Menyusuri Kelezatan 9 Kuliner Khas Jember yang Populer

0
407
Makanan Khas Jember
Sumber gambar: Detik

Makanan Khas Jember – Liburan ke Jawa Timur dan mampir ke Jember? Jangan sampai Toppers melewatkan ragam kuliner tradisional khas Jember yang terkenal akan cita rasanya yang unik dan menarik. Mulai dari Nasi Langi hingga berbagai pecel, berikut rekomendasi makanan khas Jember yang wajib Toppers cicipi saat berkunjung ke kota Jember:

Baca juga: 20 Destinasi Wisata di Kota Sukabumi Terbaru

Pilihan Kuliner Khas Jember Favorit

1. Nasi Langi

Makanan Khas Jember - Nasi Langi
Sumber gambar: Okezone

Indonesia kaya akan ragam kuliner nasi. Salah satunya bisa Toppers temukan di Jember yakni Nasi Langi. Seperti nasi rames, makanan khas Jember satu ini merupakan olahan nasi yang dilengkapi beragam lauk-pauk khas seperti sambal goreng tempe kentang, telur asin, petis, abon sapi, dan lainnya lengkap bersama sambal dan lalapan segar.

2. Pecel Gudeg

Pecel Gudeg - makanan khas jember
Sumber gambar: Detik

Makanan tradisional khas Jember selanjutnya juga menawarkan cita rasa unik perpaduan dari pecel dan juga gudeg. Dilengkapi dengan potongan daging yang gurih dan renyagnya rempeyek membuat kuliner asal Jember Jawa Timur ini makin sedap untuk disantap saat belibur ke Jember.

3. Pecel Pincuk Garahan

Makanan Khas Jember
Sumber gambar: Detik

Selain pecel gudeg, masih ada olahan pecel lainnya di Jember yang bisa Toppers cicipi. Pecel Pincuk terkenal akan sajiannya yang menggunakan daun pisang. Soal rasa, makanan khas Jember satu ini memiliki rasa pedas yang dominan dariolahan saus kacangnya. Perpaduan rasa pedas, gurih, serta asam membuat kuliner tradisional ini menyegarkan.

4. Wedang Cor

Setelah pilihan makanan, berikutnya Toppers bisa mencicipi minuman khas Jember Wedang Cor. Cita rasa hangat dari wedang dan asam serta manis dari rempah-rempah membuat minuman tradisional asal Jember satu ini sangat cocok untuk menemani sore hari bersama pisang goreng dan beragam makanan ringan.

Baca juga: 12 Macam-macam Sambal Khas Indonesia yang Bikin Makanan Tambah Nikmat

5. Lontong Kupang

Lontong Kupang
Sumber gambar: Detik

Rekomendasi kuliner asal Jember yang unik lainnya adalah Lontong Kupang. Ke-khasan dari kuliner ini adalah kuah kerang kecil lengkap dengan sajian sate kerang yang sangat cocok untuk Toppers pecinta kuliner seafood.

Lontong Kupang ini cukup mudah ditemui di daerah Jember dan sekitarnya.

6. Prol Tape

Prol Tape Makanan Khas Jember
Sumber gambar: Tribunnews

Makanan khas Jember selanjutnya ini bisa jadi salah satu pilihan buah tangan untuk Toppers bawa ke kerabat. Berbahan dasar tape singkong, kuliner Prol Tape khas Jember hadir dengan banyak varian rasa mulai dari keju, cokelat, hingga kismis. Untuk menemukan makanan khas Jember ini, Toppers bisa kunjungi toko oleh-oleh atau secara online di Tokopedia.

7. Jenang Waluh

Makanan Khas Jember
Sumber gambar: Katalog Kuliner

Selain Prol Tape, Jenang Waluh bisa jadi pilihan camilan asal Jember yang cocok dijadikan oleh-oleh. Kuliner tradisional ini diolah dari labu kuning, tepung ketan, dan juga kelapa tua. Memiliki tekstur kenyal dan rasa manis, Jenang Waluh merupakan salah satu kuliner Jember favorit untuk dijadikan buah tangan.

8. Pia Tape

Makanan Khas Jember
Sumber gambar: IDN Times

Di Jember, Toppers juga bisa menemukan kuliner pia tape yang khas. Sama halnya dengan kuliner pia yang ada di daerah Jawa lainnya, pia tape khas Jember ini memiliki banyak varian rasa mulai dari cokelat, pisang, blueberry, dan beragam rasa-rasa menarik lainnya.

9. Suwar-Suwir

Makanan Khas Jember - Suwar-Suwir
Sumber gambar: Kaskus

Suwar-suwir adalah makanan khas Jember yang memiliki tekstur keras dan tampilan yang berwarna-warni. Diolah dari bahan dasar tape singkong dan gula, suwar-suwir awalnya hanya memiliki rasa khas Sirsak. Namun, kini Toppers sudah bisa memilih lebih banyak varian rasa dari suwar-suwir.

Baca juga: Rekomendasi 14 Oleh-Oleh Khas Semarang Terpopuler

Tertarik dengan cita rasa menarik dari ragam makanan khas Jember tersebut? Yuk, mulai petualangan kuliner di Jember lewat Tokopedia. Mulai dari melengkapi perlengkapan traveling hingga pesan tiket kereta api atau tiket pesawat bisa dilakukan dengan mudah secara online di Tokopedia!

Bagikan Artikel