Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Struktur Teks Deskripsi, Penjelasan dan Contohnya
13 June 2021
Visitor counter icon0Comment icon0
Share icon
Share
struktur teks deskripsi adalah
Sumber gambar: freepik

Teks deskripsi adalah kalimat maupun paragraf yang bertujuan menggambarkan suatu objek secara detail. Berikut ini struktur teks deskripsi dan contohnya.


Saat kamu membaca suatu tulisan, ada berbagai informasi yang bisa kamu dapatkan di dalamnya, termasuk hal-hal mendetail mengenai objek yang dijelaskan secara rinci.

Contohnya, dalam sebuah novel terdapat berbagai informasi mengenai pemeran antagonis dan protagonis, dari nama, perawakan hingga sifatnya. Apakah kamu pernah terpikirkan, mengapa hal seperti itu dijelaskan secara rinci?

Jika kamu belum mengetahuinya, kamu bisa memahami beberapa hal mengenai teks deskripsi, termasuk struktur, penjelasan dan contohnya!

jual Ransel Catenzo Junior untuk anak
Lebih semangat ke sekolah dengan ransel Catenzo Junior terbaik di sini!

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi digunakan untuk memberikan informasi yang jelas dan rinci mengenai suatu topik dan hal. Melalui teks deskripsi, ada berbagai pemaparan mengenai situasi maupun objek yang berada di dalamnya.

Tujannya sendiri agar pembaca dapat memahami lebih dalam dan lebih lanjut mengenai tulisan tersebut melalui visualisasi yang ditunjukkan dengan tulisan.

Contohnya bila penulis ingin menunjukkan sebuah tempat makan, maka ia akan menjelaskan dengan rinci dekorasi, warna hingga suasana dalam tempat makan tersebut.

Deskripsi yang diberikan oleh penulis dapat berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan gambaran yang rinci dan jelas untuk para pembaca dari sudut pandang dan perspektif penulis. 

Baca Juga: 25 Kata Motivasi untuk Mengembalikan Semangat Belajar

Struktur Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki struktur yang berfungsi untuk memberikan gambaran yang jelas dan lebih luas bagi para pembaca, struktur tersebut antara lain:

1. Identifikasi

Awal penulisan, proses identifikasi akan dimulai dengan penentuan situasi maupun objek yang ingin dituliskan oleh sang penulis, ini akan membantu proses penulisan lebih lanjut agar penggambaran setiap hal tampak lebih jelas.

2. Klasifikasi

Bila objek dan situasi yang diidentifikasikan telah selesai ditentukan, maka selanjutnya adalah proses menentukan cara menyampaikan makna dari cerita tersebut. Maka, penulis mulai menyusun kalimat yang dapat mendeskripsikan lebih lanjut dan memberikan gambaran serta bayangan dari penulis kepada pembaca.

3. Deskripsi

Bila proses identifikasi dan klasifikasi telah selesai, maka proses deskripsi bertujuan untuk memaparkan topik secara luas dan terarah melalui gambaran dan detail yang ditunjukkan dalam tulisan.

jual buku sekolah
Cari buku pelajaran terlengkap dengan harga murah? Yuk, temukan di sini!

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ada beberapa ciri-ciri dari teks deskripsi sebagai berikut:

  • Memberikan sebuah gambaran mengenai situasi, objek maupun hal-hal lain yang terdapat dalam topik tulisan.
  • Penjelasan Dari topik yang ditentukan akan cukup detail, dari warna, ukuran maupun suasana akan ditunjukkan.
  • Tulisan akan dibawa berdasarkan pandangan dan perspektif penulis.
  • Penggambaran yang detail dari topik tersebut bertujuan agar para pembaca dapat merasakan secara jelas sudut pandang penulis.
  • Beberapa kata akan bersifat kiasan, konotasi maupun majas.

Baca juga: Metamorfosis Kupu-Kupu, dari Telur Hingga Kupu-Kupu Dewasa

Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini merupakan contoh teks deskripsi berdasarkan objek penulisan sebagai berikut:

Kedai kopi penuh kenangan

Sebuah kedai kopi kecil berwarna coklat yang tampak tua begitu mencuri perhatian di pinggiran kota Makassar. Melihatnya sekilas saja, semua orang akan terpesona dengan tampilannya yang tidak berubah sejak 30 tahun yang lalu.

Hanya ada sedikit perubahan pada lampu dan dinding kedai tersebut, namun penyusunan meja, kursi serta dekorasinya masih sama seperti foto tahun 90-an yang tergantung pada dinding warung kopi tersebut.

Kedai kopi ini hanya menyediakan beberapa jenis camilan dan kopi toraja andalannya. Tampak tidak ada yang istimewa awalnya, tidak ada pilihan menu yang modern dan kekinian, namun rasa kopi yang khas dan dipertahankan secara turun temurun membuat kedai kopi ini selalu ramai pengunjung.

Dekorasi yang masih tampak unik tanpa sentuhan modern membuat pengunjung ditarik untuk bernostalgia merasakan suasana kota tua.

Tidak ada pembayaran menggunakan mesin EDC atau QR, hanya ada laci tua dari kayu yang menyimpan seluruh penjualan dihari itu. Sungguh sebuah kedai kopi penuh kenangan bagiku.

Baca juga: Penyebab Perang Diponegoro, Kronologi dan Tokohnya

Itu dia struktur teks deskripsi, penjelasan beserta contohnya yang dapat kamu terapkan dalam tulisan.

Pastikan bahwa tulisan kamu cukup jelas dan terperinci agar pembaca dapat menikmati hasil tulisan kamu dengan baik.

Nah, bagi kamu yang ingin menambah waktu belajar, gunakan voucher belajar Tokopedia dan daftar portal e-Learning atau bimbel online terbaik sekarang juga.

top up pulsa
Enggak perlu ribet lagi, sekarang top-up pulsa, paket data hingga e-money bisa lebih praktis di sini!

Penulis: Claudia Angelista

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia