih jika skornya tinggi, tentu ini akan menjadi peluang yang baik untukmu. Perusahaan pun akan melihat bahwa kamu memiliki kredibilitas, profesional, dan bisa diandalkan kemampuan berbahasa Inggrisnya. Hal ini tentu akan menjadi nilai plus dirimu untuk perusahaan!

3. Membuka Kesempatan untuk Kuliah di Luar Negeri

Apakah Toppers sedang berencana untuk berkuliah di luar negeri? Bila iya, maka kamu harus mulai belajar bahasa Inggris dengan baik untuk mempersiapkan tes TOEFL karena banyak universitas di negara lain yang membutuhkan sertifikat TOEFL sebagai syarat masuknya. Namun, pastikan kamu mengikuti tes TOEFL standar Internasional bernama iBT karena tes ini sudah diakui oleh seluruh dunia. Jangan sampai salah memilih jenis TOEFL, ya, Toppers!

Baca Juga: Contoh CV Bahasa Inggris, Lengkap dengan Panduannya!

4. Diterima Secara Luas

TOEFL adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang paling populer di seluruh dunia. Faktanya, TOEFL telah diterima oleh 10.000 perguruan tinggi dari 150 negara di seluruh dunia. Bahkan, sebagian besar perguruan tinggi hanya menggunakan sertifikat TOEFL sebagai salah satu pertimbangan dalam proses penerimaan mahasiswanya dibandingkan skor tes bahasa Inggris lainnya. Tes ini telah dianggap sebagai yang terbaik untuk mengevaluasi kefasihan bahasa Inggris.

5. Valid untuk Dua Tahun

Toppers tidak perlu khawatir apabila sudah melakukan tes TOEFL tapi masih perlu waktu untuk mempersiapkan segala hal sebelum berkuliah di luar negeri. Alasannya, hasil sertifikat TOEFL ini berlaku selama dua tahun setelah nilainya dikeluarkan. Umumnya, sertifikat ini keluar 2 minggu setelah tes, Toppers.

6. Menilai Kefasihan Bahasa Inggris secara Akurat

Sulit untuk menilai seberapa komprehensif pemahaman seseorang mengenai bahasa Inggris hanya dengan sekilas. Tugas TOEFL adalah untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris seseorang secara akurat. Semakin tinggi skor TOEFL, maka semakin baik pula kemampuan berbahasa Inggris. Tidak hanya menguji cara berbicara (reading), tapi soal TOEFL juga hadir dalam bentuk listening, speaking, hingga writing. Semua aspek ini diuji dengan tolak ukur yang tepat sehingga memudahkan universitas ataupun perusahaan untuk mengambil keputusan penerimaan kandidat.

Baca Juga: Apa Itu Program Internship? Ketahui Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya!

Dunia perkuliahan dan kerja memang tidak mengenal batas. Maka dari itu, jika ingin masuk kuliah ataupun melamar kerja di luar negeri, segera siapkan tes TOEFL-mu dengan baik, Toppers! Kamu juga bisa tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan membaca berbagai buku yang tersedia di Tokopedia atau ikut kursus yang tersedia di Tokopedia Belajar!

laptop terbaik tokopedia

Belajar jadi maksimal dengan laptop yang optimal. Temukan di Tokopedia!

Penulis: Oeren Lee

Share

Amanda Rafiqah PutriAmanda Rafiqah Putri

Related Articles

Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
Topik Seru Lainnya
Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
© 2009-2024, PT Tokopedia