Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Samsung Galaxy S21 FE 5G: Tetap Lengkap dan Ngebut

10 January 2022
Share icon
Share
Review Samsung Galaxy S21 FE 5G: Tetap Lengkap dan Ngebut

Review kelebihan, kekurangan, spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S21 FE. Alternatif flagship menggiurkan berfitur lengkap dan performa tinggi.


Galaxy FE merupakan kependekan dari "Fan Edition" yang hadir khusus untuk para penggemar Samsung. Smartphone seri ini juga bisa dibilang sebagai versi “lite” dari seri unggulan.

Sukses dengan Galaxy S20 FE, kini Samsung Galaxy S21 FE hadir setelah 11 bulan dari peluncuran Samsung Galaxy S21 series. Meluncur dengan harga lebih rendah dan beberapa fitur yang di-downgrade dari seri S21, namun tetap dengan spesifikasi yang tangguh.

Mulai dari kualitas layar imersif, prosesor, hingga baterai, ponsel ini sangat andal untuk kamu yang ingin memiliki gawai “mewah” Samsung dalam versi lebih terjangkau. Jika tertarik, simak ulasang selengkapnya berikut ini, Toppers!

Baca Juga: Review Samsung Galaxy Note 10 Lite: Alternatif Flagship Terbaik

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE

Hadir sebagai versi Fan Edition yang lebih terjangkau dari S21, Samsung tetap mempertahankan kualitas ponsel ini dengan memberikan spesifikasi terbaik untuk para pengguna. Simak kelebihannya berikut ini:

1. Desain Menarik dan Warna Unik

Samsung Galaxy S21 FE hadir dengan warna olive dan lavender yang colorful dan soft hingga graphite dan white yang klasik nan estetik. Kamu dapat memilih warna ponsel sesuai dengan gayamu sehari-hari.

Ponsel ini memiliki ukuran 6,4 inci yang cukup ideal untuk digenggam, dimasukkan ke dalam saku, dan juga berbagai aktivitas di dalam ponsel dengan nyaman.

2. Kualitas Layar Imersif dengan Super Smooth 120 Hz

Dari segi layar, Samsung Galaxy S21 FE memiliki layar super smooth 120 Hz untuk scrolling dengan lancar, gaming anti nge-lag, dan juga multitasking yang mulus. Kamu juga akan mendapatkan respons sentuhan yang cepat dalam Mode Game yang ada di ponsel ini.

Selain itu, Samsung menghadirkan layar imersif dengan panel Dynamic AMOLED 2X yang menghadirkan kecerahan warna bahkan di bawah sinar matahari yang menyilaukan.

3. Dilengkapi Gorilla Glass Victus

Ucapkan selamat tinggal pada handphone yang retak dan rusak. Samsung Galaxy S21 FE dilengkapi layar Gorilla Glass Victus yang terbaik pada saat ini.

Proteksi layar ini akan melindungi layar ketika terjatuh dari ketinggian 2 meter ke permukaan keras. Selain itu, ponsel akan tahan banting dan juga tahan gores.

4. Menggunakan Chipset Terbaik

Sebuah prosesor akan bekerja keras saat ponsel digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi atau multitasking. Handphone ini akan mendukung segala aktivitasmu dengan lancar dengan chipset terkencang saat ini, yakni Snapdragon 888.

Dapur pacu unggulan dari Qualcomm ini 25% lebih cepat dibanding pendahulunya dengan kemampuan GPU Adreno 660 yang lebih baik. Dengan Snapdragon 888, kamu bisa bermain game dengan grafis yang paling tinggi tanpa takut nge-frame. Selain itu, chipset ini juga mendukung pengisian daya yang super cepat dan juga 5G, Toppers.

5. Mendukung Pengisian Daya Cepat dan Wireless Charging

Teknologi baterai di ponsel ini bisa dibilang cukup mengesankan. Samsung Galaxy S21 FE memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh yang memiliki kecepatan pengisian daya 50% dalam waktu 30 menit.

Selain itu, ponsel ini mendukung wireless charging 2.0, jadi kamu hanya perlu meletakannya ke alat wireless charging yang kompatibel. Gawai ini juga mendukung powershare nirkabel yang bisa digunakan sebagai 'powerbank' ke ponsel, buds, atau jam tangan pintar.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S20 Plus: Seri S20 Paling Ideal dan Favorit?

6. Memiliki Sertifikasi IP68

Sertifikasi IP68 merupakan kode sertifikat yang ditetapkan International Electrotechnical Commission/IEC sebagai sistem untuk mengklasifikasikan tingkat pengamanan pada peralatan elektronik. Pada sertifikasi IP68, smartphone tahan terhadap air, dan mampu bertahan di kedalaman 1,5-2 meter selama 30 menit.

7. Mendukung Konektivitas 5G

HP Samsung dengan konektivitas 5G hadir dalam koleksi ponsel premium seri S yang memiliki kecanggihan terkini ponsel flagship, termasuk Samsung Galaxy S21 FE. Konektivitas sinyal 5G memiliki kekuatan yang 100x kali lebih cepat hingga 10 Gbps daripada jaringan 4G yang hanya mencapai 50 Mbps saja.

Koenktivitas 5G juga memiliki low-latency connection sejak informasi atau media dikirim dan diterima sehingga pengunduhan akan terjadi lebih cepat.

8. Teknologi Kamera yang Canggih

Dilengkapi triple camera dengan sensor utama 12 MP, Samsung menyematkan berbagai teknologi kamera yang canggih dalam ponsel ini. Samsung Galaxy S21 FE memiliki mode potret yang mengesankan untuk diunggah ke sosial media.

Selain itu, ponsel ini memiliki fitur perekaman ganda untuk membuat video layaknya vlog profesional secara mudah dan instan. Mode malam dalam kamera ini juga dapat menangkap cahaya redup dengan baik saat di malam hari.

Pemrosesan multi-bingkai AI menghadirkan lebih banyak warna dan detail, sehingga bidikan selfie kamu lebih baik dan tanpa noise.

Dengan 30X Space Zoom dari Galaxy S21 FE 5G, kamu dapat menangkap bidikan sempurna meskipun dari jauh. Fitur Zoom Lock kamera ini juga akan mengurangi guncangan saat kamu melakukan zoom.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE

Selain berbagai kelebihan tersebut, Samsung Galaxy S21 FE masih memiliki celah kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memasukkannya ke dalam keranjang belanja:

9. Resolusi Kamera Standar

Samsung Galaxy S21 FE dilengkapi dengan 12 MP (f/1.8, wide, Dual Pixel PDAF, OIS + 8 MP (f/2.4, telephoto, PDAF, OIS, 3x optical zoom) + 12 MP (f/2.2, ultrawide) dan kamera depan 32 MP yang masih bisa dibilang “biasa” untuk seukuran ponsel yang dibandrol dengan harga 8 jutaan karena banyak ponsel di luar sana yang menghadirkan resolusi kamera lebih baik.

Namun, sensor kamera ini tetap memiliki kelebihan, yakni banyaknya teknologi kamera untuk membantumu kegiatan berfotografi.

10. Tidak Ada Perubahan Desain

Desain Samsung Galaxy S21 FE memiliki desain yang sama dengan koleksi-koleksi ponsel pendahulunya, yakni tata letak kamera yang dibuat diagonal.

Hal ini juga bisa menjadi kelebihan bagi Samsung karena menjadi ciri khas untuk koleksi ponselnya, namun bisa juga menjadi kekurangan dengan desainnya yang hampir selalu sama.

Namun, hal ini bukan menjadi masalah yang besar karena yang terpenting kualitas kamera, prosesor, dan teknologi di dalam ponsel sudah canggih dan baik.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S21: Pesona Sang Flagship Ideal

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S21 FE

  • Nama: Samsung Galaxy S21 FE
  • Rilis: 4 Januari 2022
  • Berat: 177 gram (g)
  • Material: Glass front (Gorilla Glass Victus), plastic back, aluminum frame
  • Jenis dan Ukuran Layar: Dynamic AMOLED 2X, 6.4 inci, 98.9 cm2 (~85.3% screen-to-body ratio)
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~411 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 680 & 3x2.42 GHz Kryo 680 & 4x1.80 GHz Kryo 680)
  • GPU: Adreno 660
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.8, wide, Dual Pixel PDAF, OIS + 8 MP (f/2.4, telephoto, PDAF, OIS, 3x optical zoom) + 12 MP (f/2.2, ultrawide)
  • Kamera Depan: 32 MP (f/2.2, wide)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • Sensor: Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 4500 mAh (Fast charging 25W)
  • Harga Resmi: Rp8.999.000 - Rp9.999.000 (cek harga Samsung Galaxy S21 FE selengkapnya)
Baca Juga: Daftar HP Samsung Terbaru dan Harganya

Samsung Galaxy S21 FE hadir sebagai versi lebih murah daripada S21 namun tetap mempertahankan kelebihan yang sangat baik. Mulai dari kualitas layar, chipset bertenaga, hingga teknologi kamera yang mengesankan.

Tergiur untuk membeli Samsung Galaxy S21 FE? Temukan dengan harga terbaik di Tokopedia!

Beli Samsung Galaxy S21 FE di Sini

Penulis: Zihan Berliana Ram Ghani

#Review

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Editor Picks
    NFT, Masa Depan Seni Digital atau 'Fatamorgana'?
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia