10 Tips dan Cara Memilih Vacuum Cleaner yang Tepat di Rumah

85
tips memilih vacuum cleaner, cara memilih vacuum cleaner

Berkat penyedot debu, rumah bisa dibersihkan setiap hari dengan lebih mudah dan cepat. Sebelum membeli, simak tips memilih vacuum cleaner berikut ini!


Tips Memilih Vacuum Cleaner – Kebersihan sebagian dari iman.” Sepertinya semua orang sering mendengar kalimat ini, dari orang tua jika kamarmu kotor, atau mungkin tertempel di dinding toilet umum. Memang sangat tidak nyaman jika sudut di rumah atau mungkin di kamar kotor dan berdebu.

Jika sudah seperti itu, kamu tentu perlu membersihkannya. Namun, membersihkan debu menggunakan sapu atau kemoceng bisa saja mengakibatkan debu tersebut terhirup. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit atau alergi. Solusinya, kamu bisa membeli vacuum cleaner agar terhindar dari hal tersebut.

Dengan peralatan kebersihan ini kamu dapat membersihkan debu, kotoran, tungau, atau serangga-serangga kecil dengan cepat dan praktis. Kamu tidak perlu takut lagi terserang alergi jika memiliki alat ini.

Kalau kamu ingin membelinya, berikut adalah tips dan cara untuk memilih vacuum cleaner yang terbaik. Simak selengkapnya!

Baca Juga: Anti Debu dengan 8 Merk Vacuum Cleaner Favorit Kualitas Terbaik

Tips / Cara Memilih Vacuum Cleaner

1. Ketahui Jenis-jenis Vacuum Cleaner

tips memilih vacuum cleaner, cara memilih vacuum cleaner
Sumber Gambar: Self Inspiration

Sebelum kamu membeli vacuum cleaner, sebaiknya kamu mengetahui dulu jenis-jenis dari alat ini. Sehingga, kamu dapat menentukan jenis mana yang paling ideal untuk kondisi di rumah.

  • Upright Vacuum

Upright Vacuum adalah jenis vacuum yang berbentuk tega dan paling sering kita temui. Penyedot debu jenis ini memiliki dua tipe, bermesin tunggal dan mesin ganda.

  • Robot Vacuum

Vacuum jenis ini adalah yang paling praktis. Kamu nggak perlu repot-repot ke sana-sini untuk membersihkan debu. Model terbaru dari jenis ini bahkan bisa dikendalikan menggunakan aplikasi di ponsel pintar.

  • Steam Vacuum

Steam vacuum mengandalkan uap air yang ada pada tabung vacuum untuk memberihkan debu. Vacuum ini biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan yang keras, seperti kayu atau keramik.

  • Central Vacuum

Vacuum jenis ini bisa dikatakan sebagai vacuum yang sangat efisien. Tidak ribet seperti vacuum portable yang harus kita pindahkan tabungnya setiap kita berganti ruangan. Kamu hanya perlu membawa selang dan powerhead saja.

Namun, vacuum ini relatif mahal. Selain itu, kamu perlu melakukan instalasi central vacuum yang tidak mudah.

  • Hendheld Vacuum

Penyedot debu ini cocok sekali untuk membersihkan debu-debu di kursi atau karpet mobil, lemari, atau ventilasi. Kecil, ringan, dan tanpa kabel, tentu alat ini sangat mudah digunakan.

Tapi ingat, kapasitasnya pun tidak besar.

2. Ketahui Kemampuan Vacuum Cleaner

tips memilih vacuum cleaner, cara memilih vacuum cleaner
Sumber Gambar: Vacuum Cleaners Madison

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui fitur atau kemampuan dari vacuum cleaner yang akan kamu pilih. Misalnya, saat ini sudah ada pembersih debu dengan kemampuan ganda.

Bukan hanya debu pada karpet, vacuum cleaner wet and dry ini dapat membersihkan karpet rumah yang basah akibat tumpahan air.

Selain itu, perhatikan juga fitur-fitur yang dimiliki penyedot debu pilihan kamu. Misal, terdapat kontrol hisap untuk kain yang halus, serta pengaturan tinggi tiang vacuum untuk mempermudah penggunaannya.

3. Filter yang Dimiliki Vacuum Cleaner

tips memilih vacuum cleaner, cara memilih vacuum cleaner
Sumber Gambar: Freepik

Pilihlah vacuum cleaner yang memiliki filter dengan teknologi high efficiency particulate air (HEPA) atau saringan udara partikulat efisiensi tinggi. Filter ini dapat menyaring debu yang masuk dan dikeluarkan dengan sangat bersih.

HEPA ini merupakan fitur yang wajib dimiliki. Teknologi filter lainnya adalah filter yang menggunakanan saringan air.

4. Vacuum Cleaner Spesialis Mikropartikel

tips memilih vacuum cleaner, cara memilih vacuum cleaner
Sumber Gambar: PARRS

Jika ada anggota keluarga yang mudah terserang alergi karena debu atau serangga-serangga tak kasat mata, maka penyedot debu dengan fitur mikropartikel menjadi wajib.

Dengan adanya fitur ini maka vacuum cleaner dapat menyedot tungau dan debu-debu yang menempel pada karpet, kasur dan lainnya.

5. Membersihkan Debu dengan Sekali Pencet

tips memilih vacuum cleaner, cara memilih vacuum cleaner
Sumber Gambar: Best Products

Kalau kamu tidak mau capek-capek untuk memberisihkan seisi rumah, mungkin robot vacuum cleaner cocok untuk kamu. Hanya dengan satu tombol, maka robot tersebut akan bergerak sendiri menggunakan sensor.

Selagi robot itu membersihkan debu-debu rumah, kamu bisa melakukan kegiatan lain.

jual vacuum cleaner portable
Bersihkan kotoran lebih praktis dengan vacuum cleaner portable terbaik di sini!

Baca Juga: 10 Langkah dan Cara Menggunakan Vacuum Cleaner yang Tepat agar Awet

6. Ukuran Ruangan

Perhatikan pula luas rumah atau ukuran ruangan sebelum kamu membeli peralatan rumah tangga ini. Jika kamu memiliki ukuran rumah yang besar dan luas, akan lebih efisien jika kamu memilih jenis canister atau upright.

7. Tidak Bising

Kamu juga perlu memerhatikan suara yang dikeluarkan vacuum cleaner demi kenyamanan. Pilih lah vacuum dengan mesin yang tidak bising.

Suara ini tentu bisa mengganggu anggota keluarga lain yang sedang beraktifitas.

8. Pilih Brand Terbaik

Jangan membeli vacuum cleaner dari brand yang masih tidak jelas. Beli lah vacuum dengan brand yang sudah terpercaya dan terkenal. Walaupun harganya akan lebih mahal, kualiats vacuumnya pasti lebih unggul.

Terlebih lagi jika tidak ada garansi atau benefit lain yang bisa kamu dapatkan jika membeli barang elektronik dari brand yang belum jelas.

9. Watt dan Daya Vacuum Cleaner

Semakin besar watt pada vacuum cleaner, maka semakin besar pula daya hisapnya. Namun, perlu kamu ingat, semakin besar Watt-nya maka semakin besar pula listrik yang dibutuhkan.

Memilih vacuum cleaner dengan kemampuan hisap yang besar memang baik, akan tetapi kamu perlu sesuaikan juga dengan daya listrik di rumahmu.

10. Pikirkan Kesehatan Tubuh

Terakhir, pilihlah penyedot debu yang memiliki desain dan ukuran yang sesuai dengan tubuh kamu. Mengapa begitu? Ketika kita menggunakan vacuum yang terlalu kecil dan pendek tentu kamu perlu membungkuk ketika menggunakannya.

Hal tersebut akan mengakibatkan tulang belakangmu terasa nyeri dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, pilih yang memiliki ukuran dan desain yang sesuai dengan besar tubuhmu.

Misalnya, vacuum cleaner jenis upright yang memiliki ukuran yang cukup tinggi bisa menjadi pilihan kamu.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Material Lantai, Keunggulan serta Kelemahannya

Itu dia beberapa tips dalam memilih vacuum cleaner yang baik dan cocok untuk kamu. Dari semua tips yang sudah disebutkan, kamu juga perlu menyesuaikan jenis vacuum dengan kebutuhan jangka panjang.

Kalau kamu sudah menentukan pilihan, yuk kunjungi Tokopedia untuk temukan vacuum cleaner dan alat kebersihan lainnya dengan kualitas terbaik!

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Bagikan Artikel