• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Tips Hindarkan Anak Dari Kecanduan Bermain Gadget

Share

10 Tips Hindarkan Anak Dari Kecanduan Bermain Gadget

Gadget memang kini sudah jadi kebutuhan pokok yang wajib dimiliki oleh sebagian besar orang. Namun bukan hanya bagi orang dewasa, anak-anak pun kini sudah cenderung tidak bisa lepas dari gadget. Agar hal tersebut tidak terjadi, Bunda harus mengetahui bagaimana cara hindarkan anak dari kecanduan bermain gadget.


Anak Kecanduan Bermain Gadget – Tidak heran jika anak kini sudah sangat mengenal gadget. Mengapa tidak? Gadget merupakan sebuah perangkat yang pastinya dibawa kemana pun berpergian dan mempermudah berbagai macam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, anak-anak pun sudah mulai cukup terbiasa dengan adanya gadget di aktivitas keseharian mereka.

Sebenarnya, memang banyak sekali hal-hal yang dapat dipelajari anak dengan bermain gadget. Mulai dari segi bahasa, cara memecahkan masalah, warna, berhitung, dan lain sebagainya. Namun, tidak sedikit juga dampak negatif yang diberikan gadget terlebih jika tanpa pengawasan para orang tua.

Terlalu sering bermain gadget, buat anak menjadi kecanduan. Di saat sedang rewel atau merengek banyak dari orang tua mengatasinya dengan cara memberikannya gadget. Sebenarnya, membiasakan hal tersebut merupakan cara yang kurang tepat karena dapat membiasakan anak bergantung atau kecanduan dengan gadget. Jika anak sudah terlanjur kecanduan dengan gadget ada baiknya Bunda cepat-cepat mengatasinya. Bunda bisa mengganti gadget dengan mainan yang membuatnya tertarik dan tidak mudah bosan.

BACA JUGA: 5 Tips Memilih Bantal Tidur yang Tepat untuk Bayi

Tips Hindarkan Anak dari Kecanduan Bermain Gadget

Saat anak sudah mulai kecanduan gadget, akan memberikan dampak negatif terhadapnya. Anak tidak akan bisa lepas dari genggaman gadget, termasuk saat sedang makan. Anak menjadi tidak memperhatikan lingkungan sekitar dan juga tidak memperhatikan kejadian-kejadian yang terjadi di sekelilingnya. Jika hal ini terjadi, Bunda harus tanggap dalam mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk hindari anak dari kecanduan bermain gadget:

Sumber gambar: Pixabay

1. Berikan Batasan Waktu Bermain

Bukan melarangnya tidak bermain gadget sama sekali, Bunda sebaiknya memberikan batasan waktu untuknya bermain. Bunda harus tegas dan benar-benar mengikuti batasan waktu yang sudah ditentukan.

Melihat gadget sangatlah menarik bagi sang anak, memberikan batasan adalah hal yang tepat, sehingga anak tidak kecanduan untuk terus-terusan bermain gadget.

2. Biarkan Anak Bermain di Luar Ruangan

Tidak sedikit para orang tua tidak membiarkan anak-anaknya untuk bermain di luar rumah. Alasan yang sering terjadi dikarenakan para orang tua khawatir anak akan meniru perilaku yang kurang baik, seperti tutur kata yang kurang sopan dan lain sebagainya. Juga, kekhawatiran baju kotor dan kuman yang ada di luar rumah bisa jadi salah satu alasannya.

Namun, ada baiknya Bunda membiarkan anak untuk bermain di luar rumah dalam waktu tertentu. Hal ini buat anak menjadi lupa akan keseruan bermain gadget dan juga bisa buat anak lebih bersosialisasi dengan orang banyak.

3. Berikan Mainan Alternatif

Untuk hindarkan anak dari kecanduan gadget, berikan lah mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Bunda juga bisa berikan mainan yang sekaligus mengedukasi anak, seperti puzzle.

Carilah mainan alternatif yang benar-benar anak sukai, sehingga dia bisa terlupa dengan gadget.

4. Luangkan Waktu untuk Bermain dengan Anak

Cara hindarkan anak dari kecanduan gadget lainnya adalah dengan cara meluangkan waktu untuk bersama si kecil. Alasan mengapa anak sangat tertarik dengan gadget dikarenakan kurangnya perhatian dan merasa bosan akibat tidak ada teman untuk berbicara.

Untuk itu, luangkan lah waktu untuk bermain bersama anak agar mereka tidak merasa bosan dan kesepian.

5. Batasi Penggunaan Jaringan Internet di Rumah

Memasang jaringan internet di rumah bukanlah hal yang baru. Hal ini tentunya dilakukan untuk mempermudah berbagai aktivitas di rumah ataupun pekerjaan. Namun, perlu diketahui hal tersebut juga dapat berdampak pada anak, yaitu kecanduan akan bermain gadget. Dengan adanya jaringan internet yang tak terbatas mendukung mereka untuk mengakses dunia maya.

Untuk itu, ada baiknya orang tua juga ikut membatasi penggunaan internet di rumah. Sehingga saat anak ingin bermain, mereka tidak dapat mengaksesnya dan mencari mainan lain selain gadget.

BACA JUGA: 7 Resep Makanan Lezat Penuh Kreasi untuk Tingkatkan Nafsu Makan Anak

cara atasi anak pemalu

6. Ajak Anak untuk Bermain & Mengenal Alam

Mengenalkan anak dengan alam semesta juga menjadi salah satu cara baik untuk hindarkannya dari gadget. Tidak perlu pergi ke tempat yang jauh, Bunda bisa cukup luangkan waktu di sore hari untuk ajak anak jalan-jalan mengelilingi komplek rumah.

Dengan begitu, anak dapat menikmati pemandangan di sekitar rumah dan lebih mengenal alam. Dengan demikian, anak akan lupa dengan keseruan bermain gadget dan bisa menyembuhkannya dari kecanduan yang berlebihan.

7. Banyak Berdiskusi dengan Anak

Diskusi bisa jadi cara jitu untuk memecahkan masalah pada anak. Dengan berdiskusi Bunda juga bisa lebih memahami keinginan anak. Bunda bisa memberikan penjelasan kepada anak apa saja dampak buruk yang akan terjadi jika dia terlalu sering bermain gadget.

Dengan melakukan diskusi juga membuat anak berfikir secara logis apa saja hal yang akan merugikannya jika kecanduan bermain gadget. Setelah berdiskusi, Bunda bisa mengajaknya berkompromi dengan memberikan batasan waktu untuk bermain gadget.

8. Ajak Anak untuk Bersosialisasi dengan Teman Sebaya

Alasan anak lebih memilih gadget untuk menghilangkan rasa bosan dikarenakan tidak adanya teman atau orang yang bisa diajaknya berdiskusi atau bermain. Untuk itu, ada baiknya Bunda mengajarkannya untuk bersosialisasi dan mengajaknya bermain dengan teman-teman sebaya, baik itu di sekolah maupun di lingkungan rumah.

Bunda bisa mengundang teman-temannya ke rumah untuk bermain bersama sehingga anak akan terlupa dengan gadget.

9. Berikan Reward Kepada Anak

Bunda bisa memberikan motivasi kepada anak untuk tidak bermain gadget terlalu sering. Berikanlah reward atau hadiah secara bertahap saat anak berhasil untuk mengurangi waktu bermain gadget. Hal ini juga membuat anak untuk semangat mengurangi waktu dalam bermain gadget.

10. Sibukan Kegiatan Anak

Banyaknya waktu luang yang dimiliki si kecil buatnya cepat merasa bosan. Di saat mereka bosan, anak akan cenderung mencari gadget untuk menemaninya bermain.

Tidak ada salahnya memberikan kesibukan untuk si kecil yang bermanfaat dan tentunya sesuai dengan keinginan dan kesukaannya. Seperti les musik, les tari, les bahasa dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Janin Sehat dengan 10 Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Ibu Hamil

Kini Bunda sudah tahu kan apa saja tips yang bisa dilakukan untuk hindarkan anak dari kecanduan gadget? Meskipun gadget dapat memberikan banyak dampak positif terhadap anak untuk lebih cepat tanggap, namun pembatasan penggunaan gadget tetap harus dilakukan.

Hal ini juga dapat membuat anak lebih aware terhadap lingkungan sekitar dan juga orang-orang yang berada di sekelilingnya.

jual pakaian anak terlengkap
Penuhi lemari si kecil dengan baju, celana dan aksesoris fashion anak favoritnya!

Share

Pritania AviraPritania Avira

Related Articles

13 Merk Susu Terbaik untuk Ibu Hamil, Dukung Pertumbuhan Janin
Kids and Parenting
13 Merk Susu Terbaik untuk Ibu Hamil, Dukung Pertumbuhan Janin
© 2009-2024, PT Tokopedia