10 Tips dan Cara Memilih Treadmill agar Olahraga Maksimal di Rumah

127
tips memilih treadmill, cara memilih treadmill

Sibuk setiap hari dan tak sempat olahraga? Treadmill solusinya! Agar punya yang dapat diandalkan, yuk simak tips memilih treadmill yang jitu berikut ini!


Tips Memilih Treadmill – Siapa yang tidak mendambakan badan yang sehat dan bugar? Kamu pasti juga menginginkannya kan? Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencapai hal tersebut.

Olahraga dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti nge-gym, bermain bola, jogging dan masih banyak lagi. Kalau kamu termasuk orang yang malas keluar rumah, mungkin hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara membeli alat fitness.

Salah satu alat terbaik adalah treadmill. Alat ini membuatmu dapat jogging atau berlari ditempat dan kamu pun dapat menyesuaikan kecepatan yang kamu inginkan. Sangat praktis bukan?

Jika kamu menginginkan alat ini, ketahui dulu apa saja yang harus kamu teliti dan perhatikan sebelum membelinya!

Baca Juga: Bakar Lemak Cepat dengan 7 Treadmill Terbaik

Tips / Cara Memilih Treadmill

1. Sesuaikan Kebutuhanmu

tips memilih treadmill, cara memilih treadmill
Sumber Gambar: The Finder Singapore

Sebelum membeli treadmill, pertama-tama kamu perlu mengetahui kebutuhan dan tujuan dari pembelian alat ini. Apa hanya untuk olahraga rutin di rumah, atau mungkin untuk kebutuhan komersil.

Kamu perlu mengetahui hal ini karena terdapat beberapa jenis, teknologinya, dan tentu harganya. Jika kamu membelinya untuk tujuan komersil, tentunya kamu perlu membeli treadmill dengan kualitas terbaik karena pemakaiannya pasti akan sering.

Selain itu, kebutuhan berdasarkan postur tubuhmu juga perlu kamu perhatikan. Dalam hal ini kamu dapat memerhatikan bagian-bagian dan ukuran dari treadmill yang akan kamu beli agar sesuai.

2. Motor Penggerak

tips memilih treadmill, cara memilih treadmill
Sumber Gambar: Router Forums

Setelah menyesuaikan dengan kebutuhanmu, kamu perlu menentukan pemilihan treadmill dari motor penggeraknya atau continous hoursepower (CHP).

Misalnya untuk kebutuhan di rumah, idealnya kamu membeli treadmill yang memiliki motor dengan kekuatan 1.5 sampai 2.5 CHP.

3. Perhatikan Luas Ruangan

tips memilih treadmill, cara memilih treadmill
Sumber Gambar: Sweet Home Guide

Luas ruangan juga perlu kamu perhatikan. Treadmill adalah barang yang bisa dibilang cukup besar dan akan memakan banyak tempat. Jika kamu ingin membeli alat ini untuk di rumah, kamu dapat menata ulang prabotan rumah agar treadmill bisa masuk.

Atau kamu juga dapat meletakan treadmill pada ruangan sendiri. Jika rumahmu cukup luas, hal ini mungkin tidak akan jadi masalah.

4. Ukuran Handrails

tips memilih treadmill, cara memilih treadmill
Sumber Gambar: Verywell Fit

Ukuran handrails ini penting menjadi pentimbangan karena akan berpengaruh pada kenyamananmu ketika sedang menggunakan treadmill. Sebelum membeli, perhatikan panjang, lebar, dan jarak handrails dengan badanmu.

Jika handrails kamu rasa jarak handrails terlalu jauh atau terlalu dekat, sebaiknya kamu mencari treadmill lain yang pas denganmu.

5. Perhatikan Fiturnya

tips memilih treadmill, cara memilih treadmill
Sumber Gambar: Best Buy

Kemudian, perhatikan fitur-fitur yang dimiliki. Teknologi pada treadmill saat ini juga semakin canggih. Pilihlah treadmill yang setidaknya memiliki fitur penghitung kalori yang terbakar, pengukur detak jantung, dan incline mode agar kamu mendapatkan hasil yang lebih baik.

Selain itu, tentunya masih banyak fitur-fitur treadmill yang dapat kamu pertimbangkan. Namun ingat, semakin banyak fitur yang belum tentu berguna juga, semakin banyak pula uang yang harus kamu keluarkan.

jual treadmill
Cuaca buruk tapi lagi semangat jogging? Olahraga di rumah aja dengan treadmill terbaik di sini!

Baca Juga: 10 Langkah dan Cara Menggunakan Treadmill agar Hasil Maksimal

6. Menu dan Program yang Mudah Dioperasikan

Sebaiknya pilih treadmill dengan menu di papan navigasi yang mudah untuk dibaca dan dioperasikan. Jika papan navigasi memiliki menu yang mudah dioperasikan, kamu tidak perlu kerepotan, misalnya untuk mengatur kecepatan.

Lagi pula, jika semakin banyak tombol pada navigasi treadmill, kamu akan kesulitan untuk menemukan tombol yang ingin kamu tekan. Karena, ketika kita sedang berolahraga dan mulai merasa capek, kamu akan sulit berkonsentrasi.

7. Perhatikan Garansi yang Diberikan

Treadmill bukan lah barang yang murah. Keuntungan seperti garansi alat sangat diperlukan untuk perbaikan jika sewaktu-waktu treadmill bermasalah.

Hal ini penting untuk kamu tanyakan ketika sedang membeli treadmill, karena akan meringankan beban kita, terutama pada biaya, ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada alat tersebut.

Selain itu, ini juga merupakan pertanggungan dari produsen.

8. Tempat MembeliĀ danĀ Garansi

Toko olahraga memang sudah banyak saat ini, mulai dari yang dipinggir jalan, dalam mall hingga online. Tempat pembelian ini perlu kamu perhatikan karena toko-toko olahraga bisa saja memiliki promo atau keuntungan pembelian yang berbeda-beda.

Pilih lah toko yang sekiranya akan memberikanmu keuntungan. Selain itu, perhatikan garansi yang diberikan. Sehingga lebih mudah memperbaiki ketika ada kerusakan.

9. Tentukan Budget

Ketika ingin membeli sesuatu, pastinya kita juga akan memikirkan soal biaya yang kita miliki dan yang akan dikeluarkan. Treadmill memiliki beberapa jenis dan teknologi yang berbeda-beda.

Jika kamu hanya menginginkan treadmill manual, mungkin biaya yang akan kamu keluarkan tidak terlalu banyak. Namun, jika kamu menginginkan treadmill elektrik, kamu perlu merogoh kocek lebih dalam lagi.

Intinya, sesuaikan lah budget yang kamu miliki, bersabarlah sedikit jika memang budget belum cukup.

10. Luangkan Waktu untuk Memilih

Sebelum membeli treadmill, luangkan lah sedikit waktumu untuk melakukan beberapa research agar pilihanmu makin mantap.

Hal-hal yang bisa kamu lakukan adalah mencari informasi di internet mengenai penggunaan treadmill, mencari toko offline maupun online yang terpercaya, dan tentunya pikirkan matang-matang mengapa anda membeli alat ini.

Baca Juga: 10 Fungsi dan Manfaat Treadmill bagi Kesehatan Tubuh

Nah, Toppers, itu dia beberapa tips dalam memilih treadmill, sehingga kamu tidak salah membelinya. Dengan memerhatikan beberapa aspek di atas, kamu akan mudah menemukan treadmill yang cocok dan jadi andalan.

Untuk mencari treadmill dan alat fitness dengan harga terbaik, yuk, segera cek Tokopedia!

jual produk olahraga terlengkap
Yuk, terapkan gaya hidup sehat sekarang juga dengan perlengkapan olahraga terbaik dan termurah di sini!

Bagikan Artikel