Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tips Memilih Mainan Edukasi yang Tepat Sesuai Umur

24 May 2022
Share icon
Share
Tips Memilih Mainan Edukasi yang Tepat Sesuai Umur

Banyaknya jenis mainan anak dapat membuat orang tua kebingungan untuk memilih. Simak tips memilih mainan anak berikut agar kamu tidak salah beli.


Selain orang tua yang berperan untuk pertumbuhan anak, mainan edukasi juga dapat membantu tumbuh kembang dan imajinasi anak. Bahkan, kegiatan bermain anak merupakan salah satu hal yang paling disukai oleh anak-anak.

Tips memilih mainan anak adalah dengan memberikan mainan yang sesuai dengan umur dan kemampuannya. Dalam kemasan mainan edukasi, biasanya terdapat rentang umur anak dan target dari mainan itu sendiri.

Berdasarkan suatu penelitian, anak-anak yang gemar bermain dengan mainan, seperti menyusun balok atau bermain mobil-mobilan, akan memiliki kesehatan fisik, mental, dan sosial yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang bermain gadget.

Untuk itu, berikut adalah tips memilih mainan anak yang tepat untuk membantu pertumbuhan si kecil.

Tips Memilih Mainan untuk Anak

1. Anak Usia 0-6 Bulan

tips memilih mainan anak

Sumber gambar: Unsplash

Memasuki usia 0-6 bulan, fungsi pendengaran dan penglihatan bayi sudah mulai berkembang. Si kecil akan mulai menyukai pergerakan benda, berpaling ketika mendengar suara, hingga menggenggam dan meraih mainan.

Tips memilih mainan anak pada usia ini, pastikan kamu memberi si kecil mainan yang aman dengan ukuran yang lebih besar dari mulut anak.

Karena rasa penasaran anak kecil dapat mengakibatkannya memasukkan mainan tersebut ke dalam mulut.

Mainan yang cocok untuk anak usia 0-6 bulan adalah mainan yang memiliki warna mencolok dan bisa mengeluarkan bunyi.

Selain dapat menghibur si kecil, mainan tersebut juga bisa merangsang perkembangan mata dan telinganya.

Baca Juga: 10 Teka Teki Lucu dan Jawabannya untuk Alihkan Anak dari Gadget

2. Anak Usia 7-12 Bulan

tips memilih mainan anak

Sumber gambar: Unsplash

Pada usia 7-12 bulan, kemampuan dasar motorik bayi sudah mulai berkembang. Oleh karenanya, si kecil akan lebih aktif dan banyak bergerak seperti berguling, duduk, merangkak, sampai berdiri.

Memasuki usia ini, tips memilih mainan anak yang tepat adalah dengan memberikannya mainan yang dapat digerakan.

Kamu bisa memberikan si kecil mainan edukasi berupa boneka, mobil-mobilan, bola, ataupun kubus-kubus untuk mereka susun.

3. Anak Usia 1-2 Tahun

tips memilih mainana anak

Sumber gambar: Pixabay

Anak usia 1-2 tahun biasanya sudah aktif berjalan bahkan sudah mulai belajar untuk menaiki anak tangga. Si kecil juga sudah aktif berbicara dan dapat berkomunikasi baik dengan orang tua ataupun dengan anak seumuran lainnya.

Pada fase ini, kamu bisa memberikan buku cerita bergambar, mainan musik, mendengarkan lagu, hingga alat gambar seperti krayon dan pensil warna. Mainan edukasi seperti boneka, mobil-mobilan, atau action figure juga cocok untuk mengembangkan kemampuannya.

banner tokopedia funstation

Temukan Promo Seru untuk Pembelian Mainan dan Gaming di Tokopedia Funstation!

4. Anak Usia 2-3 Tahun

tips memilih mainana anak

Sumber gambar: Pixabay

Memasuki usia 2-3 tahun, kemampuan fisik anak sudah lebih berkembang dan jauh lebih aktif, seperti gemar melompat, memanjat, sampai bergelantungan. Bahkan, kemampuan bahasanya pun sudah meningkat dan mulai bisa menyampaikan keinginannya secara sederhana.

Tips memilih mainan anak yang sudah menginjak usia 2 tahun adalah dengan memberikannya berbagai mainan bangun membangun.

Untuk meningkatkan kemampuan motoriknya, kamu bisa memberinya mainan edukasi berupa puzzle dan Lego yang lebih kompleks.

Baca Juga: Mpasi 6 Bulan-9 Bulan: Menu, Resep, dan Panduan Lengkapnya

5. Anak Usia 3-6 Tahun

tips memilih mainana anak

Sumber gambar: Unsplash

Anak usia 3-6 tahun, biasanya sudah memiliki banyak pertanyaan akibat meningkatnya rasa penasaran mereka. Ditambah lagi pada umur ini, anak biasanya mulai aktif bermain di luar dan sudah memahami konsep menang dan kalah.

Memasuki umur 3-6 tahun ini, tips memilih mainan anak adalah dengan memberinya mainan edukasi berupa puzzle atau kubus yang dapat disusun untuk meningkatkan keterampilannya. 

Setelah memahami angka, anak juga bisa memainkan permainan papan seperti ular tangga untuk mengenalkan konsep aturan dalam permainan. Untuk mendukung pertumbuhan fisiknya, kamu juga bisa memberinya sepeda dan bola.

6. Anak Usia Sekolah

tips memilih mainan anak

Sumber gambar: Unsplash

Tips memilih mainan anak yang sudah mulai sekolah adalah memberikan mainan yang mampu meningkatkan kemampuan peran, ketangkasan, dan kreativitas.

Memasuki usia ini, anak sudah bisa bermain mainan yang lebih kompleks, seperti monopoli, catur, hingga scrabble.

Untuk mendukung perkembangan tubuhnya, kamu bisa memberikan sepeda roda dua, skuter, atau skateboard untuk permainan luar ruangan. Pastikan anak tidak terlalu terpaku pada gadget yang dapat menghambat pertumbuhannya, ya!

Wajib Perhatikan Bahan Mainan

mainan lego

Sumber gambar: Pixabay

Jika kamu berkunjung ke toko mainan, kamu akan menemukan banyak pilihan dan jenis untuk mainan edukasi. Langkah pertama, kamu harus pastikan jika bahannya aman untuk anak kecil. Berikut ini cara memastikannya:

  • Jika mainan edukasi terbuat dari kain, pastikan memiliki label tahan api
  • Untuk boneka, pastikan bahan yang digunakan dapat dicuci dan dibersihkan kembali
  • Pada mainan yang dicat, sebaiknya hindari cat yang menggunakan bahan timbal atau timah hitam
  • Dapatkan cat atau krayon yang bebas dari bahan beracun dan aman untuk anak
  • Apabila kamu menerima mainan lama, pastikan kamu memeriksanya apakah masih sesuai standar keamanan dan kesehatan saat ini atau tidak.

Agar lebih mudah, tips memilih mainan anak yang aman adalah yang memiliki label SNI. Setiap mainan edukasi yang memiliki label tersebut, dapat dipastikan telah melalui pengujian dan mendapat Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT) yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro).

Baca Juga: 10 Obat Pilek Anak Terbaik, Flu Hilang Bunda pun Tenang

Selain memberikan anak mainan edukasi sesuai umurnya, pastikan juga kamu memahami manfaat dari mainan yang diberikan, seperti memberikan manfaat motorik, problem solving, kreativitas, dan sensoris si kecil. 

Nah, itu dia tips memilih mainan anak yang sesuai dengan umur si kecil, Toppers! Ketika anak bermain, pastikan kamu selalu berada di sekitarnya agar dapat mengawasi dan menjaga aktivitas bermain buah hati.

Untuk memudahkan kamu dalam mendapatkan mainan edukasi, kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia! Selain lebih mudah, kamu juga bisa mendapatkan perlengkapan ibu dan bayi lainnya dengan lebih hemat berkat promo-promo yang sedang berjalan.

mainan terlengkap

Hilangkan rasa bosan dan bikin waktu luang lebih seru dengan berbagai permainan menarik serta kekinian di sini!

Penulis: Lazuardi

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

10 Tempat Bermain Anak di Bandung, Seru dan Mendidik!
Kids and Parenting
10 Tempat Bermain Anak di Bandung, Seru dan Mendidik!
Editor Picks
26 Tempat Wisata Pontianak dan Sekitarnya Favorit Traveler
26 Tempat Wisata Pontianak dan Sekitarnya Favorit Traveler
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia