• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

7 Hal yang Menjadi Penyebab Utama Darah Rendah

Share

7 Hal yang Menjadi Penyebab Utama Darah Rendah

Memahami hal yang menjadi penyebab utama darah rendah, sehingga mengganggu kesehatan. Simak selengkapnya.


Tekanan darah rendah atau hipotensi cukup mengganggu kesehatan kita. Gejala yang terjadi mulai dari mata yang berkunang-kunang, pusing, keringat dingin, lemas, hingga pingsan, Toppers. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menimbulkan masalah yang lebih serius.

Tekanan darah normal memiliki ukuran kurang dari 120/180, sedangkan hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/80. Hipotensi terjadi saat tekanan di dalam arteri lebih rendah daripada tekanan darah normal.

Banyak orang yang berpendapat bahwa hal ini terjadi saat kamu belum makan seharian atau kurang minum air putih. Namun, ternyata ada beberapa penyebab utama darah rendah yang perlu kamu perhatikan, Toppers, yakni sebagai berikut.

Baca Juga: Apakah Vertigo Bisa Sembuh? Ketahui Fakta Pemulihannya

Penyebab Utama Darah Rendah

Sedang mengalami pusing berkunang-kunang dan hampir pingsan? Bisa jadi kamu sedang mengalami darah rendah. Berikut ini beberapa penyebab utamanya.

1. Dehidrasi

penyebab utama darah rendah

Sumber Gambar: Freepik

Penyebab utama darah rendah yang pertama adalah dehidrasi. Ketika tubuhmu kehilangan banyak air di dalam tubuh, kamu bisa mengalami pusing, kelelahan, dan lemas, Toppers.

Ada beberapa penyebab kamu bisa mengalami dehidrasi, mulai dari diare, olahraga berat, hingga kurang minum air putih. Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin minum air putih 8 gelas dalam sehari, Toppers.

2. Kehilangan Banyak Darah

penyebab utama darah rendah

Sumber Gambar: Healthline

Saat mengalami kecelakaan atau cedera yang berat, seseorang bisa kehilangan banyak darah di dalam tubuh, Toppers. Hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang cukup drastis.

Untuk itu, butuh penanganan dokter yang cukup cepat untuk menangani penyebab darah rendah yang satu ini sebelum mengancam keselamatan jiwa.

3. Kehamilan

penyebab utama darah rendah

Sumber Gambar: Pexels

Apakah kamu sedang hamil dan mengalami kepala pusing atau mata yang berkunang-kunang? Hal ini menjadi salah satu penyebab utama darah rendah, Toppers.

Selama hamil, sistem peredaran darah dalam tubuh meluas dengan cepat, sehingga tekanan darah menjadi turun, Toppers. Namun, hal ini bisa berangsur membaik ketika kamu sudah melahirkan.

4. Anafilaksis

penyebab utama darah rendah

Sumber Gambar: HonestDocs

Reaksi terhadap alergi yang cukup berat seperti anafilaksis juga dapat membuat darah menjadi rendah, Toppers. Anafilaksis merupakan reaksi alergi yang berpotensi mengancam keselamatan jiwa.

Kondisi ini disebabkan oleh alergi makanan, obat-obatan, dan racun serangga, Toppers. Beberapa ciri-ciri yang cukup terlihat adalah penurunan darah yang drastis, gatal-gatal, tenggorokan bengkak, dan sulit untuk bernafas.

5. Mengalami Masalah Endokrin

penyebab utama darah rendah

Sumber Gambar: Medical News Today

Ketika mengalami masalah endokrin, kondisi ini akan memengaruhi regulasi hormon di dalam tubuh, Toppers. Beberapa penyakit yang bisa menjadi masalah endokrin dan darah rendah dalam tubuh adalah penyakit Addison, gula darah rendah, diabetes, dan penyakit paratiroid, Toppers.

6. Kurangnya Nutrisi Saat Diet

penyebab utama darah rendah

Sumber Gambar: Alodokter

Sedang menjalani diet namun merasa pusing atau lemas? Bisa jadi kamu sedang mengalami darah rendah, Toppers. Saat diet, kurangnya vitamin B12 dan juga folat dapat mencegah tubuh memproduksi sel darah merah sehingga tekanan darah di dalam tubuh akan rendah.

7. Masalah Jantung

penyebab utama darah rendah

Sumber Gambar: Freepik

Dalam beberapa kondisi, darah rendah bisa diakibatkan oleh masalah pada jantung, Toppers. Ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada jantung dan sering kali memicu darah rendah seperti aritmia, serangan jantung, dan gagal jantung.

Beberapa penyebab masalah jantung ini biasanya disebabkan oleh jantung yang tidak lagi kuat memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga mempengaruhi tekanan darah, Toppers.

Baca Juga: Fakta & Mitos Kutu Air, Bisa karena Deterjen?

Nah, itu dia beberapa hal yang menjadi penyebab utama darah rendah yang mengganggu kesehatanmu. Atasi sebelum gejala menjadi lebih berat dan mengancam keselamatan jiwa.

Untuk kamu yang sedang mengalami darah rendah, beli obat darah rendah dengan penawaran harga menarik hanya di Tokopedia.

produk kesehatan

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

© 2009-2024, PT Tokopedia