• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Realme C15: HP Dahsyat dengan Harga ‘Merakyat’

Share

Review Realme C15: HP Dahsyat dengan Harga ‘Merakyat’

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Realme C15 yang jadi pilihan memikat di kelas low-end. Baterai besar termurah?


Dalam waktu cepat, Realme menjadi salah satu brand handphone (HP) favorit di Tanah Air dengan mengandalkan produk berspesifikasi tinggi dan harga yang menarik.

Hadirnya Realme membuat persaingan di pasar smartphone low-end menjadi lebih ‘panas’ dan memungkinkan para pecinta gadget memiliki lebih banyak pilihan saat mencari gawai dengan harga terjangkau.

Lewat salah satu andalannya di kelas entry level, yakni Realme C15. Pabrikan ponsel yang masih satu keluarga dengan Oppo ini memberikan pilihan smartphone super tangguh dengan harga mulai Rp 1 jutaan.

Baca Juga: Review Redmi 9: HP Murah yang ‘Gagah’ dengan Fitur ‘Mewah’

Kelebihan Realme C15

Dengan harga yang sangat terjangkau, Realme C15 membawa beberapa kelebihan menarik. Terutama di bagian baterai, performa hingga keistimewaan di bagian kamera.

1. Kapasitas Baterai Super

review realme c15
Sumber Gambar: Realme

Nilai utama yang dikedepankan oleh Realme pada smartphone ini adalah di sektor sumber daya baterainya. Dengan kapasitas 6.000 miliampere hour (mAh), ponsel ini sangat bisa diandalkan seharian penuh.

Kapasitas baterai jumbo yang di atas rata-ratadan dukungan teknologi pengisian daya cepat 18 Watt (W), akan memuaskan penggunaan sehari-hari bahkan untuk gaming.

Jika kamu mencari HP dengan baterai besar dan daya tahan tangguh, Realme C15 adalah pilihan tepat untuk daily driver-mu.

2. Chipset Tangguh untuk Gaming

Tak hanya baterai besar, performa Realme C15 juga menakjubkan untuk ponsel sekelasnya. Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan seri prosesor khusus gaming dari MediaTek, yakni Helio G35.

Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nanometer (nm) dengan kinerja dahsyat berkat clockspeed mencapai 2,3 Gigahertz (GHz).

Realme C15 bisa jadi andalan bagi kamu yang mendambakan ponsel tangguh untuk gaming di harga yang ramah kantong.

3. Layar Berukuran Luas

kelebihan dan kekurangan realme c15
Sumber Gambar: Realme

Ukuran layar merupakan salah satu faktor penentu kepuasan dalam bermultimedia, main game hingga aktivitas media sosial. Untungnya, Realme C15 dibekali layar seluas 6,5 inci untuk memenuhi kebutuhan itu.

Layarnya juga sudah dilindungi dengan kaca Gorilla Glass besutan Corning agar lebih tahan benturan maupun goresan.

4. Empat Kamera Istimewa

Meski fitur quad camera adalah hal yang biasa terdapat pada smartphone masa kini. Namun, empat kamera utama pada ponsel entry level terbilang istimewa.

Realme C15 dibekali kamera utama 13 megapixel (MP) dengan sudut pandang lebar dan telah ditunjang fitur phase detection autofocus (PDAF) untuk pengambilan gambar yang optimal. Kualitas fotonya terbilang bagus sesuai harganya.

Selain itu, tiga kamera lainnya memiliki keunikan. Satu kamera 8 MP dengan sudut pandang 119 derajat atau lensa wide angle, serta 2 MP sensor B&W dan 2 MP lensa retro untuk fotografi yang menyenangkan berkat filter-filter unik.

5. Pilihan Penyimpanan Besar

kelebihan dan kekurangan realme c15
Sumber Gambar: Realme

Realme C15 juga hadir dengan penyimpanan internal yang terbilang cukup untuk kebutuhan di masa sekarang, yakni 64 GB. Meski ukuran ini mungkin akan sesak dalam wakut lebih dari satu tahun jika banyak install aplikasi.

Untungnya, Realme menawarkan varian C15 dengan memori internal sebesar 128 gigabyte (GB) bagi yang mau membayar lebih demi penyimpanan yang lebih lega.

tukar tambah hp bekas
Mau beli gadget baru idaman tapi masih kurang budget? Tukar Tambah aja di sini!

Baca Juga: Review Redmi Note 9: Siap Jadi Penerus HP Terlaris Sedunia?

6. Dukungan Tiga Slot Kartu

Bagi yang memilih Realme varian termurah dengan kapasitas 64 GB dan takut memorinya cepat penuh, jangan khawatir. Karena Realme memberikan tiga slot kartu sekaligus pada C15.

Di mana salah satu slot tersebut bisa digunakan secara khusus untuk kartu memori eksternal guna menambah kapasitas penyimpanan perangkat.

Jadi, kamu tetap bisa menggunakan dua kartu seluler dan satu memory card tanpa perlu mengorbankan salah satunya.

7. Harga yang Menggiurkan

spesifikasi realme c15
Sumber Gambar: Realme

Bukan hanya soal baterai yang memikat dari device ini, tapi tentu juga soal harga yang ditawarkan mengingat ia berada di kelas low-end.

Realme C15 varian termurah dengan random access memory (RAM) 3 GB dan penyimpanan internal 64 GB ditawarkan seharga hanya Rp 1,9 jutaan. Terbilang ramah kantong mengingat spesifikasi yang ditawarkan.

Kekurangan Realme C15

Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi tangguh, Realme C15 tetap memiliki kekurangan berupa hal-hal yang harus dikorbankan demi menjaga harganya tetap menarik. Meski begitu, kekurangannya adalah hal wajar dimiliki ponsel entry level.

8. Bodi Cukup Tebal

Karena baterai super besar yang tertanam di dalamnya, Realme C15 harus sedikit mengorbankan soal kenyamanan penggunaan karena bodinya yang cukup tebal.

Ketebalan 9,8 milimeter (mm) yang dimilikinya memang mungkin cukup terasa, akan tetapi ini masih terbilang wajar dan tidak terlalu mengganggu penggunaan sehari-hari.

9. Resolusi Layar Kurang?

spesifikasi realme c15
Sumber Gambar: Realme

Karena menonjolkan efisiensi baterai bersamaan dengan performa tangguh, Realme harus membenamkan layar beresolusi high definition (HD) plus saja pada C15. Hal ini masih bisa ‘dimaafkan’ karena harganya yang murah.

Meski begitu, resolusi layar yang tidak terlalu tinggi memiliki kelebihan tentunya dari soal konsumsi daya yang lebih irit.

10. Belum USB Type-C

Cukup disayangkan memang, Realme C15 belum didukung dengan konektivitas USB Type-C dan masih menggunakan microUSB. Meski begitu, dukungan fast charging untungnya bisa mengurangi kekurangannya yang satu ini.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik, Andalan Segala Kebutuhan

Spesifikasi Realme C15

  • Nama: Realme C15
  • Rilis: 28 Juli 2020
  • Berat: 209 gram (g)
  • Material: Kaca depan Gorilla Glass, bingkai dan penutup belakang plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,5 inci (rasio layar ke bodi ~88,7%)
  • Resolusi Layar: 720 x 1.560 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio G35 (12 nm)
  • Prosesor: Octa-core 2,3 GHz Cortex-A53
  • RAM: 3 GB atau 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB atau 128 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/2.2, lensa wide, PDAF) + 8 MP (f/2.3, lensa ultrawide 119 derajat) + 2 MP (f/2.4, B&W) + 2 MP (f/2.4, retro)
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.0, lensa wide)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE, aptX
  • USB: microUSB 2.0, mendukung USB On-The-Go (OTG)
  • Sensor: Fingerprint (di belakang), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 6.000 mAh (fast charging 18W)
  • Harga: Resmi mulai dari Rp 1.999.000 (cek harga Realme C15 selengkapnya)

Kelengkapan Paket Penjualan

  • Unit Realme C15
  • Kabel microUSB
  • Charger fast charging 18W
  • SIM card needle
  • Screen protect film
  • Buku panduan
  • Kartu garansi

Baca Juga: Rekomendasi HP Murah Terbaik dengan Spesifikasi Tinggi

Realme C15 dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan penggunaan intensif seharian dan aktivitas gaming berkat keunggulan pada kapasitas baterainya yang jumbo hingga prosesor berkinerja tangguh di kelasnya.

Banderol murah dan beberapa kelebihan lain melengkapinya untuk membuat Realme C15 menjadi pilihan memikat dengan harga ‘merakyat.’


jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!
© 2009-2024, PT Tokopedia