Resep dan Cara Membuat masker Wajah ALami

5 Resep dan Cara Membuat Masker Wajah Alami dengan Mudah

/   Info & Tips, Kecantikan, Kesehatan

Apakah kamu suka memanjakan diri menggunakan masker wajah? Pasti kamu mendambakan kulit yang cerah, lembab, dan bebas jerawat, bukan? Nah, kamu bisa mencoba dengan membuat masker wajah sendiri di rumah dan memakai bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini gampang ditemukan di sekelilingmu yang pastinya aman untuk semua umur karena tidak mengandung bahan kimia. Kamu juga dapat membuat masker wajah alami sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu agar lebih maksimal.

Mau tau bagaimana resep dan cara membuat masker wajah dari bahan-bahan alami ini? Simak yuk!

Resep Masker Wajah Alami

1. Madu dan Minyak Zaitun

Resep dan Cara Membuat masker Wajah ALami

Kamu merasa kulitmu kering? Nah, kamu bisa menggunakan bahan dari madu  ini. Madu dikenal cukup bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit, termasuk salah satunya dapat merawat kondisi kulit kering yang kamu alami. Masker madu bisa kamu manfaatkan hanya dengan mengoleskan ke area kulit selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Selain itu, madu juga bisa dikombinasikan dengan minyak zaitun. Salah satu jenis minyak zaitun kualitas terbaik adalah extra virgin olive oil.

Cara membuat masker wajah alami dari madu dan zaitun:

  • Campurkan 1 sdt madu dengan 1 sdt minyak zaitun kualitas terbaik. Bila ada, kamu boleh menambahkan 2 sdt cuka sari apel
  • Gunakan campuran bahan-bahan alami tadi keseluruh area wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10-15 menitan agar meresap
  • Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

 

2. Alpukat

Resep dan Cara Membuat masker Wajah ALami

Alpukat merupakan buah yang diperkaya dengan nutrisi yang lengkap. Mulai dari vitamin E, mineral alami, folat, dan masih banyak lagi manfaatnya bagi kulit serta kesehatan. Masker alpukat sangat cocok digunakan untuk kulit bertipe kering, kusam, dan bahkan bersisik. Tertarik untuk mencobanya?

Cara membuat masker wajah alami dari alpukat:

  • Potong alpukat menjadi dua bagian, lalu ambil haluskan setengah porsi dari daging buah alpukat tersebut menggunakan blender
  • Untuk hasil terbaik kamu juga bisa menambah madu dan minyak zaitun seperlunya. Kemudian oleskan keseluruh bagian wajah kurang lebih 25-30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Baca juga:  8 Cara Mengaplikasikan Makeup Natural

3. Oatmeals

Resep dan Cara Membuat masker Wajah ALami

Masker oatmeals ini bisa dibilang sebagaai masker yang universal karena cocok untuk semua jenis kulit. Baik itu kulit kering, berminyak, ataupun sensitif seperti mudah jerawatan. Oatmeals kaya akan kandungan serat, sehingga ia dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab masalah kulit wajah. Menarik, bukan? Ayo coba buat masker oatmeals ini!

Cara membuat masker alami wajah dari oatmeals:

  • Campur oatmeals dengan air hangat hingga membentuk adonan mirip pasta
  • Pastikan wajah dalam keadaan bersih. Selanjutnya oleskan masker ini merata keseluruh bagian wajah serta lehermu
  • Agar meresap diamkan kurang lebih selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

 

4. Flax Seeds

Resep dan Cara Membuat masker Wajah ALami

Apakah kamu familiar dengan flax seeds? Jenis biji-bijian satu ini diperkaya dengan kandungan asam lemak omega yang cukup baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Namun ternyata, membuatnya menjadi masker wajah alami juga sangat bermanfaat. Enggak percaya?

Cara membuat masker wajah alami dari flax seeds:

  • Campurkan dua sendok teh flax seeds dan tambahkan air seperlunya hingga menutupi semua flax seeds
  • Biji-bijian ini akan mulai mengembang dan membuat air disekitarnya menjadi kental
  • Nah sekarang oleskan air kental tadi secara merata keseluruh bagian wajah. Diamkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air bersih.

 

5. Lemon

Resep dan Cara Membuat masker Wajah ALami

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Di dalamnya juga terkandung senyawa alpha-hydroxy acids (AHA) yang dapat membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Beberapa komponen keasaman yang ada dalam lemon juga bisa membantu mencerahkan kulit secara alami. Tak heran, sekarang ini banyak produk pemutih wajah atau whitening products yang menyertakan lemon di dalamnya. Mau wajahmu putih berseri? Yuk, coba buat masker lemon ini!

Cara membuat masker wajah alami dari lemon:

    • Campurkan air perasan lemon, madu, dan dua sendok teh bubur oatmeals. Disini oatmeals berperan sebagai scrub yang membantu mengangkat sel kotoran di pori
    • Selanjutnya oleskan ke bagian wajah yang kamu inginkan secara merata. Diamkan kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat sambil digosok memutar secara perlahan
    • Selain cara diatas, kamu juga bisa langsung mengoleskan air perasan lemon keseluruh bagian wajah secara merata. Setelah 20 menit bilas air hangat. Cara seperti ini cocok untuk kulit berminyak.

Baca juga:  10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut dalam Waktu Singkat


Mudah bukan resep dan cara membuat masker alami diatas? Masker wajah alami ini bisa membantumu untuk memiliki kulit cerah, sehat, dan bebas jerawatan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Jangan lupa untuk menggunakan masker wajah alami ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sehingga kamu tidak perlu membeli produk-produk mahal atau bahkan ke dokter kulit untuk mendapatan wajah yang flawlesss. Tertarik untuk membuat masker-masker ini, Toppers?

THEAUTHOR

Claudia Estella

Claudia Estella has written 15 Article, See all posts