7 Oleh-Oleh Khas Samarinda Paling Populer

0
1221
Oleh-Oleh Samarinda
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Oleh-Oleh Khas Samarinda – Samarinda adalah sebuah kota yang berada di Pulau Kalimantan. Sebagai ibukota Kalimantan Timur, Samarinda menyimpang segudang potensi wisata. Dalam berwisata, tentu saja rasanya belum lengkap tanpa membeli Cinderamata khas daerahnya.

Maka dari itu, buat Toppers yang berencana pergi ke Samarinda, Tokopedia punya rekomendasi oleh-oleh khas Samarinda favorit para pelancong. Yuk, simak daftarnya di bawah!

Baca juga: Mau Liburan Hemat? Perhatikan Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Berikut

Oleh-Oleh Khas Samarinda Paling Populer

1. Gula Gait

Oleh-Oleh Khas Samarinda
Sumber gambar: Tokopedia

Jajanan satu ini merupakan salah satu ikon kuliner khas Samarinda. Gula Gait, sesuai namanya, terbuat dari olahan Gula Aren, sehingga lebih menyehatkan ketimbang gula biasa. Makanan ini sangat unik, dengan rasa legit khas yang siap menggoyang lidah!

2. Bolu Gulung Durian Panglima

Oleh-oleh khas Samarinda selanjutnya adalah Bolu Gulung Durian Panglima. Popularitas Kue Bolu ini tengah naik daun di kalangan para pelancong yang berkunjung ke Samarinda. Bolu ini tersedia dalam berbagai varian, mulai dari isi durian hingga daging.

3. Keminting Samarinda

Oleh-Oleh Khas Samarinda
Sumber gambar: Undas

Keminting Samarinda adalah salah satu oleh-oleh khas Samarinda yang terkenal. Jajanan khas Samarinda ini memang tidak bisa kamu temui di tempat lain selain Samarinda. Keminting terbuat dari biji kemiri yang dibalut Sagu, tepung, dan gula, menghasilkan citarasa manis penggugah selera.

4. Kue Ilat Sapi

Kata “Ilat” pada nama kue ini dalam bahasa Indonesia berarti lidah. Meski bentuknya mirip lidah sapi, soal rasa tentu saja kue ini sangat berbeda dengan lidah sapi. Terbuat dari gula merah dan Tepung, kue ini menyajikan rasa manis yang pas untuk camilan sehari-hari.

5. Amplang

Oleh-oleh khas Samarinda
Sumber gambar: Tokopedia

Camilan ini merupakan salah satu Kerupuk Tradisional populer yang paling digemari para pengunjung Kota Samarinda. Selain rasanya yang enak, bentuknya yang kecil juga membuatnya mudah untuk dibawa-bawa. Sangat cocok untuk diberikan sebagai oleh-oleh dari Samarinda.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

6. Kerajinan Tangan Samarinda

Oleh-Oleh Khas Samarinda
Sumber gambar: Cerita Dayak

Selain makanan, Samarinda juga memiliki karya produksi unggulan lainnya sebagai oleh-oleh asal Samarinda, yakni aneka macam kerajinan tangan. Kerajinan tangan khas Samarinda memiliki keunikan tersendiri, terutama dari aspek bahannya yang terbuat dari kayu berkualitas tinggi khas Pulau Kalimantan. Varian yang paling terkenal diantaranya adalah Aksesoris Perempuan, seperti Gelang.

7. Sarung Samarinda

Oleh-Oleh Samarinda
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Barang yang satu ini tentunya sangat populer bagi masyarakat Indonesia. Yang membuat Sarung Samarinda berbeda dengan varian sarung dari daerah lainnya adalah inovasi corak-corak khas Dayak serta bahan tenunnya yang sangat lembut, cocok untuk dipakai siapapun.

Baca juga: 11 Merk Sarung Terbaik paling Populer

Itulah rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di Kota Samarinda. Sudah menentukan oleh-oleh mana yang akan dibeli? Untuk mencari Tiket Pesawat ke Samarinda dengan harga terbaik dengan praktis, nikmati kemudahan layanan pemesanan tiket online dari Tokopedia sekarang juga!  

Banner Tiket Pesawat

Bagikan Artikel