Hindari 14 Buah Ini Agar Beruntung Saat Ikutan Tap-Tap Mantap

201
buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya

Buah-buahan memang kaya akan kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, ternyata ada juga lho buah beracun berbahaya yang harus dihindari!


Buah Beracun – Ada banyak jenis buah-buahan di dunia ini, dan pastinya tiap-tiap orang pasti punya buah favoritnya masing-masing. Buah memiliki banyak khasiat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh dan juga organik.

Dari sekian banyak buah di Bumi, tahukah kamu? Ternyata ada banyak jenis buah yang jika dimakan dengan cara yang salah, bisa menyebabkan efek samping yang fatal, bahkan hingga kematian!

Hindari daftar buah berikut agar kamu bisa terus ikut Tap-Tap Mantap Tokopedia!

Tap Tap Mantap

Baca Juga: Cara Ikutan Tap Tap Mantap – Tokopedia Maret Mantap!

Buah Beracun Berbahaya

1. Tomat Muda

buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya
Sumber Gambar: BBC

Tomat muda mengandung zat atropin dan solanin, yang masuk dalam kategori gikoalkoloid, atau memiliki unit alkaloid yang bergabung dengan unit gula.

Buah tomat muda akan terasa pahit jika dimakan, namun rasa pahit akan hilang setelah buah tomat sudah matang atau berwarna merah.

2. Belimbing

buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya
Sumber Gambar: Organic Facts

Buah belimbing tidak diperkenankan untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah pada ginjal. Konsumsi buah belimbing yang berlebih juga tidak baik karena dapat memicu masalah ginjal dengan efek samping kejang hingga kematian.

Namun jangan khawatir, konsumsi buah belimbing dengan jumlah yang normal justru baik untuk tubuh karena belimbing banyak mengandung vitamin C dan rendah kalori.

3. Kacang Tanah

buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya
Sumber Gambar: Everyday Health

Kacang tanah yang sudah memasuki fase membusuk, akan mengandung senyawa alfatoksin. Ini adalah senyawa yang beracun bagi tubuh manusia dan bisa mematikan.

Jadi, pastikan kacang tanah yang kamu konsumsi masih segar dan dimasak dengan sempurna.

4. Elderberry

buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya
Sumber Gambar: Gaia Herbs

Bagian akar, daun dan batang buah elderberry mengandung racun glikosida yang memiliki efek samping diare, muntah, koma, hingga kematian bagi orang yang mengkonsumsinya.

Glikosida sendiri adalah senyawa yang menjadi awal terbentuknya sianida.

5. Durian

buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya
Sumber Gambar: Culture Trip

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah durian mengandung alkohol yang cukup tinggi didalamnya. Tidak hanya alkohol, buah durian juga mengandung senyawa lain, yaitu asam arachidonat yang mana baik alkohol maupun asam arachidonat tidak baik untuk ibu hamil.

Mengapa? Kedua senyawa tersebut dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil. Jadi, sebisa mungkin dihindari ya, Toppers!

buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Baca Juga: Cara Mendapatkan & Menggunakan Kupon Mantap Tokopedia!

6. Almond

buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya
Sumber Gambar: Keep the Peas

Siapa sangka, buah yang biasa dimakan bersamaan dengan cokelat ini ternyata mengandung sianida di dalam buahnya. Perlu teknik memasak yang tepat agar kandungan itu hilang dan aman untuk dikonsumsi.

Bahkan, buah almond mentah juga ternyata tidak diperjual-belikan secara bebas dikarenakan faktor tersebut.

7. Biji Aprikot

buah beracun, buah yang beracun, buah berbahaya
Sumber Gambar: Tasteful Additions

Kali ini, racun terdapat tidak di dalam daging buahnya, melainkan di dalam biji aprikot. Biji buah ini diketahui mengandung senyawa laetril yang jika dikonsumsi bisa berubah menjadi sianida di dalam tubuh.

8. Cabai

Sumber Gambar: Victoriana Nursery

Mengejutkan bukan? Buah yang selama ini sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia ternyata juga adalah salah satu buah beracun yang bisa menyebabkan kanker lambung.

Namun tenang saja, selama dikonsumsi dalam batas aman, cabai yang sering dipertanyakan apakah dia termasuk ke dalam keluarga sayur-sayuran atau buah-buahan ini, tidak akan menyebabkan masalah yang berarti.

9. Pare

Sumber Gambar: Kompas Lifestyle

Buah yang satu ini tidak menyebabkan kematian, namun bisa menyebabkan penyakit yang sangat tidak menyenangkan bagi kaum Adam, yaitu kemandulan.

Buah pare kerap kali dikonsumsi sebagai pengganti alat kontrasepsi dikarenakan khasiatnya bagi para pria.

10. European Spindle

Sumber Gambar: Vermont Invasives

Buah ini adalah buah yang banyak ditemukan dan tumbuh secara liar di pinggir jalan, taman hingga hutan Eropa. Warna oranye yang menarik menyebabkan buah ini sedap dilihat dan menarik untuk dikonsumsi.

Namun jangan salah sangka, ternyata buah ini mengandung senyawa glikosida sama seperti buah elderberry dan dapat menyebabkan pusing, halusinasi, gagal ginjal hingga kematian!

alat pemotong buah
Mau memotong buah lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: 7 Strategi Jitu untuk Menang Tap Tap Mantap!

11. Apel

Sumber Gambar: Yo! Vizag

“One Apple a Day Keeps The Doctor Away” adalah ungkapan yang amat sering digunakan untuk melambangkan betapa bagusnya buah apel untuk kesehatan tubuh.

Namun siapa sangka, dibalik terkenalnya buah apel untuk kesehatan, ternyata biji buah apel mengandung sianida di dalamnya, yang jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan kematian.

12. Buah Ackee

Sumber Gambar: Mother Nature Network

Buah ackee adalah buah yang cukup terkenal di Jamaika, saking terkenalnya bahkan buah ini dianggap sebagai buah nasional Jamaika.

Meskipun terkenal, kamu tetap harus berhati-hati ketika mengkonsumsi buah ini, karena jika salah dikonsumsi, ackee dapat menyebabkan penyakit dengan sebutan Jamaican Vomiting Sickness atau penyakit muntah Jamaika.

Diketahui, buah ini mengandung senyawa dengan nama hypoglycin yang berbahaya bagi tubuh manusia.

13. Nanas

Sumber Gambar: Organic Facts

Buah nanas memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga buah nanas adalah buah yang forbidden untuk pengidap penyakit diabetes.

Tidak hanya gula tinggi di buah nanas yang masak, namun buah nanas muda juga mengandung enzim bromelin yang dapat menyebabkan keguguran terhadap janin.

Disamping efek buruk yang terkandung di buah nanas, buah nanas ternyata kaya akan vitamin dan mineral, serta baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

14. Ceri

umber Gambar: The Splendid Table

Buah ceri yang tidak diolah dan dimakan secara langsung ternyata mengandung sianida di dalamnya. Jika memang ingin memakan buah ceri secara langsung, hindari mengkonsumsi biji dan daunnya.

Baca Juga: 11 Makanan yang Konon akan Membawa Keberuntungan Bagimu

Itu dia Toppers daftar buah yang berbahaya untuk manusia dan harus kamu hindari agar tidak terkena efek samping yang buruk bagi tubuh.

Jangan sampai kamu malah sakit karena buah, padahal niat awal kamu adalah menyehatkan tubuh agar terus bisa ikutan Tap-Tap Mantap Tokopedia. Siapa yang tidak mau hadiah dengan total Rp 15 Miliar?

Ada juga promo-promo Maret Mantap lainnya dari Tokopedia mulai dari Cashback Mantap hingga Rp 1 Juta dan juga Free Ongkir 5 kali akan buat Maret Toppers makin Mantap!

Promo Maret Mantap Tokopedia
jual makanan dan minuman
Mulai dari makanan dan minuman terfavorit sehari-hari, camilan kekinian hingga bumbu masak dapur ada di sini!

Bagikan Artikel