• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Samsung Galaxy A72: Mid-range Paling Menjanjikan

Share

Review Samsung Galaxy A72: Mid-range Paling Menjanjikan

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy A72. Mid-range premium dengan layar canggih hingga lensa zoom.


Samsung menawarkan Galaxy A72 di kelas mid-range untuk mengincar pengguna yang ingin memiliki smartphone berteknologi canggih dan lengkap dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Dari segi desain, Samsung Galaxy A72 memiliki bentuk yang mirip dengan Samsung Galaxy A52. perbedaannya terlihat jelas pada layar, dimana Samsung Galaxy A72 memiliki layar yang lebih lebar, yakni 6,7 inci.

Digadang-gadang smartphone mid-range rasa flagship, Galaxy A72 memiliki desain dan build quality yang solid dan terasa mahal. Padahal harganya masih terbilang terjangkau dan performa yang menawan.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A52: Kembalinya Seri A yang Dulu

Kelebihan Samsung Galaxy A72

Beberapa fitur dan teknologi canggih yang terdapat pada handphone premium kini tersemat di Samsung Galaxy A72. Mulai dari segi desain, chipset, kamera, hingga ketahanannya terhadap air. Berikut ulasan keunggulannya:

1. Layar Lega dengan Refresh Rate 90Hz

review samsung galaxy a72

Sumber Gambar: Samsung

Jika kamu sedang mencari smartphone dengan layar yang lebar, Samsung Galaxy A72 adalah pilihan yang tepat.

Dengan layar super AMOLED berdimensi 6,7 inch dimana layar tersebut memiliki resolusi Full HD plus dengan kerapatan pixel mencapai 393 ppi.

Tak hanya itu, ponsel ini telah dibekali dengan teknologi layar 90Hz yang membuat gerakan layar akan terlihat semakin smooth dan nyaman dipandang.

Pengguna akan terasa dimanjakan saat bermain game atau scrolling media sosial dengan hadirnya layar pada handphone ini dengan refresh rate 90Hz.

2. Chipset Andal dari Qualcomm

Ditenagai dengan chipset Snapdragon 720 G membuat Galaxy A72 menjadi raja di kelas mid-range.

Adreno 618 juga menjadi alasan mengapa handphone ini termasuk kelas unggul karena memiliki sektor grafis yang ciamik. Didukung dengan RAM 8GB yang menunjang performa pada Galaxy A72.

Dengan RAM besar, rasanya menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan bukan lagi menjadi masalah. Sehingga, handphone ini adalah pilihan yang tepat untuk mendukung aktivitas multitasking.

3. Baterai Jumbo dan Fast Charging

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a72

Sumber Gambar: Samsung

Tidak hanya dari segi performa saja yang unggul, Samsung Galaxy A72 juga memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Selain itu juga didukung dengan fitur fast charging 25W yang tidak perlu menunggu lama untuk baterai ponsel terisi penuh.

Dengan baterai sebesar itu dan adanya fitur fast charging, rasanya tidak perlu lagi merasa cemas akan kehabisan baterai saat bermain game atau nonton video.

Serta tak perlu panik saat ponsel kehabisan baterai karena kemampuannya mengisi daya dengan cepat. 

4. Ketahanan terhadap Air dan Debu

Kelebihan Samsung Galaxy A72 yang lumayan banyak menarik perhatian adalah ketahanannya terhadap air dan debu. Di mana ini adalah salah satu fitur premium yang terdapat pada sebuah ponsel pintar.

Klaim ini tentu bukan tanpa alasan, dengan adanya sertifikasi IP67 untuk ketahanan air dan debu, ponsel ini tahan air hingga 1 meter selama 30 menit.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir apabila ponsel kamu tidak sengaja terjatuh di kamar mandi atau kolam renang dengan kedalaman kurang dari satu meter dalam waktu kurang dari setengah jam.

5. Game Booster dan Memori 256GB

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a72

Sumber Gambar: Samsung

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pengguna saat ini yang mencari handphone dengan spesifikasi smartphone khusus gaming karena kemampuannya yang cepat saat digunakan.

Samsung Galaxy A72 telah mendukung kinerja dengan game booster. Maka, dapat mengurangi gangguan dan tingkatkan pengalaman gaming kamu. Frame booster memberikan grafis yang halus dan terlihat lebih tajam dan jernih.

Menariknya, game booster dapat mempelajari pola penggunaan kamu untuk mengoptimalkan baterai, hingga menjaga suhu perangkat agar tetap stabil dan menghindari overheating.

Satu lagi fitur premium yang hadir pada A72, yakni pilihan kapasitas memori hingga 256 gigabyte (GB) yang biasanya hanya tersedia untuk jajaran flagship. Dengan begitu, penggunaan dalam jangka waktu panjang akan lebih otpimal.

Baca Juga: Review Oppo Reno 5: Lebih Lengkap, Kamera Cakap

6. Kamera Tajam dan Lensa Telephoto

Samsung Galaxy A72 dibekali dengan 4 kamera yang siap mengabadikan momen menyenangkan bersama orang tersayang.

Kamu bisa menggunakan resolusi ultra tinggi pada kamera utama 64MP dengan OIS untuk hasil foto yang tajam dan jernih. Kamu juga bisa memperluas jangkauan objek dengan menggunakan ultra wide camera.

Kamera ini juga sudah dilengkapi fitur 3x optical zoom dan 30X space zoom pada lensa telephoto dengan optical image stabilization (OIS), yang membantu menstabilkan bidikan untuk menjaga gerakan halus dan hasil gambar tajam bahkan saat cahaya redup.

Pengguna juga dimanjakan dengan kemampuan merekam video sampai dengan resolusi 4K.

7. Desain Premium

spesifikasi samsung galaxy a72

Sumber Gambar: Samsung

Samsung Galaxy A72 mendapat julukan raja di kelas mid-range tentu bukan tanpa alasan. Selain tenaga prosesor dan fitur canggih lainnya, ponsel ini memiliki desain yang premium.

Pengguna akan dimanjakan dengan kehadiran 4 pilihan warna, yakni Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet dan Awesome Blue.

Bobot 203 gram (g) dengan dimensi yang panjang dengan ketebalan yang nyaman saat digenggam, membuat ponsel ini lebih terasa mahal dan premium. 

8. Dual Speaker di Atas dan Bawah

Tak bisa dipungkiri bahwa kamu pasti pernah merasa kesulitan menangkap suara saat menggunakan ponsel mode landscape karena speaker yang terletak di bagian bawah perangkat.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena Galaxy A72 hadir dengan dua speaker, yakni satu di atas dan satu di bawah.

Kamu bisa mendapatkan pengalaman audio stereo tanpa earphone. Nikmati menonton film atau game favorit kamu dengan suara sinematik yang akan membuatmu menyelam ke dalam setiap adegan.

Kekurangan Samsung Galaxy A72

Samsung Galaxy A72 memang membawa kesan premium dan mahal untuk kelas mid-range. Meskipun memiliki fitur dan keunggulan cukup lengkap, smartphone ini juga memiliki sedikit kekurangan yang perlu kamu ketahui:

9. Harga Lebih Mahal

spesifikasi samsung galaxy a72

Sumber Gambar: Samsung

Samsung Galaxy A72 memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni mulai dari Rp 5,999 juta untuk kapasitas memori internal 128GB.

Namun, melihat dari sederet kelebihan dan spesifikasi yang memanjakan para penggunanya. Rasanya harga yang ditawarkan masih terbilang cukup masuk akal dan sangat wajar. 

10. Tidak Tersedia Triple Slot

Untuk kelas mid-range dengan harga 5 jutaan, sangat disayangkan Samsung Galaxy A72 tidak mendukung triple slot.

Smartphone ini hanya bisa mendukung penggunaan satu kartu SIM dan micro SD card, atau penggunaan dual sim tanpa adanya kartu memori eksternal.

Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena Galaxy A72 juga menawarkan kapasitas memori internal yang cukup besar yaitu 128 GB dan 256 GB. Rasanya dengan kapasitas penyimpanan sebesar itu kamu sudah tidak perlu menambah memori eksternal.

Baca Juga: Review Xiaomi Mi 10T: HP dengan Snapdragon 865 Termurah?

Spesifikasi Samsung Galaxy A72

  • Nama: Samsung Galaxy A72
  • Rilis: 17 Maret 2021
  • Berat: 203 g
  • Material: Depan Kaca dengan pelindung Gorilla Glass 5, bodi plastik
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED 6,7 inci, Infinity-O display
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel (90Hz, 800 nits)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8GB
  • Memori Internal: 128GB atau 256GB
  • Kamera Belakang: 64 MP (f/1.8, 26mm wide, PDAF, OIS) + 12 MP (f/2.2, 123 derajat ultrawide) + 8 MP (f/2.4, lensa telephoto, PDAF, OIS, 3x optical zoom, 30x SpaceZoom) + (5 MP, f/2.4, makro)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.2, 26mm wide)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • NFC: Tersedia
  • Sensor: Fingerprint (di bawah layar, optik), accelerometer, proximity, compass
  • Baterai: 5.000 mAh (fast charging 25W)
  • Harga: Resmi mulai dari Rp 5.999.000 (cek harga Samsung Galaxy A72 selengkapnya)
Baca Juga: HP Snapdragon 865: Performa Tokcer, Lebih Terjangkau

Dengan hadirnya fitur dan teknologi canggih pada Samsung Galaxy A72 yang membuatnya terlihat memikat. Pas bagi kamu yang tengah mencari smartphone kelas menengah dengan rasa premium yang masih terjangkau dan jauh lebih murah dari flagship.

Bagaimana Toppers, tertarik upgrade?

Beli Samsung Galaxy A72 di Sini

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

© 2009-2024, PT Tokopedia