• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Tips & Cara Jual HP Bekas Langsung Laku dan Harga Tinggi

Share

10 Tips & Cara Jual HP Bekas Langsung Laku dan Harga Tinggi

Sering gonta-ganti handphone? Tips jual HP bekas langsung laku dengan harga tetap tinggi berikut ini akan bikin kamu untung!


Tips Jual HP Bekas – Handphone (HP) merupakan alat komunikasi yang mampu meningkatkan produktif pekerjaan dengan segala fiturnya yang bermanfaat. Banyak kegunaan dari ponsel, mulai dari kebutuhan hiburan, pekerjaan hingga sekadar kegiatan produktivitas.

Namun, seiring berkembangnya teknologi banyak spesifikasi yang kurang mendukung untuk melakukan berbagai kegiatan yang dikehendaki. Ada pula teknologi yang menjadi incaran karena performanya yang memukau.

Tentu menjual HP bekas dengan harga yang tinggi akan sangat menyulitkan bila body dan spesifikasi dari smartphone tersayang dalam kondisi yang kurang baik. Tapi, tenang ada cara untuk menjual HP bekas kamu langsung laku dan dengan harga yang tinggi lho, Toppers!

Ingin tahu apa saja yang harus diperhatikan sebelum menjual HP kamu? Cek tips dan cara selengkapnya berikut ini!

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: 5 Merk Smartphone dengan Harga Jual Kembali Tetap Tinggi

Tips Jual HP Bekas Cepat Laku

1. Bersihkan Bodi dan Layar HP

tips jual hp bekas
Sumber Gambar: Kim Komando Show

Bagi kamu yang kerap mengganti smartphone dalam hitungan bulan mungkin harus merawat lebih hati-hati. Sebisa mungkin menggunakan layar anti gores dan case pada awal pembelian untuk menjaga keutuhan bodi.

Saat akan dijual juga, buka case dan layar anti gores dengan sangat hati-hati lalu dibersihkan dengan teliti. Seluruh bodi harus bebas dari debu serta menunjukkan body yang mengkilap dan minim akan baretan halus.

2. Memeriksa Kelengkapaan Bawaan Produk

Ketika membeli sebuah smartphone, tentu kamu tidak hanya mendapatkan unitnya saja. Melainkan beberapa kelengkapan produk seperti earphone, charger, kabel data, buku petunjuk, kartu garansi dan masih banyak yang lainnya.

Periska seluruh kelengkapan dan buat semua barang yang dijual selayaknya saat pertama kamu membelinya. Kelengkapan ini juga akan menambah nilai jual yang digunakan untuk meningkatkan harga HP kamu semakin tinggi.

3. Menata Produk dengan Rapi

tips jual hp bekas
Sumber Gambar: Phandroid

Setelah menemukan kelengkapan bawaan dari produk smartphone yang kamu beli, letakkan semua barang seperti sedia kala. Menata produk semakin memantapkan kepastian penjual ketika membeli barang dengan harga resmi.

Peletakkan ini juga memastikan bahwa produk yang dijual dirawat dengan benar dan otomatis meningkatkan kepercayaan dari sang calon pembeli.

4. Jual ke Orang Dekat Terlebih Dahulu

Menjual barang memang tidak terlepas dari siapa dan kemana, namun alangkah lebih baik menawarkan ke sanak saudara sebelum mencoba berdagang ke pasar yang luas.

Orang terdekat juga akan menilai barang tergantung dari pribadi kamu, apakah rapih dan perhatian atau justru ceroboh dalam menyimpan smartphone.

Selain itu barang atau HP yang habis masa garansi akan lebih mudah diberikan pertanggungjawabannya ketika mengalami kerusakan operasional tanpa terbentur atau mengalami kerusakan fisik.

5. Jual Online atau di Toko Konvensional

tips jual hp bekas
Sumber Gambar: SoyaCincau

Menawarkan smartphone ke orang terdekat menjadi alternatif, namun ada cara lain untuk mencoba memainkan harga yang tinggi di beberapa tempat.

Bila toko konvensional kerap menawarkan harga yang rendah, cobalah situs jual beli online seperti Tokopedia untuk menarik para pembeli.

Jika memang barang kamu terawat dan sangat bagus, maka harga yang diberikan oleh sang calon pembeli juga akan tinggi.

yang dikangenin dari handphone jaman dulu
Selalu sedia 3 in 1 Car Charger ini di mobil untuk mengisi daya baterai gadget kamu. Sehingga nggak perlu bingung lagi saat gadget kamu lowbatt!

Baca Juga: HP Rusak Jangan Dibuang! Lebih Bermanfaat Lakukan 6 Cara Ini

6. Sertakan Deskripsi dan Foto yang Lengkap

Jika sudah memutuskan untuk menjualnya ke toko online, maka pastikan deskripsi produk, foto dari segala sisi serta fitur yang menjanjikan tertera.

Bila sang calon pembeli bisa melihat layaknya langsung tanpa ada unsur penipuan, bisa dipastikan barang kamu akan laku dengan cepat dan memiliki nilai lebih di mata pembeli dan kompetitor dagang lainnya.

7. Berikan Harga yang Wajar

cara jual hp bekas langsung laku
Sumber Gambar: Ungeek

Harga dari setiap smartphone itu sangat berbeda, tergantung spesifikasi dan kebutuhan dari segmentasi pasar. Apakah ponsel kamu kelas flagship? Atau sekadar penggunaan di kelas menengah? Tentu harga yang ditawrkan juga berbeda bila menyangkut merek.

Yang jelas, seberbeda apapun barang yang kamu coba tawarkan pastikan untuk tidak menarik harga yang kurang wajar. Tentu selain susah laku, kredibilitas barang dan penjual akan diragukan oleh para calon pembeli.

8. Tentukan Sistem Pembayaran

Pembayaran apa yang akan kamu terima ketika berhasil atau setelah barang resmi diminta oleh calon pembeli? Ada beberapa metode pembayaran yang umum di kalangan masyarakat.

Antara lain Cash on Delivery (CoD), rekening bersama atau via transfer bank. Ketiga memiliki faktor kelebihan dan kekurangan masing-masing.

 Secara ringkas, CoD adalah proses bertemunya penjual dan pembeli untuk kegiatan transaksi secara langsung dengan menentukan tempat yang disepakati.

Sedangkan untuk rekening bersama, sistem yang diadaptasi oleh Tokopedia dan e-commerce lain mengharuskan barang dibayar melalui perantara dan tentu barang serta uang yang dibayarkan akan aman.

9. Berikan Jaminan Produk

cara jual hp bekas langsung laku
Sumber Gambar: PhoneDog

Banyak dari produk yang dijual, dalam hal ini HP bekas memiliki jaminan garansi yang sudah tidak berlaku. Kurang lebih garansi berlaku selama 1 tahun terhitung setelah produk dibeli. Lantaran hal itu, banyak para penjual HP bekas dengan harga serta jaminan pribadi.

Bisa dalam bentuk 7 hari garansi pemakaian, atau setengah harga bila barang rusak dalam pemakaian. Semua tergantung kesepakatan penjual dan pembeli, dan yang pasti akan menambah rasa aman ketika melakukan transaksi.

10. Lakukan Factory Reset 

Factory Reset atau sistem bawaan pabrik akan membuat HP yang kamu jual seperti baru, baik dari cache memory, RAM dan aplikasi akan dibuat selayaknya pertama kamu membelinya di toko.

Kecepatan dari HP juga sangat dipastikan mengingat banyak dari produk kelebihan berat, karena cache memory yang tinggi. Selain itu, dari sisi pengguna juga akan aman untuk pemakaian karena privasi terjamin dengan sistem atur ulang pabrik.

jual hp bekas online
Bingung HP lama mau dikemanain? Jual aja di sini, dijamin Langsung Laku!

Baca Juga: 10 Smartphone Rp 2 Jutaan Terbaik yang Sangat Bisa Diandalkan

Sudah siap jual HP kesayanganmu? Bingung kemana harus menjual HP kamu yang sudah tidak terpakai? Perkenalkan fitur Langsung Laku dari Tokopedia! Cara mudah, proses gampang, harga terbaik dan dana langsung cair!

jual handphone dan tablet
Temukan smartphone, tablet hingga smartwatch terbaru dan tercanggih dengan harga termurah hanya di sini!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

16 HP Oppo Terbaru dan Harganya Maret 2024
Gadget dan Teknologi
16 HP Oppo Terbaru dan Harganya Maret 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia