• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Ulang Tahun Tokopedia ke-4: Pencapaian & Target

17 July 2023

Share

Ulang Tahun Tokopedia ke-4: Pencapaian & Target

Dear Tokopediawan,

Tidak terasa, hari ini bertepatan dengan Dirgahayu RI yang ke-68, Tokopedia telah genap berusia 4 tahun, memperkenalkan model online marketplace ke pasar internet Indonesia.

Di hari perayaan ini, kami ingin melakukan kilas balik, apa milestone yang berhasil Tokopedia capai dalam 12 bulan terakhir, kemudian apa target kami ke depannya.

Banyak yang terjadi dalam 12 bulan terakhir ini, berikut ringkasan milestone nya:

  1. Tokopedia berhasil masuk dalam Top 50 situs paling sering dikunjungi di Indonesia, dan terus mempertahankan posisi nya sebagai online marketplace dengan traffic paling tinggi di Indonesia.
  2. Hingga akhir July 2013, sepanjang 12 bulan terakhir, merchant Tokopedia berhasil menjual sebanyak 13.4 juta produk lewat fasilitas escrow Tokopedia, meningkat 503% dibanding periode sebelumnya.
  3. Hadir dalam 3 versi: Wap, Mobile, dan Desktop.
    Saat ini Tokopedia sedang melakukan perubahan terhadap wajah tampilan situs kami dengan pendekatan yang lebih modern dan dinamis, dan sudah diluncurkan secara Beta, dimana setiap user bisa mencoba dan bertukar tampilan antara versi Klasik dan versi Baru. Kami akan terus menyempurnakan versi baru ini hingga akhir tahun. Beragam fitur-fitur baru yang dirancang untuk memudahkan penjual dan pembeli juga sedang kami persiapkan. Selain itu Tokopedia juga sedang mengembangkan aplikasi native untuk Android.
  4. Pindah data center dan kantor baru.
  5. Menerima investasi strategis dari Softbank Ventures Korea.Softbank sendiri merupakan investor dari Alibaba, yang merupakan perusahaan eCommerce terbesar di dunia saat ini. Dengan ini, selain pemodalan, Tokopedia juga mendapatkan akses know-how yang dapat terus membantu Tokopedia mengembangkan produk internet kelas dunia.
  6. Menjadi mitra Bank Mandiri dengan frekuensi transaksi online paling tinggi sepanjang tahun 2012.
    Hal ini menunjukkan kesiapan pengguna internet Indonesia yang sudah mulai melakukan pembayaran secara online, dimana produk-produk baru perbankan yang mendukung pembayaran instant, langsung mendapatkan adaptasi pasar yang baik.

Adapun target kami ke depan:

  1. Membangun 1 juta lapangan pekerjaan dalam kurun waktu 3 tahun ke depan lewat platform Tokopedia, dengan membantu individu dan UKM Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka secara online, hingga mampu membangun lapangan pekerjaan di sekitar mereka.
  2. Menjadi perusahaan internet yang mampu menjadi icon Indonesia di mata dunia. Tokopedia dari Indonesia, seperti Google dari Amerika dan Alibaba dari China.

Kami optimis target tersebut akan dapat kami capai, tentunya dengan dukungan semua Tokopediawan.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih besar kepada seluruh Tokopediawan yang selalu setia menggunakan situs kami untuk aktivitas jual-beli online, dan kepada seluruh Tokopedia Nakama yang percaya penuh dan terus bekerja keras mewujudkan misi Tokopedia, dan kepada segenap investor Tokopedia yang menaruh kepercayaan kepada kami dalam memberikan dukungan pendanaan sehingga kami bisa terus membangun Tokopedia menjadi perusahaan internet kelas dunia.

Salam,
William Tanuwijaya
co-founder / CEO Tokopedia

Share

Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
Founder's Letter
CEO Tokopedia: Terima Kasih untuk 5 Tahun yang Luar Biasa Ini!
© 2009-2024, PT Tokopedia