Lebaran Boros? Ikuti 7 Tips Hemat Saat Lebaran Ini!

481
Tips Hemat Saat Lebaran

Tips Hemat Saat Lebaran – Hari lebaran merupakan hari yang dinanti-nanti banyak orang yang telah menjalani puasa selama satu bulan penuh. Pada saat lebaran kita akan bertemu dengan keluarga dan kerabat tercinta kita. Lebaran membutuhkan dana yang tidak sedikit, mulai dari persiapan tiket untuk mudik, membeli pakaian lebaran sampai memberikan uang THR untuk sanak sodara.

Namun kamu tak perlu khawatir, kali ini Tokopedia akan memberikan 7 tips hemat saat Lebaran yang pastinya akan membantumu!

Baca juga: 10 Makanan Yang Bikin Kenyang saat Puasa, Cocok untuk Sahur

Tips Hemat Saat Lebaran

  1. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

tips hemat saat lebaran
Sumber foto: Pexels

Bagi beberapa dari kita, tips hemat saat lebaran ini sangat membantu. Jangan ragu untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting saat Lebaran. Tips hemat saat lebaran ini sangat berguna karena memaksa anda untuk introspeksi diri dan memotong banyak hal yang ternyata tidak terlalu penting.

  1. Pilih transportasi terbaik dan murah

kereta apiMungkin beberapa orang mudah menentukan transportasi yang nyaman dan murah untuk mudik ke kampung halaman yang jaraknya tidak begitu jauh. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang mudik ke daerah yang jaraknya jauh dan membutuhkan waktu lama? Jelas, pesawat terbang adalah pilihan terbaik. Yang pasti tips hemat saat lebaran ini sangat berguna untuk mereka.

Agar pengeluaran naik pesawat tak jebol, pilihlah maskapai dengan harga tiket paling murah. Anda hanya perlu rajin memantau harga tiket yang dijual oleh para situs pemesanan tiket online.

  1. Menabung

Tips hemat saat lebaran berikutnya adalah untuk mulai menabung untuk persiapan Lebaran Anda tahun depan. Sedikitnya, sisihkan 10% gaji Anda setiap bulan untuk tabungan Lebaran tahun depan agar budget Anda tidak terlalu dibatasi.

  1. Pantau promo tiket murah

tips hemat saat lebaran pantau tiket murah
sumber foto: pexels

Memantau promo tiket pesawat atau kereta api murah merupakan tips hemat saat lebaran yang sangat berguna, Toppers. Jika sudah menemukan harga yang murah jangan ragu untuk membeli tiket tersebut, jadi ada baiknya anda mengikuti tips hemat saat lebaran ini.

  1. Susun rencana jauh-jauh hari

tips hemat saat lebaran susun rencana jauh hari
Sumber foto: Pixabay

Tips hemat saat lebaran berikutnya adalah dengan menyusun rencana jauh hari sebelum lebaran. Susunlah rencana pengeluaran dan anggaran dengan cermat. Siapkan juga dana untuk kejadian yang tak terduga sehingga tidak mengganggu uang tabunganmu.

  1. Siapkan THR

THR biasa diberikan kepada anak dari saudara atau kerabat kita pada saat lebaran. Agar tetap hemat dalam lebaran siapkan dahulu THR dengan jumlah yang kita inginkan. Gunakan amplop lucu untuk memberikan uang THR sehingga menarik perhatian anak-anak.

  1. Hemat selama puasa

tips hemat saat lebaran hemat saat puasa
Sumber foto: Pixabay

Tips hemat saat lebaran yang terakhir adalah dengan berhemat selama puasa, dengan hemat selama bulan puasa anda akan memiliki dana lebih saat lebaran. Cara hemat selama berpuasa dapat dilakukan dengan cara memasak sendiri menu sahur dan berbuka puasa. Dan bisa juga dengan membatasi ajakan buka puasa bersama degan teman-teman yang bisa saja menambah pengeluaran selama puasa berlangsung.

Baca juga: 10 Manfaat Puasa yang Harus Kamu Tahu

Jika ketujuh tips hemat saat lebaran diatas anda ikuti semua tahun ini, lebaran Anda dijamin akan lebih tenang tanpa harus memikirkan biaya hidup pasca-hari raya! Yang pasti jika anda mencari pakaian muslim murah tahun ini, kalian bisa menemukan pakaian lebaran terbaik dan termurah di Tokopedia!

Promo Bulan Ramadan