• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Mengenali Toys Photography: Tips dan Cara Melakukannya

04 October 2023

Share

Mengenali Toys Photography: Tips dan Cara Melakukannya

Toys Photography: Tips dan Cara Melakukannya – Ketika berbicara tentang mainan, tentunya fokus langsung beralih ke anak-anak. Ketika masa kanak-kanak, mainan adalah salah satu dunia bagi kamu, iya nggak, Toppers? Banyak mainan favorit kamu, menjadi kesayangan dan dibawa kemana-mana. Hingga akhirnya tumbuh dewasa, lambat laun mulai melupakan keberadaannya juga seiring perkembangan zaman.

Mainan memang tidak hanya dibuat untuk anak-anak. Berbagai macam mainan juga tentu khusus ditargetkan untuk kaum dewasa, seperti action figure ataupun model kit. Kini, tak hanya mainan menjadi favorit dan tumbuh pesat, muncul juga sebuah hobi baru yang menggabungkan dua hobi sekaligus. Salah satu hobi pada kancah fotografi yang kini sedang populer di berbagai belahan dunia adalah toys photography. Aktivitas ini sedang digilai para penggemanya. Menggabungkan antara kecintaan terhadap mainan dan fotografi, hobi ini menjadi populer akhir-akhir ini seiring kemudahan dalam melakukan unggahan ke media sosial! Yuk baca tips dan cara melakukan toys photography berikut!

Toys Photography, Apa Itu?

Toys PhotographySumber: Boredpanda

Jangan biarkan mainan kamu diam saja dan hanya menjadi pajangan! Buka berbagai kemungkinan dengan belajar toys photography! Toys photography merupakan sebuah aktivitas menggabungkan dua hobi yaitu hobi mainan dan hobi fotografi. Menarik dari aktivitas ini adalah karena mainan seakan memiliki nyawa dan perasaan. Mainan merupakan benda sangat simpel, namun ternyata sangat kaya akan berbagai kemungkinan dapat kamu eksplorasi. Kamu dapat memperlakukan mainan seakan model manusia, taruh dimanapun, gaya apapun, hasilnya pasti bisa keren, dan tak perlu sulit untuk melakukannya karena kini telah banyak ponsel pintar dengan kamera berkualitas, serta aplikasi edit foto canggih paling keren!

Nah, jika kamu tertarik untuk mengikuti aktivitas toys photography, berikut tips dan cara melakukannya:

Rawat Mainan dengan Baik

Toys PhotographySumber: Pinterest

Tentu ketika melakukan sesi foto toys photography, kamu ingin mainan tampak dalam kondisi terbaik. Nah, satu hal musti diingat adalah untuk selalu merawat dan membersihkan mainan kamu. Debu ataupun kusam tak akan bagus jika berada dalam hasil foto kamu, malah mungkin bisa merusak keindahan foto. Sebelum melakukan aktivitas toys photography, ada baiknya untuk melakukan pembersihan pada mainan kamu, sebisa mungkin tidak ada partikel yang menganggu, sehingga dapat menghasilkan hasil foto terbaik!

Pikirkan Konsep dengan Matang

toys photographySumber: fubiz.net

Selanjutnya adalah pikirkan konsep sebelum melakukan sesi foto toys photography dengan matang. Mudah saja, kamu bisa mulai dari daerah sekitar kamu. Untuk permulaan, cari lah tempat yang bersih dan mudah di akses, seperti taman dekat daerah rumah atau lapangan. Eksplorasi berbagai kemungkinan seperti memanfaatkan lingkungan sekitar, tanaman, daun, kerikil, rumput, dan lainnya. Jika konsep sudah matang dan kamu sudah percaya diri, selanjutnya adalah langsung cekrek!

Baca juga: Hasilkan Foto Terbaik dengan Tips Fotografi Indoor Berikut!

Kombinasikan Berbagai Mainan

Toys PhotographySumber: Daniel Cheung

Pastinya hasil foto toys photography akan lebih seru jika kamu tidak hanya menggunakan satu mainan saja. Berbagai mainan bisa dikombinasikan jika kamu memiliki berbagai macam bentuk! Misalnya, kombinasikan Lego figure kamu dengan action figure besar! Kamu bisa mencari dan melakukan campuran terutama bila mainan kamu dalam satu tema, misalnya Star Wars, namun dalam berbagai bentuk mainan dari Lego ataupun model kit.

Subjek Kecil, Objek Besar

Toys PhotographySumber: James Pond

Mainan merupakan subjek foto kecil. Dibanding manusia dan model lain, mainan umumnya memiliki ukuran kecil. Nah, yang spesial dari toys photography adalah bagaimana membuat mainan yang merupakan subjek ‘kecil’ ini menjadi sebuah objek foto besar. Berbagai teknik bisa kamu aplikasikan, seperti menggunakan teknik low angle. Membuat seolah-olah mainan menjadi seperti manusia dan seakan melihat dari sudut pandang sangat kecil.

Baca juga: 7 Inspirasi dan Tips Foto Flat-Lay Kekinian yang Instagramable

Selain itu, sebetulnya sedang marak juga pada ranah toys photography adalah gaya untuk membuat subjek foto menjadi mainan “seutuhnya”, seakan-akan mainan kesulitan untuk eksis di dunia manusia, selalu terganggu. Berbagai kesulitan seperti hampir terinjak manusia, mencoba beraktivitas seakan manusia, dan lain sebagainya Hasil fotonya pasti sangat lucu, mengundang tawa.

Itu dia tadi, perkenalan mengenai toys photography serta tips dan cara melakukannya. Gimana? Percaya kan bahwa mainan itu bukan untuk anak kecil saja? Apakah kamu mulai tertarik untuk mengikuti aktivitas toys photography ini? Ada baiknya untuk memulai, kamu dapat bergabung dengan berbagai komunitas toys photography di daerah dekat kamu! Selain menambah koneksi, mereka juga pasti dengan senang hati akan mengajari berbagai tips dan trik toys photography kepada kamu. Jangan lupa juga untuk membeli berbagai perlengkapan toys photography seperti kamera, action figure dan Lego, tersedia di Tokopedia!

figure hot toys

 

Share

Kezia Eunike SabrinaKezia Eunike Sabrina

Related Articles

12 Senjata Terbaik PUBG yang Paling Sakit & Mematikan 2024
Toys & Gaming
12 Senjata Terbaik PUBG yang Paling Sakit & Mematikan 2024
© 2009-2024, PT Tokopedia