Tips dan Persiapan Mudik dengan Motor

507

Tips mudik dengan motor – Mudik merupakan tradisi orang Indonesia saat Hari Raya tiba khususnya umat Islam ketika bulan Ramadhan berakhir. Berbagai transportasi digunakan untuk mengurai kemacetan saat mudik salah satunya adalah mudik dengan menggunakan motor. Mudik menggunakan motor dipercaya dapat lebih cepat karena dapat terhindar dari kemacetan, namun dalam perjalanan jauh tentu penggunaan motor akan berbahaya. Lalu bagaimana agar kita dapat mudik aman dan nyaman dengan motor? Inilah tips dan persiapan mudik dengan motor.

BACA JUGA: Perbandingan Mudik dengan Bus dan Mudik dengan Kereta Api

Tips Mudik dengan Motor

Periksa kondisi motor

Sumber gambar: Pexels

Sebelum berangkat mudik, lakukanlah pemeriksaan kondisi motor seperti mesin, oli, lampu, ban, rem, dan lain-lain yang bisa dilakukan di bengkel terdekat. Jika ditemukan kondisi tidak bagus, segeralah ganti dengan suku cadang terbaru. Hal ini dilakukan untuk menghindari mogok dan juga mengurangi risiko kecelakaan di jalan saat mudik.

Mempersiapkan rute perjalanan mudik

Sumber gambar: Pexels

Rute perjalanan mudik untuk motor tentunya berbeda dengan mobil. Motor tidak bisa mengakses jalan tol yang dapat meringkas jarak tempuh. Namun, motor dapat mengakses jalan-jalan alternatif yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil. Cari dan pelajarilah terlebih dahulu rute perjalanan mudik sesuai dengan tujuan.

BACA JUGA: Pilihan-pilihan Jalur Alternatif Mudik di Jawa dan Sekitarnya

Mempersiapkan pakaian yang tepat

Sumber gambar: Pixabay

Salah satu kekurangan mudik dengan motor adalah tidak dapat terlindung dari kondisi cuaca. Selalu gunakan perlengkapan atau aksesoris berkendara untuk motor yang sesuai seperti menggunakan helm, jaket motor, sepatu dan juga sarung tangan. Untuk jaga-jaga, bawalah juga jas hujan untuk menghindari cuaca buruk.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Istirahat setiap 2 jam sekali

Sumber gambar: Pexels

Mengendarai motor dengan durasi yang lama tentunya akan membuat mesin motor panas, badan pegal dan terlebih lagi akan membuat kita tidak fokus. Selalu usahakan untuk istirahat setiap 2 jam sekali agar kondisi kembali normal. Jangan paksa untuk mengemudi jika dalam kondisi tidak fokus ataupun mengantuk.

Mempersiapkan bekal

Sumber gambar: Pexels

Persiapkanlah bekal untuk perjalanan selama mudik. Tentunya kita akan banyak menghabiskan waktu di jalanan yang bisa membuat kita dehidrasi dan juga lapar. Dengan mempersiapkan bekal, kamu akan menghemat pengeluaran serta tidak disusahkan lagi untuk mencari tempat makan.

Taati peraturan lalu lintas

Sumber gambar: Pexels

Kondisi saat mudik memungkinkan adanya rekayasa lalu lintas. Selalu patuhi aturan lalu lintas yang berada di jalan. Selalu ingat bahwa dengan menaati peraturan lalu lintas, bukan hanya demi keselamatan pribadi, namun juga keselamatan orang lain .

Utamakan keselamatan

Sumber gambar: Pexels

Selalu utamakan keselamatan. Sadarlah bahwa tidak perlu untuk terburu-buru dalam mencapai tujuan karena pasalnya semua pemudik sama-sama ingin sampai ke tujuannya. Selalu fokus dan sabar ketika sedang berkendara. Dengan peduli terhadap keselamatan pribadi, kamu juga dapat menyelamatkan nyawa orang lain.

Menempelkan nama kota tujuan mudik di belakang motor

Sumber gambar: Otomotif.metrotvnews

Salah satu tips yang bisa dicoba untuk pengendara motor saat mudik adalah dengan menempel kota tujuan mudik di bagian belakang motor. Dengan begitu, kamu bisa akan mendapatkan teman mudik dengan kota tujuan yang sama.

BACA JUGA: Tips dan Cara mendapatkan Tiket Kereta Api Murah untuk Mudik Lebaran

Itulah tips dan persiapan mudik dengan motor. Semoga dengan informasi diatas, kamu bisa mencapai tujuan mudik dengan aman, nyaman serta selamat sampai tujuan. Kamu masih ragu untuk mudik dengan motor? Kamu bisa mudik dengan kereta api loh yang tentunya lebih aman dan nyaman. Tiket kereta api sekarang sudah bisa kamu dapatkan di Tokopedia dan pastinya bebas antri!

tiket kereta api
Ramadan Ekstra

Bagikan Artikel