• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

20 Tempat Wisata Purbalingga Paling Hits Tahun 2024

26 February 2024

Share

20 Tempat Wisata Purbalingga Paling Hits Tahun 2024

Daftar tempat wisata Purbalingga yang harus kamu kunjungi tahun 2024. Jelajahi pesona alam dan tempat wisata Purbalingga bersama keluarga dan kerabat.

Toppers, yuk jelajahi tempat wisata Purbalingga! Daerah yang terletak di Jawa Tengah ini mungkin tidak seterkenal kota atau kabupaten lain di Jateng. Namun, Kabupaten Purbalingga menyimpan begitu banyak pesona alam dan tempat wisata hits yang bisa kamu eksplor. Purbalingga berada tidak jauh dari Purwokerto, dan kamu bisa mengunjungi Kabupaten ini dengan kereta ataupun kendaraan pribadi. Karena jumlah tempat wisata yang ada di sini ada banyak, persiapkan rencana yang matang untuk liburan kamu ke Purbalingga, ya, Toppers.

Baca Juga: Tempat Wisata Ngawi Terbaik, Recommended!

Tempat Wisata Hits Purbalingga

Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan ke Purbalingga, Tokopedia punya deretan tempat wisata hits dan populer yang bisa kamu kunjungi. Simak daftarnya berikut ini:

1. Owabong WaterPark Purbalingga

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Herman1128

Tempat wisata Purbalingga yang paling hits pertama adalah Owabong Waterpark. Di sini kamu bisa bermain berbagai wahana air, termasuk terjun dari waterboom yang besar. Di sisi lain, ada wahana istana air, kolam arus, kolam bebas tsunami, waterball, hingga kolam ember tumpah. Toppers juga bisa bermain go-kart dan rafting di Sungai Purbalingga dengan arung jeram yang seru. .

  • Alamat: Owabong Waterpark, Jl. Raya Owabong, Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53362, Indonesia
  • Harga Tiket: Rp25.000 - Rp35.000/orang

2. Situ Tirta Marta Desa Karangcegak

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Pikiran Rakyat

Toppers, mau merasakan mandi dengan sumber air alami yang sejuk? Coba ke Situ Tirta Marta yang terletak di Desa Karangcegak, Purbalingga. Situ ini terkenal dengan airnya yang begitu bening, kamu bisa mengambil foto di dalam air dan hasilnya pun sangat jelas. Di sini Toppers juga bisa bersantai di pinggir kolam, suasananya begitu sejuk karena ada banyak pepohonan hijau di sekitaran Situ Tirta Marta. Tertarik untuk pergi ke sini?

  • Alamat: Dusun 1, Karangcegak, Kutasari, Purbalingga Regency, Central Java 53361
  • Harga Tiket: Rp 3.000 - Rp 15.000/orang

3. Sanggaluri Park Purbalingga

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Youtube.com/Purbalingga

Sanggaluri Park adalah taman bermain keluarga yang mempunyai berbagai atraksi menghibur. Kamu bisa melihat koleksi reptil dan wayang yang ada di sini. Ada juga koleksi uang dari berbagai macam dunia yang tersimpan dengan baik di Museum Uang Sanggaluri Park. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera sebelum datang ke tempat wisata ini, karena ada berbagai macam spot foto instagramable.

  • Alamat: Jalan Raya Taman Reptile, Dusun II, Kutasari, Kec. Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53361
  • Harga Tiket: Rp15.000 - Rp30.000

4. Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Tribunnews

Ketika kamu menapakkan kaki ke tempat wisata Purbalingga ini, kamu bisa menghabiskan banyak waktu dengan bermain dan belajar dari berbagai koleksi yang ada di sini. Ada planet aquarium, istana burung, diorama satwa, hingga konservasi rusa yang bisa Toppers kunjungi. Di Taman Wisata Pendidikan Purbasari juga ada camping ground dan homestay yang bisa kamu pesan untuk menginap satu malam.

  • Alamat: Jl. Raya Purbayasa, RT.03/RW.02, Purbayasa, Kec. Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53372
  • Harga Tiket: Rp23.000/orang

5. D’las Lembah Asri Serang Purbalingga

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: DISPORAPAR KAB. PURBALINGGA

Lokasi D’las Lembah Asri Serang berada di Gunung Slamet, karena itu suasana sekitarnya masih sangat asri, sehingga kamu bisa menikmati udara sejuk di sini. Ada berbagai fasilitas hiburan tersedia di D’las Lembah Asri Serang, beberapa diantaranya ada flying fox, ATV, dino land, kereta wisata, memetik buah stroberi, sampai berkuda. Banyak sekali ya yang bisa dicoba, tertarik untuk berkunjung ke wisata yang satu ini?

  • Alamat: Jl. Raya Serang, Krajan, Serang, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket: Rp5.000
Baca Juga: Wisata Tulungagung Terbaru yang Lagi Hits, Wajib Dikunjungi!

6. Obyek Wisata Alam Gua Lawa

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Google Map/Yussanti nur fajrina

Toppers, pernah menjelajah Gua? Di Purbalingga ada sebuah Gua yang indah namanya Gua Lawa. Gua ini punya satu hal yang unik, yakni proses pembentukan Gua Lawa berawal dari letusan gunung api Slamet pada zaman purba yang kemudian membeku dan menjadi sebuah gua. Untuk petualangan yang lebih seru, kamu disarankan untuk mengunjungi Gua Lawa saat pagi hari supaya kamu bisa puas mengeksplor gua ini lebih lanjut.

  • Alamat: Desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket: Rp20.000 - Rp25.000/orang

7. Alun-Alun Purbalingga

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Wikipedia

Jika kamu berkunjung ke suatu kota, pastinya kamu harus menyempatkan diri untuk mengunjungi pusat kota tersebut. Alun-alun Purbalingga, misalnya. Di sini, kamu bakal menikmati suasana Kabupaten Purbalingga sekaligus mencicipi kuliner khas yang ada di sekitar alun-alun. Banyak warga lokal tiap hari mengunjungi Alun-alun untuk sekedar santai dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Tentunya, Toppers juga bisa berfoto-foto di Alun-alun Purbalingga sebagai kenang-kenangan.

  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Purbalingga, Purbalingga Lor, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53311
  • Harga Tiket: Gratis

8. Kutabawa Rainbow Garden

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Native Indonesian

Toppers, yuk wisata ke kebun bunga cantik di Purbalingga! Tepat di kaki Gunung Slamet bagian timur, ada sebuah desa bernama Kutabawa. Di sini, ada taman bunga yang begitu indah bernama Kutabawa Rainbow Garden. Ada 18 jenis bunga yang bisa kamu lihat, di antaranya ada: lavender, petunia, pagoda, marigold, begonia, iriancis, tanggo, dan celosiaa. Selain bisa melihat bunga, ada juga wahana bermain anak-anak, flying fox salah satunya.

  • Alamat: Jalan Raya, Pejagan 1, Kutabawa, Karangreja, Purbalingga Regency, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket: Rp11.500/orang

9. Kampung Kurcaci

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: instagram.com/saynoaja

Masih di bawah kaki Gunung Slamet, ada sebuah tempat wisata yang memiliki rumah Hobbit dan rumah pohon. Selain itu, ada juga beragam spot foto menarik yang cocok buat publikasi timeline Instagram kamu. Tak jauh dari Kampung Kurcaci, ada dua air terjun yang bertengger, yakni, Air Terjun Lawang dan Air Terjun Tawarung. Rumah Kurcaci merupakan spot wisata Purbalingga yang kini lagi populer, Toppers. Kamu bisa berkunjung ke sini mulai dari jam 09.00–17.00 WIB.

  • Alamat: Krajan, Serang, Karangreja, Purbalingga Regency, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket: Rp5000/orang

10. Puncak Sendaren

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: KSMTour.com

Puncak Sendaren adalah objek wisata yang terkenal akan spot selfie-nya yang membuat kamu mampu memotret keindahan alam Purbalingga dari atas. Spot tersebut adalah sebuah jembatan bambu yang memiliki kapasitas 5 orang. Nah, untuk sampai ke tempat itu, Toppers harus mendaki dan melewati jalan setapak. Namun, kamu tidak akan kecewa dengan pemandangannya yang bakal menghipnotis kamu dengan keindahannya. Direkomendasikan untuk mengunjungi Puncak Sendaren saat waktu sunrise atau sun set.

  • Alamat: Jl. Ardi Lawet, Dusun I, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356
  • Harga Tiket: Rp5.000/orang
tiket kereta murah tokopedia

Jalan-jalan pakai kereta? Yuk pesan tiketnya di Tokopedia!

Baca Juga: Bertualang di Berbagai Destinasi Tempat Wisata di Purwokerto

11. Curug Tempuran

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Adit_aw

Tempat wisata Purbalingga selanjutnya ada Curug Tempuran yang bisa kamu tempuh dalam kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Toppers bisa menghabiskan waktu dengan berenang di sekitaran air terjun, namun disarankan agar tidak mendekati air terjun. Konon katanya, air terjun Curug Tempuran memiliki kedalaman yang cukup dalam. Sehingga tidak direkomendasikan bagi yang belum bisa berenang berada di bawah air terjun. Akan tetapi, jangan khawatir, pasalnya kamu bisa menikmati kesejukan dari lingkungan Curug Tempuran yang asri dan mengambil foto.

  • Alamat: Jl. Raya Binangun No.18, Pengalusan, Area Sawah & Hutan, Pengalusan, Kec. Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53352
  • Harga Tiket: Gratis

12. Jembatan Cinta Pring Wulung

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: travelingku

Pergi ke Purbalingga bersama orang yang tersayang? Maka kamu harus coba ke Jembatan Cinta yang memiliki banyak spot foto romantis. Banyak pasangan muda yang mengunjungi obyek wisata Jembatan Cinta Pring Wulung ini, mereka banyak yang mengantri foto di jembatan berbentuk hati. Selain mengabadikan banyak momen bersama orang yang kamu sayang, panorama di sekitar Jembatan Cinta dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

  • Alamat: Dusun Tipar, Jl. Dusun II, RT.03/RW.04, Dusun II, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356
  • Harga Tiket: Rp5.000/orang

13. Gunung Slamet

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: TripTrus

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi nomor dua di pulau Jawa dengan ketinggian 3.432 mdpl. Gunung yang terletak di lima Kabupaten ini terkenal dengan jalur pendakian yang sulit. Ini dikarenakan jalan menuju ke puncak dipenuhi tanah yang terjal, cukup rumit untuk dilewati. Salah satu jalur yang paling mudah untuk dilewati adalah melalui Cemara Sakti yang berada di Kabupaten Pemalang. Durasi waktu pendakian sekitar 9 sampai 10 jam untuk sampai ke puncak.

  • Alamat: Gunung Slamet
  • Harga Tiket: Rp15.000 - Rp25.000/orang

14. Curug Nagasari

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Kumparan

Curug Nagasari adalah curug tertinggi di Kabupaten Purbalingga, Toppers. Terletak di Desa Wisata Tanalum, curug ini menyimpan keunikan pada struktur tebing yang menyerupai lukisan abstrak. Selain itu, di salah satu sisi Curug Nagasari ada sebuah gua yang konon menurut warga sekitar dulunya adalah rumah koloni ikan pelus. Untuk mencapai ke titik lokasi Curug, kamu perlu berjuang terlebih dahulu karena kamu harus melewati medan trekking yang cukup menantang sejauh 600 m.

  • Alamat: Dusun Pucungrumbak, Desa, Area Hutan, Tanalum, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356
  • Harga Tiket: Rp7.000

15. Masjid Muhammad Cheng Hoo

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Teguh Rahardjo

Toppers, cobalah kunjungi masjid unik dengan sentuhan budaya Tionghoa yang megah. Masjid ini dibangun oleh seorang mualaf bernama Heri Susatyo pada tahun 2004, dia merupakan anggota dari Persatuan Islam Tionghoa-Indonesia (PITI). Karena itulah masjid ini diberi nama Masjid Muhammad Cheng Hoo.

  • Alamat: Dusun 3, Selaganggeng, Kec. Mrebet, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53352
  • Harga Tiket: Gratis
Baca Juga: Inspirasi Destinasi Wisata Gunung Kidul, Hits dan Eksotis!

16. Hutan Damaran

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Twitter.com/areapbg

Hutan Damaran berada di sebelah wisata alam Kampung Kurcaci. Di hutan ini selain kamu bisa menjelajahi Hutan Damaran, kamu juga harus menyantap nasi brojol, yakni nasi yang dicampur jagung dengan beberapa lauk pauk ikan, lalapan, daun singkong, dan petai. Katanya, nasi ini hanya bisa kamu temukan di lokasi wisata Hutan Damaran, lho.

  • Alamat: Brobahan, Serang, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000/kendaraan

17. Kampung Warna Bobotsari

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Datawisata.com

Layaknya Gamcheon Culture Village, Kabupaten Purbalingga juga memiliki atraksi wisata sebuah kampung berwarna-warni, namanya Kampung Bobotsari. Ada banyak lukisan dan gambar yang bisa jadi spot foto kamu. Bahkan, jalanan sampai sekolah yang ada di sini juga diubah menjadi spot foto yang menarik.

  • Alamat: Dusun 3, Bobotsari, Kec. Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53353
  • Harga Tiket: Rp3.000/orang

18. Curug Sumba

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: STUDIMSAM

Curug Sumba adalah air terjun mini namun memiliki debit air yang cukup tinggi. Toppers, kamu bisa menghabiskan waktu bersantai di sekitaran curug. Warga sekitar memanfaatkan curug ini sebagai tempat mandi dan mencuci, namun mereka belum mengkomersialkan lokasi wisata ini, sehingga kamu bisa masuk secara gratis.

  • Alamat: Kemojing, Desa Tlahab, Karangreja, Kemejing, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357
  • Harga Tiket: Gratis

19. MTL Soedirman

tempat wisata purbalingga hits

Sumber Gambar: Weha.web.id

Monumen Tempat Lahir (MTL) Jenderal Soedirman adalah museum yang menjadi saksi bisu kelahiran seorang Jenderal Republik Indonesia, Soedirman. Di lokasi wisata ini, kamu bisa menelusuri koleksi peninggalan keluarga Jenderal Soedirman yang masih terawat rapih. Kamu juga bisa menyaksikan diorama perjalanan hidup sang Jenderal dari kelahiran sampai kisah gerilya sang pahlawan. Untuk sampai ke MTL Soedirman, Toppers harus menempuh perjalanan hampir 45 menit dari Alun-Alun Purbalingga.

  • Alamat: Dusun III, Bantarbarang, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356
  • Harga Tiket: Rp5.000/orang

20. Desa Wisata Gunung Wuled

tempat wisata purbalingga hits

Desa Wisata Gunung Wuled menyediakan panorama alam yang sangat indah buat Toppers. Kamu bakal dikelilingi oleh perbukitan ketika menuju ke lokasi Desa Gunung Wuled. Desa ini memiliki wisata curug dan kawasan hutan yang masih alami. Curug tersebut adalah Curug Panyatan yang cukup populer di Purbalingga, mata air ini memiliki sumber yang besar di Gunung Panyatan. Tak jauh dari lokasi Desa Wisata, ada Taman Soedirman, kamu hanya perlu waktu 10 menit untuk sampai ke tempat instagramable tersebut.

  • Alamat: Dusun Bawahan, Desa, Tanyatan, Gunungwuled, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53356
  • Harga Tiket: Rp5.000/orang
Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Malang dan Sekitarnya

Itu dia, Toppers, beberapa rekomendasi tempat wisata di Purbalingga. Kamu berencana untuk pergi kemana? Jangan lupa untuk persiapkan perlengkapan traveling sebelum berangkat. Kamu juga harus siapkan tiket kereta api dan booking hotel di Tokopedia dari jauh hari biar liburanmu makin nyaman. Selamat berlibur, Toppers!

pesan hotel tokopedia

Istirahat yang optimal adalah kunci liburan yang berkesan. Klik gambar dan cek hotel nyaman di tujuan liburanmu di Tokopedia!

Penulis: Melly Yustin Aulia

© 2009-2024, PT Tokopedia