Tingkat Organisasi Kehidupan dari yang Terkecil Hingga Terbesar

0
5176
tingkat organisasi kehidupan

Dalam ilmu biologi, organisasi kehidupan terbagi dalam beberapa tingkatan. Berikut ini tingkat organisasi kehidupan beserta penjelasan lengkapnya.

Biologi merupakan ilmu yang luas yang mempelajari tentang kehidupan. Di dalam struktur biologi, organisasi kehidupan terdiri dari berbagai tingkatan dari yang terkecil hingga yang terbesar. 

Tingkatan ini dimulai dari tingkat molekul, organel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.

Organisasi Kehidupan pada Mahluk Hidup

Berikut ini tingkatan organisasi kehidupan beserta penjelasannya:

1. Molekul

Molekul terbuat dari atom, unit terkecil dari unsur kimia. Mereka dapat ditemukan di semua hal, makhluk hidup dan mati. 

Biomolekul atau molekul organik yang kompleks pada makhluk hidup contohnya seperti asam nukleat (DNA dan RNA), protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin.

BACA JUGA: SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN FUNGSINYA

2. Organel

Organel adalah struktur subseluler yang memiliki satu atau lebih tugas spesifik untuk dilakukan di dalam sel, seperti halnya organ di dalam tubuh. 

Di antara organel sel yang lebih penting adalah inti yang menyimpan informasi genetik, mitokondria yang menghasilkan energi kimia, dan ribosom yang merakit protein.

3. Sel

Sel adalah unit dasar kehidupan. Ada dua jenis sel: sel tumbuhan, yang memiliki dinding sel kaku yang terbuat dari molekul selulosa, dan sel hewan, yang memiliki membran sel fleksibel.

Makhluk hidup bersel satu seperti bakteri, protozoa, dan alga melakukan aktivitas metabolismenya dengan satu sel saja.

Sementara makhluk hidup bersel banyak seperti hewan dan tumbuhan memiliki sel dengan berbagai fungsi dan  yang berbeda-beda.

4. Jaringan

Jaringan terbuat dari sel yang bekerja sama untuk melakukan tugas tertentu. Jaringan berperan membentuk struktur dasar pada bagian tubuh makhluk hidup. Jaringan otot, jaringan ikat, dan jaringan saraf adalah beberapa jenis jaringan.

mainan terlengkap
Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

5. Organ

Organ adalah sistem jaringan yang bekerja bersama dalam skala yang lebih besar untuk melakukan pekerjaan tertentu di dalam tubuh makhluk hidup. 

Contoh organ hewan adalah otak, jantung dan paru-paru. Sementara contoh organ tumbuhan adalah akar, daun, dan batang.

BACA JUGA: SISTEM PERNAPASAN PADA HEWAN DARAT, AIR DAN UDARA

6. Sistem Organ

Sistem organ adalah sekumpulan organ yang bekerja sama untuk menjalankan fungsi tubuh tertentu. 

Misalnya, sistem pernapasan menggunakan paru-paru, saluran udara, dan otot pernapasan untuk menghirup oksigen dan melepaskan karbon dioksida pada hewan. 

Contoh sistem organ pada hewan meliputi sistem pernapasan, sistem, sistem pencernaan, dan sistem reproduksi. Sementara untuk tumbuhan contoh sistem organ meliputi sistem transpirasi dan sistem transportasi.

7. Organisme

Organisme adalah individu yang dapat berupa organisme uniseluler seperti bakteri atau amuba, atau organisme multiseluler yang terdiri dari organ dan sistem organ. Seorang manusia adalah contoh organisme multiseluler.

8. Populasi

Populasi adalah sekelompok organisme berganda dari spesies yang sama di dalam kawasan tertentu. Sebagai contoh, singa di Kenya, Afrika, adalah sebuah populasi.

9. Komunitas

Sebuah komunitas terdiri dari semua spesies yang berbeda dalam suatu wilayah tertentu. Populasi singa di Kenya, ditambah populasi rusa, jerapah, gajah, dan semua spesies lain di daerah itu, menjadi satu komunitas.

10. Ekosistem

Ekosistem terdiri dari semua komunitas di wilayah tertentu, serta semua komponen fisik lingkungan yang tidak hidup. Batuan, air dan tanah merupakan bagian dari ekosistem. 

11. Bioma

Bioma adalah komunitas tumbuhan dan hewan yang memiliki karakteristik yang sama untuk lingkungan tempat mereka berada.

Umumnya, hewan dan tumbuhan tersebut dapat beradaptasi karena dipengaruhi oleh iklim regional. 

Contoh bioma adalah hutan hujan tropis, hutan gugur, gurun, padang rumput, tundra, dan taiga.

12. Biosfer

Biosfer adalah semua ekosistem di Bumi yang digabungkan. Setiap hewan, tumbuhan, bakteri, batuan, dan molekul adalah bagian dari biosfer bumi.

BACA JUGA: 15 TIPS AGAR CEPAT MAHIR BERBAHASA INGGRIS

Ini dia penjelasan mengenai tingkat organisasi kehidupan beserta penjelasannya. Menarik untuk dipelajari  bukan?

Perlu bantuan belajar? Yuk, coba portal eLearning untuk menambah pengetahuanmu yang bisa diakses dari rumah.

Kamu bisa menambah ilmu di bidang apapun dengan harga yang terjangkau. Agar semakin hemat, jangan lupa cek voucher belajar eLearning/kursus dan bimbel di Tokopedia ya!

promo voucher game
Beli voucher game permainan favoritmu dan naikkan levelmu ke tingkat yang lebih tinggi.