• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Review Xiaomi Redmi Note 10 Pro: Makin ‘Pro’ untuk Gaming

06 March 2023

Share

Review Xiaomi Redmi Note 10 Pro: Makin ‘Pro’ untuk Gaming

Review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10 Pro. Semakin powerful dan nyaman untuk gaming.

Semenjak kemunculan Redmi Note 5 Pro, Xiaomi selalu memasangkan seri Redmi Note biasa dengan versi yang lebih tangguh. Untuk menyasar pengguna yang ingin merogoh kocek sedikit lebih mahal dari versi standar guna menikmati performa lebih powerful.

Hingga Redmi Note 10 series, skema ini tetap dilakukan oleh pabrikan smartphone asal Tiongkok ini. Artinya, sejak beberapa generasi hingga kini, Xiaomi selalu meraih kesuksesan atas penjualan ‘adik-kakak’ antara Redmi Note biasa dengan yang versi Pro.

Teranyar, Xiaomi Redmi Note 10 Pro dihadirkan dengan peningkatan yang begitu terasa. Ini bisa dibilang sebagai handphone impian bagi yang punya budget menengah, tapi ingin merasakan performa dari ponsel semi-flagship.

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi Note 10: Dijamin Lebih Laris!

Kelebihan Redmi Note 10 Pro

Meski tak bisa dibilang murah, akan tetapi apa yang dibawa oleh Redmi Note 10 Pro akan membuat banderol harganya mungkin tak masuk akal. Namun, tentu ini jadi angin segar bagi penyuka gawai berspesifikasi tinggi. Berikut daftar kelebihannya:

1. Layar Super AMOLED

review redmi note 10 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Sama seperti saudaranya, Redmi Note 10 Pro juga jadi seri Redmi Note pertama yang dibekali dengan panel layar Super AMOLED.

Dengan warna yang khas dan memikat, penggunaan jenis layar ini akan menambah user experience ke level yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan IPS.

2. Refresh Rate 120 Hz!

Tak cukup hanya menggunakan panel layar AMOLED, Xiaomi juga memberikan refresh rate 120 Hertz (Hz) pada Redmi Note 10 Pro!

Ini adalah fitur mewah yang hanya ada pada handphone kelas premium ataupun flagship. Jadi, di rentang harga menengah, peningkatan ini sungguh sangat luar biasa.

Aktivitas menonton video maupun bermain game akan sangat berasa bedanya.

3. Chipset Makin Ngebut

kelebihan dan kekurangan redmi note 10 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Meski Redmi Note 9 Pro juga dibekali prosesor dari Qualcomm (Snapdragon 720G). Tapi, Redmi Note 10 Pro lebih canggih dan tangguh berkat prosesor Snapdragon 732G yang dibawanya.

Meski memiliki clockspeed yang sama, akan tetapi performa dari Snapdragon 732G naik secara signifikan berkat penggunaan arsitektur Kryo 470 Gold & Silver yang dibawanya.

4. Resolusi Kamera 64 MP

Resolusi kamera tinggi sebesar 64 MP pada Redmi Note 10 Pro akan membuat hasil tangkapan gambar lebih detail. Cocok bagi kamu yang mencari ponsel yang tak hanya kencang untuk gaming, tapi juga untuk mendukung aktivitas fotografi.

5. Punya Sertifikasi IP53

kelebihan dan kekurangan redmi note 10 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Sama dengan ‘adiknya’ (Redmi Note 10), ponsel bongsor ini juga dibekali dengan sertifikasi IP53 yang membuatnya punya proteksi terhadap cipratan air dan debu.

Mungkin ini fitur yang tidak begitu diperhatikan, tapi memiliki peranan penting bagi keawetan perangkat itu sendiri.

Baca Juga: Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: ‘Kamera Saku’ Berwujud Smartphone

6. Fast Charging 33 Watt

Redmi Note 9 Pro datang dengan pengisi daya 30 Watt (W), sementara Redmi Note 10 Pro membawa sedikit pengingkatan berkat fast charging 33 W.

Meski perbedaannya tidak terlalu jauh, tapi tentu ini semakin memangkas waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai perangkat. Bahkan, dalam 30 menit, baterai Redmi Note 10 Pro bisa terisi 59%.

7. Upgrade Teknologi Storage

kelebihan dan kekurangan redmi note 10 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Saat merilis Redmi Note 9 series, Xiaomi memberikan teknologi penyimpanan UFS 2.1 pada perangkat menengahnya itu. Sementara, untuk Redmi Note 10 series diberikan versi satu tingkat lebih canggih, yakni UFS 2.2.

UFS 2.2 memiliki fitur bernama WriteBooster, yaitu teknologi pemrosesan data penyimpanan yang lebih optimal guna mendukung kinerja ponsel.

8. Fresh, Modern dan Lebih Compact

Meski punya ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, Redmi Note 10 Pro punya dimensi dan ketebalan yang lebih ringkas. Bahkan, bobotnya pun lebih ringan dengan selisih sekitar 16 gram (g).

Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Tidak banyak kekurangan yang bisa dibahas darinya, karena tertutup dengan spesifikasi paling mentereng di kelasnya. Namun, ada beberapa hal kecil yang menjadi perhatian, yakni sebagai berikut:

9. Tidak Ada In-display Fingerprint

spesifikasi redmi note 10 pro

Sumber Gambar: Xiaomi

Penggunaan layar AMOLED tidak juga menjamin hadirnya fitur sensor sidik jari di balik layar. Sayangnya, smartphone ini hanya diberi sensor fingerprint di bagian samping untuk mengaksesnya.

Akan tetapi, mungkin hal ini bisa dimaafkan dengan beberapa kelebihan signifikan di bagian layarnya.

10. Harga Sedikit Lebih Mahal

Redmi Note 10 Pro ditawarkan dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Redmi Note 9 Pro saat pertama kali dirilis. Di mana terdapat selisih sekitar seratus ribuan.

Namun, rasanya membayar sedikit lebih tak akan jadi masalah karena fitur dan spesifikasi yang ditawarkan juga lebih tinggi.

Baca Juga: Review Xiaomi Redmi Note 8 Pro: Gagah di Sektor Kamera

Spesifikasi dan Harga Redmi Note 10 Pro

  • Nama: Xiaomi Redmi Note 10 Pro
  • Rilis: 4 Maret 2021
  • Berat: 193 gram (g)
  • Material: Kaca depan Gorilla Glass 5
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED 6,67 inci (rasio layar ke bodi ~85,6%)
  • Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 piksel (~395 piksel per inci)
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 732G (8 nm)
  • Prosesor: Octa-core (2×2,3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1,8 GHz Kryo 470 Silver)
  • RAM: 6 GB atau 8 GB
  • Memori Internal: 64 GB atau 128 GB
  • Kamera Belakang: 108 MP (f/1.9, 26 mm, wide, dual pixel PDAF) + 8 MP (f/2.2, ultrawide) + 5 MP (f/2.4, macro, AF) + 2 MP (f/2.4, depth)
  • Kamera Depan: 16 MP (f/2.5, wide)
  • Bluetooth: 5.1, A2DP, LE
  • USB: USB Type-C 2.0
  • Sensor: Fingerprint (di samping), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Baterai: 5.020 mAh (fast charging 33W)
  • Harga: Resmi mulai dari Rp 3.599.000 (cek harga Xiaomi Redmi Note 10 Pro selengkapnya)
Baca Juga: Daftar HP Xiaomi Terbaik: Low-end hingga Flagship Andalan

Dengan layar yang makin ciamik dan tangguh berkat kemampuan refresh rate tinggi, Xiaomi Redmi Note 10 Pro akan sangat memanjakan pengguna untuk aktivitas multimedia dan bermain game sedang hingga berat.

Beli Xiaomi Redmi Note 10 Pro di Sini

© 2009-2024, PT Tokopedia