• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Tips Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Share

5 Tips Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Kamu tertarik untuk memulai bisnis online sendiri? Sudah tahu kan, kalau internet yang merupakan dunia virtual saat ini, ternyata bisa membantu membangun bisnis dengan cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan dengan keuntungan yang tinggi? Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat bisnis online atau bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama, dan bisa dilakukan  di rumah ataupun di mana saja selama ada koneksi interne. Mudah banget kan!  Kamu masih bingung bagaimana cara memulai bisnis online agar usahamu lebih dikenal dan sukses nantinya? Yuk, simak tips ini:

Baca juga: 8 Cara Mudah Mendapatkan Uang dengan Modal Smartphone

Tips Memulai Bisnis Online

Miliki Mindset Bisnis yang Benar

Memiliki mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif itu penting banget, lho, apalagi ketika kamu mau memulai bisnis online. Kamu juga harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita. Jangan sampai ketika sudah berhasil membangun usaha sampai susah payah, tapi akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus bisnis. Kamu tentunya juga ingin memiliki waktu bersama keluarga, orang-orang tercinta, atau melakukan hal-hal lainnya bukan?

Mulai dengan Jualan

Kalau kamu sudah memiliki mindset dan konsep bisnis, langsung putuskan apa yang mau kamu jual. Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, lebih baik berlatih menjual produk lewat internet terlebih dahulu.  Ini beberapa tips cara menemukan produk yang akan dijual:

  • Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan orang-orang di sekitarmu.
  • Tukar manfaat yang bisa kamu berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.
  • Kamu bisa melakukan riset produk terlebih dahulu, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat.
  • Cari produk  yang orang-orang banyak butuhkan atau ada pasarnya.

Nah, ini ada beberapa contoh produk dan jasa yang banyak dibutuhkan saat ini:

  1. Contoh barang fisik : sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan.
  2. Contoh produk digital : bisa berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software. Untuk produk digital seperti ini, tahukah kamu jika kamu bisa menjadi Agen Tokopedia untuk menjual berbagai produk digital dengan mudah? Langsung saja klik halaman Agen Tokopedia untuk informasi lebih lengkap mengenai penjualan produk digital ini, ya.
  3. Contoh jasa : bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan tiket kereta api, dan jasa-jasa yang lain.

Buat Website atau Toko Online

Kalau kamu sudah menentukan produk yang mau dijual, kamu bisa membuat website sendiri untuk toko online-mu. Keuntungannya, kalau kita sudah memiliki website sendiri, ke depannya bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika mau menyebar promosi online lewat media sosial, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Kamu bisa membuat website berbayar yang lebih resmi dan pribadi, atau bisa menggunakan website atau blog gratis. Buat akun WordPress atau Blogspot karena kedua blog tersebut sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, dan juga lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank

Promosi Online

Setelah website jadi, kamu bisa mengisinya dengan informasi produk atau jasa yang kamu miliki. Isi website yang sudah dibuat dengan konten yang benar dan meyakinkan. Untuk materi konten web-nya, tampilkan yang simple dulu, dan kamu bisa memasukkan informasi berikut:

  • Profil usaha
  • Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya
  • Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi (email, fax, telepon, dan lainnya.)
  • Cara pemesanan dan form order nya.

Lalu, kamu bisa bagikan di beberapa situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs media sosial lainnya. Kemudian, kamu juga bisa mulai memajang produk maupun jasa di situs-situs direktori bisnis, situs forum seperti Kaskus, dan situs-situs marketplace seperti di Tokopedia dan sebagainya. Selain itu, untuk tingkat promosi yang lebih “advance”, yakni melalui mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dengan teknik SEO.

Cari Mentor dan Komunitas Online yang Positif

Bagi kamu yang mau belajar bisnis online dengan lebih serius, lebih baik mencari mentor terlebih dahulu. Mentor akan membimbingmu dalam masa-masa awal membangun bisnis. Kamu bisa belajar dari pengalaman suksesnya, serta jatuh bangunnya dari proses yang mereka alami. Dengan adanya mentor, proses trial and error yang kamu butuhkan selama berproses menuju puncak akan lebih cepat. Gabung juga dengan komunitas bisnis dan miliki lingkungan yang positif. Ini akan mendukung proses belajar kamu supaya lebih kondusif dan terarah. Beberapa empat belajar bisnis online yang bisa kamu kunjungi seperti Cafebisnis dan Private Brokenpreneur.

Mudah bukan beberapa cara dan tips untuk memulai bisnis online untuk kamu yang pemula? Bisnis online ini sangat praktis dengan modal kecil karena enggak membutuhkan sewa tempat, tetapi bisa menghasilkan keuntungan dan hasil yang lebih. Kamu bisa membuat bisnis online sebagai penghasilan tambahan atau sebagai penghasilan utama. Mau mulai membuat bisnis online apa kamu, Toppers?

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
Keuangan
Cara Mendapatkan EFIN Pajak dan Mengaktifkannya, Bisa Online!
© 2009-2024, PT Tokopedia