5 Resep Kue Semprit, Si Cantik yang Renyah untuk Lengkapi Lebaran

10634
resep kue semprit, cara membuat kue semprit, bahan bahan kue semprit

Lebaran hampir tiba, siapkan camilan nikmat untuk orang terkasih. Kue semprit bisa jadi pilihan tepat, yuk simak resep dan cara membuat kue renyah ini!


Resep Kue Semprit – Hai Toppers! Sebentar lagi Lebaran tiba dan tentunya jika kamu akan memiliki banyak tamu yang datang ke rumah, selain makanan berat, hal lain yang pastinya harus kamu sediakan adalah kue kering kan? Selain kue nastar dan kastengel, ada lagi nih kue yang nggak kalah enaknya! Yaitu adalah kue semprit!

Namanya yang lucu betul-betul tidak mencerminkan betapa enaknya kue ini deh, Toppers. Tidak seperti namanya, kue semprit memiliki tampilan yang menarik seperti bunga, ditambah lagi dengan rasanya yang manis dan renyah akan membuat siapa pun jatuh hati untuk memakannya.

Mau tau cara bikinnya gimana? Yuk, simak bahan-bahan yang kamu perlukan dan cara membuatnya dengan resep kue semprit berikut ini!

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: 15 Ide Kreatif Dekorasi Lebaran untuk Menyambut Idul Fitri

Resep dan Cara Membuat Kue Semprit

1. Resep Kue Semprit Renyah dan Lembut

resep kue semprit, cara membuat kue semprit, bahan bahan kue semprit
Sumber Gambar: Pexels

Sebelum mulai membuat kue yang gurih ini, kamu sudah pasti harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat kue semprit, tidak terlalu banyak kok dan pasti kamu mudah dalam mendapatkannya.

Bahan-bahan Kue Semprit Renyah dan Lembut:

Cara Membuat Kue Semprit Renyah dan Lembut:

  1. Dalam sebuah wadah, campurkan 40 gr tepung maizena dan terigu lalu campur hingga rata.
  2. Pada wadah lain, masukkan putih telur dan rendam kismis di dalamnya.
  3. Dalam wadah yang lain lagi, masukkan 200 gr margarin, 150 gr gula bubuk, vanili dan 2 butir kuning telur.
  4. Sambil mengaduk adonannya, masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu dan tepung maizena. Tuang dan aduk terus hingga halus tanpa ada gumpalan lagi yang tersisa.
  5. Oleskan loyang yang akan kamu gunakan dengan sedikit margarin.
  6. Siapkan plastik untuk membuat cetakan kue semprit. Masukkan bahan ke dalam plastik dan keluarkan dalam bentuk bunga mawar hingga semua loyang terisi adonan.
  7. Ambil kismis dan letakkan di atas kue, masing-masing satu atau kamu bisa membubuhkannya sesuai dengan selera.
  8. Setelah itu, masukkan ke dalam oven dengan suhu sekitar 165 – 175 derajat Celsius.
  9. Panggang sekitar 21 menit sampai matang dan berwarna kuning kecokelatan.
  10. Jika sudah matang dengan sempurna, kamu tinggal angkat satu per satu dan letakkan di wadah sementara sambil meniriskannya, tapi jangan terlalu lama.
  11. Terakhir, bila sudah ditiriskan, masukkan semua kue semprit tersebut ke dalam toples dan kue cantik nan renyah ini pun siap dihidangkan untuk menyambut para tamu di rumahmu!

2. Resep Kue Semprit Cokelat

resep kue semprit, cara membuat kue semprit, bahan bahan kue semprit
Sumber Gambar: Resep Hari Ini

Rasa coklat yang manis kadang membuat kita malas untuk makan, namun coklat pada kue semprit ini gak akan bikin enek, karena rasanya kombinasi dari rasa manis dan gurih!

Bahan-bahan Kue Semprit Cokelat:

  • Tepung terigu 350 gr
  • Margarin 300 gr
  • Gula halus 200 gr
  • 2 butir kuning telur
  • Coklat bubuk 50 gr
  • Choco chip secukupnya
  • Vanili bubuk

Cara Membuat Kue Semprit Cokelat:

  1. Campurkan margarin dan gula halus dalam satu wadah, kocok hingga merata.
  2. Tambahkan kuning telur, kocok kembali.
  3. Masukan tepung terigu, vanili, dan coklat bubuk. Aduk menggunakan spatula.
  4. Siapkan plastik untuk membuat cetakan kue semprit. Masukkan bahan ke dalam plastik dan keluarkan dalam bentuk bunga mawar hingga semua loyang terisi adonan.
  5. Ambil choco chip dan letakkan di atas kue, bubuhkan sesuai selera.
  6. Letakan di oven hingga matang.

3. Resep Kue Semprit Sagu Keju

resep kue semprit, cara membuat kue semprit, bahan bahan kue semprit
Sumber Gambar: Craftlog

Berbeda dengan kue kastengel, kue semprit ini menggunakan tepung tapioka. Saat dimakan akan lumer dimulut ditambah dengan sensasi asin dan crunchy dari kejunya, kebayang kan enaknya seperti apa Toppers? Simak resep lengkapnya berikut ini!

Bahan-bahan Kue Semprit Sagu Keju:

  • Tepung tapioka 1 kg
  • Gula pasir 500 gr
  • Kuning telur 6 butir
  • Keju parut 300 gr
  • Daun pandan 5 lembar
  • 750 gr margarin / mentega

Cara Membuat Kue Semprit Sagu Keju:

  1. Sangrai tepung terigu, daun pandan, tepung sagu, tunggu hingga aroma pandan keluar dan warna tepung berubah menjadi agak kuning. Jika sudah, angkat dan dinginkan.
  2. Gula dan margarin dikocok sampai putih, masukan kuning telur, kocok hingga merata.
  3. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tercampur rata.
  4. Masukan keju yang telah diparut, aduk hingga merata.
  5. Siapkan plastik untuk membuat cetakan kue semprit. Masukkan bahan ke dalam plastik dan keluarkan dalam bentuk bunga mawar atau bentuk lain sesuai selera hingga semua loyang terisi adonan.
  6. Kemudian panggang atau oven sampai matang.
Kue Lapis Surabaya
Temukan kue lezat dan ikonik dengan harga terbaik di sini! Dijamin enak!

Baca Juga: 5 Resep Opor Ayam, Makanan Gurih nan Lezat untuk Lebaran

4. Resep Kue Semprit Susu

resep kue semprit, cara membuat kue semprit, bahan bahan kue semprit
Sumber Gambar: Ini Resep

Kue semprit yang satu ini terdiri dari bahan yang pasti kamu punya dirumah. Yuk, langsung bikin dirumah dengan resep dibawah ini!

Bahan-bahan Kue Semprit Susu:

  • Tepung maizena 200 gr
  • Susu kental manis putih 80 gr
  • Mentega 125 gr
  • Susu bubuk vanilla 30 gr

Cara Membuat Kue Semprit Susu:

  • Campurkan susu bubuk, mentega dan susu kental manis dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan tepung maizena, aduk rata.
  • Siapkan plastik untuk membuat cetakan kue semprit. Masukkan bahan ke dalam plastik dan keluarkan dalam bentuk bunga mawar atau bentuk lain sesuai selera.
  • Cetak hingga adonan habis.
  • Letakan di oven yang telah dipanaskan, panggang kurang lebih selama 25 menit hingga matang.

5. Resep Kue Semprit Nanas

resep kue semprit, cara membuat kue semprit, bahan bahan kue semprit
Sumber Gambar: Merah Putih

Kalau kamu suka kue nastar, kue semprit yang satu ini pasti kamu juga suka. Bedanya nanasnya ada di luar, teksturnya juga garing! Kalau bosan dengan nastar, kue semprit ini wajib kamu coba!

Bahan-bahan Kue Semprit Nanas:

  • Tepung maizena 200gr
  • Mentega 125 gr
  • Susu kental manis 80 ml
  • Selai nanas

Cara Membuat Kue Semprit Nanas:

  • Campur susu kental manis dan mentega.
  • Tambahkan tepung maizena, aduk hingga tercampur rata
  • Siapkan plastik untuk membuat cetakan kue semprit. Masukkan bahan ke dalam plastik dan keluarkan dalam bentuk bunga mawar atau bentuk lain sesuai selera. Cetak hingga adonan habis.
  • Ambil nanas dan letakkan di atas kue, bubuhkan banyaknya nanas sesuai selera
  • Kemudian panggang atau oven sampai matang.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Amlop Lebaran DIY, dari Kertas Kado hingga Microsoft Word

Itulah resep kue semprit dan cara membuatnya, Toppers! Ternyata bahan yang dibutuhkan mudah didapat dan cara proses pembuatannya tidak sulit bukan? Tunggu apa lagi? Cepat siapkan persediaan kue-kue di rumahmu sebelum tamu-tamu tiba!

Untuk memudahkan kamu dalam membuat kreasi kue-kue lainnya untuk hari raya Idul Fitri, kamu bisa melengkapi peralatan memasak, terutama cetakan kue kering yang bisa kamu dapatkan dengan harga termurah hanya di Tokopedia!

parcel lebaran
Temukan parcel lebaran dengan penawaran terbaik dan terlengkap di sini!

Bagikan Artikel