• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Manfaat Daun Ketapang yang Tak Terduga bagi Kesehatan

Share

5 Manfaat Daun Ketapang yang Tak Terduga bagi Kesehatan

Manfaat Daun Ketapang – Mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengar yang namanya daun ketapang. Daun dari tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk membantu budidaya ikan cupang, agar hewan peliharaan ini bisa hidup dengan nyaman di dalam air akuarium.

Selain untuk ikan cupang, ternyata daun ketapang juga diketahui bisa memberi manfaat positif bagi kesehatan kita lho, Toppers. Daun ini dapat berkhasiat untuk membantu kamu mengurangi derita beberapa jenis penyakit. Mau tahu manfaat yang dimiliki daun ketapang apa saja? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Manfaat & Khasiat Bawang Putih yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan

Mengurangi Hipertensi

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Pexels

Salah satu manfaat daun ketapang adalah dapat mencegah hipertensi. Penderita hipertensi bisa mengandalkan daun ini untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi mereka. Caranya, yaitu dengan membuat ekstrak daun ketapang hingga menjadi minuman.

Menghilangkan Sariawan

Selain dapat merendahkan tekanan darah, khasiat daun ketapang lainnya adalah untuk menghilangkan sariawan. Sifat anti infeksi yang terkandung di dalam daun ketapang dapat membantu menyembuhkan sariawan dalam mulut yang sangat mengganggu. Cara memanfaatkannya sama seperti di atas, yakni dengan mengonsumsi ekstraknya.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Pexels

Manfaat daun Ketapang pun tidak berhenti di situ, Toppers! Daun ketapang juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa merasakan manfaat daun Ketapang ini adalah gatal-gatal, kadas, dan juga kurap. Caranya adalah dengan mengambil sari pati daun ini lalu ditempelkan kepada bagian kuliat yang bermasalah.

Melancarkan Pencernaan

Khasiat daun ketapang lainnya, yaitu untuk membantu mengobati masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. Jika kamu terjangkit penyakit diare atau sembelit, cobalah menggunakan daun ketapang untuk membantu menyembuhkannya.

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat Daun Ketapang untuk Kesehatan
Sumber Gambar: Pexels

Tentunya rasa nyeri saat haid sering dirasakan oleh para wanita. Jika kamu salah satu diantara yang mengalami kondisi ini, kamu bisa mengurangi derita dengan memanfaatkan daun ketapang. Untuk bisa membuat obat dari bahan ini, kamu terlebih dulu harus mengolahnya menjadi minuman.

Baca Juga: 10 Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Rambut yang Tak Terduga

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun ketapang, Toppers! Ini sangat berguna bagi kamu yang ingin menyembuhkan suatu penyakit dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah didapat. Selain daun ketapang, kamu juga dapat mencari produk kesehatan lainnya yang tentunya terbaik dan termurah hanya di Tokopedia!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Obat Nyeri Haid yang Tersedia di Apotek
Kesehatan
10 Obat Nyeri Haid yang Tersedia di Apotek
© 2009-2024, PT Tokopedia