Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara & Jakarta Pusat

0
191
tempat wisata di jakarta

Ingin menghabiskan waktu liburan di Jakarta? Jangan khawatir karena pilihan tempat wisata di Jakarta cukup beragam. Ini daftar tempat wisatanya.


Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta tentu menjadi pilihan untuk berwisata. Saat mendengar kata Jakarta orang-orang pasti akan langsung teringat dengan gedung yang tinggi, mall yang mewah, dan jalanan yang macet.

Namun, sebenarnya Jakarta juga merupakan tempat dengan berbagai destinasi wisata yang menarik dan mempesona.

Selain ke mall, banyak lho tempat wisata alam, wisata bersejarah, dan taman rekreasi yang bisa kamu kunjungi.

Nah, berikut adalah rekomendasi 12 destinasi tempat wisata di Jakarta yang tidak boleh kamu lewati!

tokopedia nyam
Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Tempat-tempat Wisata yang Ada di Jakarta

1. Hutan Kota GBK

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: TrenAsia

Taman Hutan Kota GBK merupakan area luas dengan rerumputan yang dibangun oleh jaringan hotel dan restoran Plataran.

Selain dapat menikmati makanan dari restoran Plataran, kamu juga bisa duduk-duduk di area rumput sambil menikmati camilan yang kamu bawa sendiri atau yang kamu beli dari restoran dan coffee shop sekitar.

Waktu terbaik untuk datang kesini adalah sebelum pukul 10.00 dan setelah pukul 15.00. Sebab, meskipun namanya hutan, pohon-pohonnya tidak terlalu banyak dan rindang sehingga panas pada siang hari.

BACA JUGA: REKOMENDASI WISATA BANDUNG TERBAIK TAHUN 2020

2. Twin House Cipete

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Flokq

Jika kamu mencari restoran yang cozy untuk bersantai dengan teman ataupun keluarga sambil menikmati makanan yang lezat, Twin House Cipete wajib kamu datangi.

Restoran yang berlokasi di Cipete, Jakarta Selatan ini menawarkan suasana yang nyaman dan makanan yang bervariasi dengan harga terjangkau. 

Tersedia makanan Indonesia, Asia, Western, sampai Italia. Untuk kamu yang sedang diet, Twin House juga mempunyai menu dengan bahan dasar mie shirataki dan salad yang tak kalah enak.

3. Pantai Mutiara

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: skyscrapercity

Selain Pantai Ancol, di Jakarta juga ada lho pantai yang indah untuk berburu sunset. Pantai Mutiara terletak di kawasan perumahan elite Jakarta Utara tepatnya di Jalan Pantai Mutiara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Untuk masuk ke pantai ini kamu tidak dipungut biaya sepeserpun. Selain melihat sunset, kamu bisa jalan-jalan disekitar pantai dan menikmati makanan di restoran Jetski cafe yang terletak di  kawasan pantai.

4. Menara Syahbandar Jakarta

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Tourism Spot

Menara Syahbandar dibangun pada tahun 1839 yang awalnya berfungsi sebagai menara pemantau bagi kapal-kapal yang keluar-masuk Kota Batavia (Jakarta)

Sekarang, menara ini dijadikan museum bahari. Museum ini menyimpan berbagai model lampu mercu suar sejak jaman dahulu kala.

Bagian paling atas dari Menara Syahbandar berupa ruang pengamatan berbentuk loteng dengan empat jendela besar. Dari atas sini kamu bisa melihat pemandangan kapal-kapal VOC, Kampung Akuarium, pasar ikan, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

5. Vihara Dharma Bakti (Kuil Tertua)

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Traverse

Vihara Dharma Bhakti yang juga dikenal sebagai Kim Tek Ie, adalah klenteng yang terletak di lingkungan Chinatown di Glodok, Jakarta Timur.

Selesai dibangun pada tahun 1650, Vihara Dharma Bhakti merupakan kelenteng Tionghoa tertua di Jakarta

Baik kamu datang untuk berdoa atau mengunjungi kuil, kamu dapat menikmati indahnya ukiran, kaligrafi halus di sekitar pilar, patung dewa, lukisan naga, dan burung layang-layang yang semuanya dibuat oleh seniman beberapa ratus tahun yang lalu.

banner hotel tokopedia
Temukan hotel terbaik dan booking melalui aplikasi Tokopedia! Dapatkan harga menarik di setiap penawarannya.

6. Pulau Macan

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Pinterest

Kamu tidak akan menyangka bahwa dengan hanya dua jam menggunakan speedboat dari Kota Jakarta, kamu akan menemukan tempat yang begitu indah dan asri.

Pulau Macan alias Tiger Island menyuguhkan konsep yang unik dibanding pulau resort lainnya di wilayah Kepulauan Seribu. Konsep eco resort yang ditawarkan memberi pulau ini suatu nilai tambah di kalangan wisatawan.

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pulau Macan mulai dari trekking bermain canoe, island hopping, menanam terumbu karang, hingga snorkeling dan diving.

7. Dunia Fantasi (Dufan)

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Meet The Traveller

Theme park atau taman rekreasi tertua di Indonesia ini terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Disini kamu dimanjakan dengan wahana permainan yang beragam. Walaupun Dufan terkenal dengan permainannya yang memacu adrenalin, namun  banyak juga permainan untuk anak-anak sehingga cocok untuk menjadi ide liburan keluarga.

Beberapa wahana favorit pengunjung di Dufan ada Halilintar, Hysteria, Ontang-Anting, dan Rumah Kaca. Selain permainan, ada juga bioskop 4D yang tak boleh dilewatkan.

8. Planetarium Jakarta

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Pinterest

Planetarium Jakarta adalah planetarium dan observatorium publik tertua di Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks seni dan sains Taman Ismail Marzuki di Jakarta.

Berbagai atraksi dihadirkan Planetarium Jakarta untuk memberi pengetahuan seputar perbintangan dan benda-benda langit. Ditampilkan dengan atraktif dan menyenangkan, menjadikan tempat belajar ini tidak akan membuatmu bosan.

Disini kamu bisa mengunjungi teater bintang, teleskop observatorium, dan ruang pameran yang memamerkan aneka peralatan observasi astronomi, gambar benda-benda langit dengan penjelasannya, pakaian astronot, hingga koleksi pecahan batu meteor.

9. Jakarta Aquarium

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Jakarta Aquarium

The Jakarta Aquarium adalah akuarium air laut dan air tawar indoor terbesar di Indonesia yang terletak di dalam kompleks pusat perbelanjaan Neo Soho di Jakarta.

Akuarium íni menjadi rumah bagi 3,500 spesies mamalia, reptil, serangga, dan berbagai jenis ikan laut Indonesia. Selain itu, ada juga hewan dari Vietnam, Cina, dan Amerika Tengah.

Selain melihat-lihat hewan berbagai macam hewan, kamu juga bisa memberi makan beberapa hewan, menonton atraksi dan pertunjukan, sampai melakukan aqua trekking yaitu menyelam dan melihat secara langsung ikan hiu, ikan pari, dan binatang laut yang ada dalam akuarium.

BACA JUGA: PERBANDINGAN JAKARTA AQUARIUM VS SEAWORLD, MANA YANG PALING BAGUS?

10. Houbii Urban Adventure Park

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Linkedin

Houbii Urban Adventure Park merupakan taman trampolin terbesar di Indonesia seluas 3000 meter persegi, yang terletak di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Tidak hanya untuk anak-anak, tempat bermain ini juga seru bagi orang dewasa. Tempat ini memiliki beragam wahana permainan yaitu, Extreme Slides, Rope Course, Foam Pit Area, Main Court, Slam Dunk Course, Airbags, Ninja Course, Wall and Free Run Course, dan Dodgeball Course.

11. J-Sky Ferris Wheel

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: Indonesia Tourism

J-Sky adalah bianglala raksasa yang terletak di Jakarta Garden City di Cakung, Jakarta. Bianglala ini memiliki tinggi keseluruhan 69 meter (226 kaki) dan merupakan ferris wheel tertinggi di Indonesia. 

Dari atas bianglala, kamu bisa menikmati pemandangan indahnya Kota Jakarta. Kamu juga bisa menyewa kabin pribadi dengan paket VVIP atau couple package untuk merasakan momen yang lebih privat dengan keluarga, teman, atau pasangan.

12. Taman Menteng

tempat wisata di jakarta
Sumber gambar: hargatiket

Taman Menteng adalah sebuah taman yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini dulunya merupakan Stadion Menteng. Pada Oktober 2006 stadion dibongkar dan taman dibangun di atas areal tersebut.

Taman Menteng memiliki luas sekitar 30 hektar. Di dalamnya ada sekitar 1000 pohon dari 30 jenis tanaman hias yang membuat suasana di taman ini sangat asri.

Ada satu spot yang sangat menarik di Taman Menteng, yaitu rumah kaca yang digunakan sebagai tempat pameran seni.

Karya-karya seni seperti lukisan hingga hasil foto para fotografer profesional dipamerkan di rumah kaca ini. Para pengunjung bisa masuk ke rumah kaca tanpa dipungut biaya sepeserpun.

BACA JUGA: OBJEK WISATA DI BOGOR YANG SEDANG HITS DAN HARUS KAMU KUNJUNGI

Rekomendasi tempat wisata Jakarta di atas adalah sebagian kecil dari begitu banyaknya tempat-tempat wisata di Jakarta lainnya yang menarik untuk dikunjungi.

Selain untuk melepas penat, kamu juga mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru saat berwisata. 

Yuk, Toppers persiapkan diri untuk melakukan perjalanan agar banyak pengalaman yang bisa kamu dapat. Tentunya percayakan semua persiapan liburanmu bersama Tokopedia ya!

perlengkapan traveling

Penulis: Naura Az-Zahra