18 Destinasi Obyek Wisata Klaten untuk Kamu Jelajahi

0
2075
Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Bon Voyage Yogya

Tempat Wisata di Klaten – Berada di antara Gunung Merapi dan Pegunungan Seribu, Klaten merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang berpusat pemerintahan di Klaten. Topografi dari Klaten cukup unik, terbagi atas tiga dataran yakni dataran lereng gunung Merapi di sebelah utara, dataran rendah di sebelah timur, serta dataran gunung kapur pada sebelah selatan.

Keunikan topografi inilah yang membuat banyak obyek wisata di Klaten yang menarik untuk dijelajahi. Penasaran dengan pesona wisata yang dimiliki Klaten? Simak rekomendasi destinasi tempat wisata di Klaten favorit terbaru berikut:

Baca juga: 7 Kegiatan Menarik yang Bisa Dilakukan di Karimun Jawa

Rekomendasi Tempat Wisata di Klaten

1. Umbul Ponggok

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Detik

Umbul Ponggok adalah destinasi wisata di Klaten paling pas untuk Toppers yang ingin memiliki foto underwater yang instagramable dan kekinian.

Di tempat wisata Klaten ini, Toppers bisa bermain air di kolam yang memiliki air sangat jernih. Berbagai jenis ikan-ikan kecil yang cantik juga menambah indah obyek wisata di Klaten yang tengah populer ini.

2. Umbul Manten

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Okezone

Tak jauh dari Umbul Ponggok, ada pula Umbul Manten yang tak kalah menarik. Obyek wisata di Klaten yang berlokasi di Dusun Janti ini juga menawarkan kesegaran kolam dengan air yang sangat jernih.

Ditambah dengan rindangnya pepohonan yang mengitari tempat wisata di Klaten ini merupakan destinasi tepat untuk menenangkan diri dari hiruk-pikuk perkotaan.

Selain asri dan indah, tempat wisata di Klaten satu ini juga sarat akan kisah legenda mengenai kisah sepasang suami istri yang melanggar larangan untuk keluar setelah maghrib saat 40 hari awal pernikahan. Ketika suami istri tengah berjalan berdua perlahan sang istri menghilang dan disusul dengan menghilangnya suami. Tak jauh dari tempat menghilangnya pasangan inilah kemudian muncul mata air yang dinamakan warga setempat Umbul Manten.

3. Umbul Cokro Tulung

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Tribunnews

Berbagai destinasi wisata air memang tengah menjadi salah satu tujuan wisata kekinian di Klaten. Selain Umbul Ponggok dan Umbul Manten, masih ada Umbul Cokro Tulung yang tak kalah menarik untuk Toppers telusuri. Airnya yang jernih dan lingkungan yang masih sangat alami membuat tempat wisata ini mampu menyegarkanmu. Di tempat ini juga meruapak nlokasi upacara Padusan yang kerap diselenggarakan oleh masyarakat setempat.

4. Kali Talang

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Kompas

Destinasi tempat wisata di Klaten lainnya yang sangat memukai adalah Kali Talang yang berada di kawasan Balerante, Kecamatan Kemalang dimana Toppers bisa menikmati keindahan alam dari Gunung Merapi. Di obyek wisata Klaten ini juga terdapat beberapa gardu pandang dimana Toppers bisa mendapatkan berbagai spot foto instagramable.

5. Rowo Jombor

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Wisata di Indonesia

Memiliki panorama tak kalah memukau, terutama kala matahari terbenam, Rowo Jombor adalah pilihan tujuan wisata di Klaten selanjutnya yang bisa Toppers sambangi. Rawa luas yang masih sangat alami ini merupakan sarana irigasi bagi masyarakat sekitar.

Tak cuma bisa menikmati indahnya pemandangan Rowo Jombor, Toppers juga bis mencicipi beragam kuliner yang dijajakan di warung apung yang berada di tepian dari obyek wisata di Klaten satu ini.

6. Candi Prambanan

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Wikipedia

Berbicara soal tempat wisata di Klaten, tentu tak bisa melewatkan Candi Prambanan yang kepopulerannya telah mendunia. Meskipun secara wilayah lokasi dari obyek wisata sejarah ini berada di wilayah Yogyakarta, namun gerbang masuk dari salah satu komplek candi Hindu terbesar di dunia ini berada di wilayah Klaten.

7. Candi Sewu

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Wikipedia

Selain Candi Prambanan, obyek wisata candi di Klaten lainnya yang bisa Toppers temukan di Klaten adalah Candi Sewu. Meskipun arti dari nama Candi Sewu adalah Candi Seribu, nyatanya jumlah candi di kawasan ini tidaklah mencapai seribu.

Berdiri megah dengan detail arsitektur yang memukai menjadikan Candi Sewu menjadi salah satu destinasi wisata di Klaten yang sayang untuk dilewatkan.

8. Candi Plaosan

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Wikipedia

Klaten memang menawarkan banyak sekali destinasi wisata Candi yang sangat menarik untuk ditelusuri. Satu lain Candi di Klaten yang mempesona adalah Candi Plaosan yang diperkirakan telah ada sejak abad ke-9, yakni pada masa kerajaan Mataram Kuno. Meski telah berusia lebih dari seribu tahun lamanya, bangunan Candi Plaosan masih bediri megah dan kokoh.

9. Candi Lumbung

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Wikipedia

Sama-sama diperkirakan berasal dari era Kerajaan Mataram Kuno di abad ke-9, Candi Lumbung terkenal akan arsitekturnya yang menyerupai lumbung padi. Candi becorak Buddha ini masih termasuk dari lokasi kompleks dari Candi Prambanan. Kompleks candi bersejarah yang juga dikelilingi alam nan asri ini menjadi salah satu alternatif tujuan wisata sejarah di Klaten yang bisa Toppers kunjungi.

Baca juga: 24 Candi Hindu-Buddha di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

10. Candi Merak

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Flickr

Candi lainnya yang bisa Toppers kunjungi di Klaten adalah Candi Merak. Meskipunj berukuran kecil jika dibandingkan candi-candi lain yang ada di Klaten, namun Candi Merak menjadi salah satu destinasi wisata di Klaten yang cukup diminati karena nilai sejarah yang dimilikinya.

11. Deles Indah

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Bon Voyage Yogya

Obyek wisata di Klaten yang menawarkan keindahan panorama alam dari Gunung Merapi adalah Deles Indah yang berada di Desa Sidorejo. Tak hanya kemegahan dari gunung merapi, ada banyak sekali destinasi wisata dan spot foto menarik yang bisa Toppers temui di tempat wisata Klaten satu ini seperti bekas Pesanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno, hingga Gua Sapuangin.

12. Sendang Gemuling

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Klaten Lokasi

Jika Toppers memiliki jiwa petualang dan tertatik akan berbagai destinasi wisata yang eksotis, Sendang Gemuling adalah salah satu destinasi wisata di Klaten yang cocok untukmu. Berada tersembunyi di area pedalaman hutan, untuk bisa mencapai obyek wisata alam di Klaten ini membutuhkan perjuangan ekstra. Namun, indahnya pemandangan di tempat wisata Klaten satu ini menjadikan medan yang sulit tersebut sebanding.

13. Protelium Bukit Patrum

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Tribunnews

Satu lagi tempat wisata di Klaten yang cocok untuk Toppers yang gemar berburu lokasi berburu foto, yakni Protelium Bukit Patrum. Obyek wisata di Klaten yang memiliki bentang alam asri nan eksotis ini terkenal sebagai salah satu tempat berburu foto favorit para wisatawan.

14. Puncak Clongop

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: I Hate Green Jello

Menawarkan suasana alam yang menenangkan, Puncak Clonggop adalah destinasi wisata yang populer di Klaten. Berada di kawasan Gunung Kidul, tepatnya dui Desa Watugajah, obyek wisata di Klaten ini memiliki panorama alam yang sangat mengagumkan. Di sini, Toppers juga bisa menyaksikan keindahan alam Kota Klaten dari ketinggian.

15. Luweng Sampang

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Visit Jogja

Luweng Sampang adalah obyek wisata air terjun yang walaupun tidak terlalu tinggi, memiliki daya tarik yang cukup menawan. Mengalir diantara bebatuan yang eksotis, air terjun Luweng Sampang juga dikelilingi alam yang sangat menyejukkan, menjadikannya salah satu tempat wisata yang tepat untuk menenangkan diri.

16. Kali Pusur

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Kompas

Untuk Toppers yang suka bertualang, liburan ke Klaten takkan lengkap tanpa melakukan river boarding di Kali Pusur. Menyusuri Kalio Pusur dengan jalur sepanjang hingga 10 kilometer, Toppers akan menikmati sensasi derasnya arus dan jeram-jeram yang ada di Kali Pusur.

17. Makam Sunan Panandaran

Klaten juga terkenal sebagai salah satu tujuan wisata ziarah karena di Klaten terdapat Makan Sunan Panandaran Bayat yang dikenal juga dengan nama Sunan Bayat, Pangeran Mangkubumi, Susuhunan Tembayat, Sunan Panandaran, ataupun Wahyu Widayat.

Berlokasi di Puncak Gunung Jabalkat, tepatnya di Desa Paseban Bayat dan mejadi salah satu tujuan wisata religi yang tak pernah sepi dari para peziarah.

18. Museum Gula Jawa Tengah

Destinasi tempat wisata di Klaten
Sumber gambar: Informasi Sumber Budaya Indonesia

Alternatif tempat wisata di Klaten selanjutnya adalah Museum Gula. Destinasi wisata edukatif ini mengoleksi berbagai benda-benda bersejarah di industri gula dari era kuno hingga berkembang menjadi industri modern.

Baca juga: 12 Tujuan Wisata Mojokerto Favorit untuk Liburan Seru

Dengan varian tempat wisata yang ada di Klaten tersebut, tak salah jika Klaten menjadi salah satu tujuan liburan yang sayang untuk dilewatkan. Sudah temukan obyek wisata di Klaten mana yang jadi pilihan favoritmu?

Yuk, wujudkan perjalanan ke tempat wisata Klaten favorit bersama Tokopedia. Mulai dari pesan tiket kereta, tiket pesawat, hingga beli berbagai perlengkapan traveling dan booking hotel bisa dilakukan dengan mudah di Aplikasi Tokopedia.

Sudah siap jelajahi destinasi wisata di Klaten?